Home » , , » Menyikapi Pujian dan Celaan Orang terhadap Diri (Terjemahan Buku Langgar Surat #3: Kere Waja)

Menyikapi Pujian dan Celaan Orang terhadap Diri (Terjemahan Buku Langgar Surat #3: Kere Waja)

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, March 20, 2013 | 10:04 AM

Kere Waja (Baju baja, zirah) merupakan judul surat ketiga yang ada di Buku Langgar. Sama seperti surat-surat sebelumnya, ada istilah-istilah khusus yang dipakai Ki Ageng Suryamentaram yang tidak bisa saya terjemahkan. Namun, saya coba menerjemahkannya sebisa saya. Jika saya keliru, jangan segan meluruskan terjemahan ini.

Kepada Paman KARSANA, 

dhik Mantri-Pamicis atau Pak SUTA


BAJU ZIRAH

Zirah ini untuk tameng terhadap segala racun "SANJUNGAN" serta "CELAAN."

Racun Celaan

Semua celaan akan diterima dengan mantra: "IYA BENAR, AKU MEMANG DEMIKIAN."

Kemudian diteliti benar dan dicari pada diri sendiri.
JIKA TIDAK KETEMU, itu pertanda pandangan jiwa belum terbuka.

Karena apabila mata-batin itu sudah terbuka, pastilah melihat bahwa "semua cela itu nyata." karena yang punya ciri-ciri "yang dicela" itu adalah "sang-kehendak."
Penjelasan lebih lanjut demikian: semua sifat "yang disalahkan" itu adalah perbuatan sang kehendak.

Oleh karena itu, perbuatan itu langgeng, artinya manusia itu tidak bisa diharapkan kebaikannya.
Kesabaran terhadap keinginan makan hanyalah ketika kenyang.
Kesabaran menahan nafsu marah hanyalah pada saat kita tidak tersinggung, dan seterusnya.

Apabila sudah demikian,
jika ada celaan malah akan membangkitkan sang pribadi: "Heee lho pasti begitu. Katanya manusia tidak boleh jahat. Lalu siapa yang bisa menghilangkan kejahatan?"
Maka kemudian nampaklah semua keburukannya sendiri.

Akhirnya sang pribadi pasti gandrung (menjadi ter-gila-gila),
Ujung-ujungnya lalu berkelana dalam surga pengetahuan, introspeksi pada dirinya sendiri begini:
Aku ini kalau kalang kabut mencari pujian atau blingsatan takut diejek, betapa terlalunya aku!

Kalau meringis tersinggung rasa gengsi, betapa jeleknya wajahku!
Kalau tertawa terbahak-bahak meledek yang dibenci, betapa tak tahu malunya diriku!
Kalau bicara berbusa-busa cari menang, betapa pongahnya diriku!
Kalau diam tidak bicara karena takut salah atau dosa, betapa pengecutnya diriku!
Kalau pulang kerja belum dibuatkan minuman lalu marah-marah dan cemberut, betapa galaknya diriku!
Kalau kebingungan mencari ingin punya sesuatu dengan pamrih agar orang lain keblinger, betapa licik dan sewenang wenangnya diriku!


Foto: Go Girl! Store
Sesudah berkelana maka menemukan BAJU ANTAKUSUMA.
Ciri-ciri bahwa baju baja ini asli, ada tulisannya berbunyi demikian: "COCOK."

Setiap bertemu orang, kyai Ontrokusuma berbicara begini: "Orang itu kok seperti diriku ya. Wah, benar-benar persis."

Jika sudah demikian, anak panah yang datang menghujam (setan pengejek) pun berubah jadi bunga, persis tatkala terkibas baju baja.

Racun Pujian

Racun pujian jika mempan mengakibatkan yang terkena dapat terjerumus ke dalam neraka jumawa.

Penolak racunnya adalah mantra demikian:
"Iya, benar. Tidak ada yang mengungguli kehebatanku, kebaikanku, serta kekuasaanku."
Sebab semua sifat "yang dipuji" itu adalah perbuatan pribadi, yang maha tahu.
Kehebatannya adalah mengasihi semua manusia (sendiri).
Kekuasaannya bisa membuat bahagia manusia.
Oleh karena itu, orang apabila dipuji akan terasa nikmat, dan jika tidak merasa demikian maka menandakan keras hatinya, mencari cara agar setiap perkataannya dipercaya dan dituruti.

Sementara ketika tidak ada pujian, sang-Pribadi berbicara demikian:
"kalau orang ini terbuka matanya, kemudian melihat pada "yang dipuji", betapa gembiranya. Baru melihat tumitnya kena tahi ayam saja sudah senang. Apalagi jika melihat wajahnya yang bersinar bagai matahari."

nirtiti,

wg surymentaram

Kere Waja dateng Paman KARSANA, 

Dhik Mantri-Pamicis utawi Pak SUTA



Kerewaja punika kangge nulak dateng sadaya wisaning PANGALEM sarta PANACAD.
Sadaya panacad lajeng katampen mawi sabda: "IYA BENER, AKU MULA MANGKONO."
Lajeng dipun padosi wonten awakipun piyambak.
YEN PINANGGIH SEPI, inggih punika nandakaken yen paningal-ipun sukma dereng melek.

Awit yen mripat sukma wau sampun melek, temtu sumerep "panacad wau nyata,"
awit ingkang gadhah sipat "ingkang cinacad" punika "sang-karsa."
Keteranganipun malih: sadaya sipat ingkang cinacad punika pandameli-ing sang karsa.

Pramila pandamel wau langgeng, tegesipun tiyang punika boten kenging dipun ajeng-ajeng saenipun.
Anggenipun sabar dateng nedha namung nalika tuwuk.
Anggenipun boten muring namung nalika boten kagol, sapiturutipun.

Menawi sampun makaten,
yen wonten panacad malah anggugah sang pribadi: heee lho mesti. Uwong jare ora entuk ala. Jing bisa ngilangi sapa. Lajeng katingal sadaya awonipun piyambak.

Wasana sang pribadi temtu gandrung,
wekasan lajeng ngelana wonten ing salebet-ing swarga anon, ngungru dateng awakipun piyambak makaten:
Aku iki nek jengkelitan golek dialem utawa ketepusan wedi dicacad KOK LE PATUT.
Nek nyrengingis kewirangan ki kok le patut.
Nek cempemplangan ngece kasengitane ki kok le patut.
Nek guneman ngethuprus golek menang ki kok le patut.
Nek anteng ora guneman, jalaran wedi nek kleru utawa dosa ki kok le patut.
Nek mulig nyambut gawe durung digodhogake wedang banjur muring-muring tur anjaprut ki kok le patut.
Nek kethekeran golek milik pamrih keblingering liyan ki kok le patut tur wasis.

Sakbadane ngelana lajeng angsal RASUKAN ONTOKUSUMA.
Tandanipun rasukan wau yen boten palsu, wonten leteripun mungel makaten "COCOK".

Saben kapethuk tiyang, kyai Ontrokusuma nyuwanten mekaten:
"Wong iku kok kaya aku. We lha, iya kaya aku."

Yen sampun makaten, jemparing mara (setan panacad) lajeng dados sekar, nalika nyempyok kere waja.

Wisaning pangalem punika yen masah, saged ngontalaken ingkang dipun alem, dhawah naraka kumenthus.

Panulak-ing wisa mawi sabda makaten:
"Iya bener, ora ana sing ngungkuli wasisku, bagusku, sarta panguwasaku."
Sebab sadaya sipat ingkang pinuji punika pandamel-ing pribadi, ingkang maha anon.
Kuwasisanipun remen dhateng sadaya manungsa (dhewe).
Panguwasanipun saged damel begja dhateng manungsa.
Pramila tiyang punika yen dipun alem kraos nikmat. yen boten, nandhakaken atos manahipun , pados supados sa-ungelipun dipun gega.

Dene sang-Pribadi manawi wonten pangalem, nyuwanten makaten:
"nek wong ki melek matane, banjur weruh nyang sing dialem, saiba bungahe. Lagi weruh tungkake gupak telek wae wis dhemen. Mendahane weruh raine sing mancorong pindha bagaskara."

nirtiti,

wg surymentaram
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into