Home » » Tips Mencegah Osteoporosis Sesuai Umur

Tips Mencegah Osteoporosis Sesuai Umur

Diceritakan oleh Unknown pada Sunday, June 7, 2015 | 1:45 PM

Tips Mencegah Osteoporosis Sesuai Umur - Hasil penelitian terbaru menunjukkan osteoporosis saat ini sudah menyerang orang-orang muda. Untuk itu, langkah pencegahan perlu Anda lakukan di tahap usia yang Anda masuki. Berikut tips mencegah osteoporosis disesuaikan dengan umur anda :

cegah osteoporosis, tips mencegah osteoporosis, Tips,

1. Usia 20-an

Masa ini adalah tahun-tahun terakhir di mana tubuh Anda membangun tulang baru. jadi, Anda perlu melakukan segala sesuatu yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan simpanan tulang Anda. Langkah pertama yang paling penting adalah berhenti merokok (merokok secara langsung dapat mengganggu pembentukan tulang). Anda memerlukan 1.000 mg kalsium/hari. Dapatkan sedikitnya tiga kali penyajian makanan yang kaya kalsium/hari, dan konsumsilah suplemen di hari-hari di mana Anda tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Mulailah melakukan olahraga yang menjaga kestabilan berat badan: latihan (jalan kaki, jogging, menari, tenis, aerobik) yang memberi beberapa dampak pada tulang Anda. (Renang, dan bersepeda, meski merupakan latihan yang bagus, tidak dapat menurunkan berat badan). Lakukan sedikitnya 3 kali latihan masing-masing selama 30 menit per minggu. Jika Anda menderita anoreksia atau amenorrhea (hilangnya masa menstruasi Anda selama beberapa bulan), mintalah dokter Anda melakukan tes kepadatan tulang untuk Anda.

2. Usia 30-an

Anda mencapai usia puncak pembentukan tulang; target yang harus Anda raih pada dekade ini adalah mempertahankan pembentukan itu dengan mengikuti gaya hidup sehat. Sebagian besar wanita di kelompok usia ini hanya mendapatkan separo dari jumlah kalsium yang disarankan; karena itu konsumsilah suplemen untuk melengkapinya. Anda bisa menjadi lebih sibuk di usia ini, tapi tetaplah berolahraga. Jika Anda berhenti, Anda akan kehilangan apa pun perolehan tulang yang telah Anda buat. Apakah Anda mengkonsumsi obat-obatan berbentuk steroid? Jika ya, berarti Anda perlu melakukan tes kepadatan tulang.

3. Usia 40-an

Anda bisa jadi kehilangan 1% tulang dari tulang belakang Anda tiap tahun selama dekade ini. Itulah mengapa Anda perlu lebih rajin mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan berolahraga. Untuk menjaga jumlah kalsium Anda (1.000 mg), sebaiknya Anda menambahkan latihan angkat beban pada olahraga yang Anda lakukan untuk membantu memperkuat otot-otot di sekitar tulang Anda. Jika Anda mengalami menopause lebih awal, lakukan tes kepadatan tulang; Anda memiliki risiko lebih besar terserang osteoporosis dibandingkan mereka yang mengalami menopause di usia rata-rata (51 tahun).

4. Usia 50-an ke Atas

Hilangnya tulang terjadi bersamaan dengan menopause; Anda bisa kehilangan hingga 20 % kepadatan tulang di lima hingga tujuh tahun pertama. Tips mencegah osteoporosis di usia ini, harus ada asupan sebanyak 1.200 mg kalsium,  tambahkan makanan lain yang kaya kalsium atau suplemen tambahan. jika Anda tidak memulai latihan untuk menjaga kestabilan berat badan lebih awal, sekaranglah waktunya. Meningkatkan berat badan bagi Anda yang berat badannya kurang pun dapat membuat Anda lebih kuat dan melindungi Anda dari ancaman ketuaan dan mencegah keretakan tulang. Cari tahu posisi Anda. Mintalah dokter Anda melakukan tes kepadatan tulang; jika simpanan mineral Anda rendah, dokter Anda akan melakukan terapi pengganti hormon (estrogen). Ini dapat mengurangi risiko keretakan dari 30-50 %.

Demikianlah Tips Mencegah Osteoporosis Sesuai Umur, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into