Home » » Mengenali Gejala dan Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut

Mengenali Gejala dan Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, June 9, 2015 | 8:33 PM

Mengenali Gejala dan Penyebab Gangguan Gagal Ginjal Akut - Gangguan gagal ginjal akut adalah satu diantara beberapa jenis penyakit ginjal yang diakibatkan oleh tak mampunya ginjal menyaring darah yang terjadi dengan mendadak. Ini tak seperti gangguan gagal ginjal kronis yang diakibatkan tak berfungsinya ginjal yang berlangsung secara berangsur-angsur. Saat terkena penyakit gagal ginjal akut, maka cairan, senyawa elektrolit dan kotoran bercampur menjadi satu dalam darah.

penyakit gagal ginjal akut, penyebab gagal ginjal akut, ginjal

Penyakit gagal ginjal jenis ini bisa menjadi parah dalam waktu hanya beberapa jam sampai beberapa hari. Seseorang yang menderita gangguan gagal ginjal akan menjadi parah dimana tahap pengobatan memerlukan waktu lama dan bertahap. Untuk itu menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting dan jangan sampai terkena gangguan ginjal yang tak diharapkan. Agar semuanya tak menjadi terlambat, hendaknya setiap orang mengenali tanda-tanda dan penyebab penyakit gagal ginjal akut tadi, supaya bisa diambil langkah preventif ataupun perawatan semenjak awal mulai timbul.

Gejala penyakit gagal ginjal akut memiliki sejumlah pertanda umum yang kerap ditemukan diantaranya adalah kencing yang sedikit ketika buang air kecil, terlampau banyak menyimpan cairan dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya bengkak di kaki, napas pendek-pendek seperti tersengal-sengal, merasa cepat capek, sering mengantuk, sering merasa bingung, kejang-kejang dan ampai terjadi koma. Kadang juga adanya nyeri dan tertekan di dada dan perut terasa mual. Namun pada beberapa penderita ada juga yang tak merasai gejala-gejala seperti disebutkan tadi. Maka itu agar lebih tepat dalam mengenali penyakit gagal ginjal akut ini, tes laboratorium untuk medical checkup sangat diperlukan.

Penyebab gagal ginjal akut biasanya karena ginjal yang tak berfungsi dengan tiba-tiba dalam memfilter darah. Gagal ginjal akut ini pun bisa muncul bila terjadi kerusakan ginjal dan keadaan lain yang memicu sirkulasi darah ke ginjal tersumbat. Penyakit gagal ginjal akut ini bisa pula timbul bila kotoran yang tersaring tak bisa dibuang dari dalam tubuh berbarengan dengan pembuangan kencing. Sejumlah keadaan yang mengakibatkan sirkulasi darah ke ginjal tersumbat diantaranya : pengobatan hipertensi secara terus menerus, anemia, menderita serangan jantung, menderita penyakit liver, NSAIDs drug antara lain golongan obat Ibuprofen, Aspirin dan Naprosyn, reaksi alergi parah dan menderita kurang cairan yang akut.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into