Home » » Tahu Banyak Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Tahu Banyak Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, June 9, 2015 | 8:33 PM

Tahu Banyak Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan - Sampai saat ini, hanya sekelompok kecil peneliti lipid (lemak) yang mengenal manfaat kesehatan mengagumkan dari sekelompok lemak jenuh unik yang ditemukan dalam minyak kelapa. Umumnya, orang yang bergerak di industri kesehatan tidak mengetahui manfaat minyak kelapa ini, dan menghindari minyak kelapa karena salah paham mengenai lemak dari makanan. Tetapi keadaan ini mulai berubah dengan semakin diketahuinya manfaat gizi dan terapeutik luar biasa dari berbagai jenis minyak tropis.

manfaat minyak kelapa, manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, manfaat vco, Tips,


Sesungguhnya, terdapat suatu subkelompok lemak jenuh yang benar-benar memiliki efek positif pada kesehatan.  Mereka mungkin terkejut saat mengetahui bahwa minyak jenuh dapat meningkatkan kesehatan. Berlawanan dengan keyakinan umum baik di masyarakat awam maupun profesional kedokteran, lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak kelapa benar-benar baik bagi Anda. Fakta ini seharusnya tidak mengejutkan, karena apabila minyak kelapa memang tidak menyehatkan, hal itu akan terbukti pada populasi yang telah menggunakannya dari generasi ke generasi. Kenyataannya, yang terjadi adalah sebaliknya. Populasi pengguna minyak. kelapa menunjukkan tingkat kesehatan yang mengagumkan.

Secara historis, minyak kelapa adalah salah satu minyak yang paling awal digunakan sebagai makanan dan obat. Kepustakaan Ayurweda telah lama mempromosikan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan sampai saat ini, masyarakat Asia Pasifik yang mungkin mewakili hampir setengah jumlah populasi dunia menggunakan minyak kelapa dalam satu dan lain bentuk. Banyak di antara mereka menikmati kesehatan yang luar biasa dan umur panjang. Penelitian pada orang yang tinggal di iklim tropis dan makanannya tinggi akan minyak kelapa menunjukkan bahwa mereka lebih sehat dan memiliki insidensi yang lebih rendah terhadap penyakit jantung, kanker, keluhan pencernaan, dan masalah prostat. Di Amerika Utara dan Eropa, buku resep terkenal dari akhir abad ke-19 sering kali mencantumkan manfaat minyak kelapa dalam berbagai resep, sehingga penyakit jantung dan kanker hampir tidak terdengar Saat itu. Akal sehat akan mengatakan lemak jenuh dalam minyak kelapa bukanlah racun sebagaimana sering kali diceritakan.

Kalau begitu, mengapa banyak publisitas negatif mengenai minyak kelapa? Sejak diduga bahwa “lemak jenuh” berperan dalam penyakit jantung, minyak kelapa dianggap sebagai risiko bagi kesehatan. Akan tetapi, sebagian besar informasi yang menghubungkan minyak kelapa dengan meningkatnya penyakit jantung paling banter hanya berupa bukti tidak langsung atau bukti yang salah. Penelitian yang menunjukkan bahwa minyak kelapa dalam makanan dapat menaikkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan kemungkinan risiko penyakit jantung tidak tersusun dengan baik karena lemak esensial tidak dimasukkan dalam makanan. Masyarakat dengan konsumsi minyak kelapa yang tinggi selalu memasukkan minyak lain dari sayuran dan ikan untuk diet yang lebih seimbang.

Dalam propaganda “ilmiah” maupun politis, American Soybean Association dan Center For Science in the Public Interest bergabung dalam kampanye untuk mengganti minyak kelapa dengan minyak kedelai tak jenuh ganda dari petani Amerika. Karena kampanye ini, para pengolah makanan, restoran, dan bioskop telah mengganti minyak kelapa dengan minyak tak jenuh ganda. Bahkan ahli diet dan juru bicara medis yang dibutakan oleh publisitas negatif mendukung penggantian menjadi minyak tak jenuh ganda sebagai tindakan yang menyehatkan jantung. Kampanye ini mencela semua lemak jenuh secara umum sebagai “racun” termasuk minyak kelapa. Baik pers awam maupun ilmiah tidak menyebutkan kenyataan bahwa subkelompok lemak jenuh tertentu memiliki manfaat kesehatan yang positif. Demikianlah artikle mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, terima kasih semoga dapat bermanfaat.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into