Home » » Apa Warna Kesukaanmu?

Apa Warna Kesukaanmu?

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Thursday, March 26, 2015 | 1:54 PM

Beberapa orang di sekitar kita menyukai warna merah, sebagian putih, sebahagian menyukai biru, dan seterusnya. Lalu mana baju yang akan Anda pakai? Merah, putih, biru, atau hitam?

Saya kadang memakai batik, kadang hitam, merah, putih, jarang sekali memakai hijau. Apa dasar suka dan tidak suka yang membuat saya (menutur KAS "kramadangsa") memutuskan untuk memakai warna tertentu? Macam-macam, dan mungkin bisa puluhan variabel. Warna yang kita pilih mungkin berbeda, tapi jika diamati kita bisa temukan kesamaan dalam pola keputusan kita itu. KAS menyebut konsep diri ini "aku tukang nyawang."

Teori the looking glass self, seseorang melihat cerminan citra dirinya dalam interaksi sosial masyarakatnya dan pada persepsi orang. Dengan demikian perilaku seseorang dibentuk oleh bagaimana masyarakat memperlakukan orang tersebut.  (foto: RCRagun)


Kita bisa saja sangat merasa tidak nyaman saat orang lain memakai sesuatu yang tidak sesuai selera kita. Dengan mengamati tindakan diri sendiri, kita paham pula bahwa tindakan orang kurang lebih sama. Dengan mengamati kesaman pola-pola itu, kita bisa belajar bertoleransi. (Salah satu arti toleransi adalah menerima atau menahan sesuatu yg tidak menyenangkan atau tidak kita sukai dengan rasa sabar.) Dalam konsep KAS, ini disebut "pangawikan pribadi", mawas diri.

Mudah? Tergantung, apakah kita punya "kere waja" untuk menyingkirkan "setan panacad" dan dua "malaikat penghalang pintu masuk syurga."

Ya begitu itu sesama manusia. Salam Sepele.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into