Home » » Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, 8 KG Top Loading

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, 8 KG Top Loading

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, April 26, 2015 | 11:48 AM

Lanjut nganyari mesin cuci Samsung WA80H4000SW 8 kg top loading, saya masih canggung memasang komponen-komponennya. Dan saya menemukan kesulitan yang cukup mengganggu, yaitu fitting selang pengisian air ke kran susah dipasang pada kran air yang saya miliki. Fitting ini mempunyai 4 buah baut untuk pengencang dari 4 arah menekan kuat pipa kran. Air dari kran selalu saja masih bocor ketika saya buka pengunci air krannya disebabkan karena pemasangan tidak bisa presisi. Bahkan saat saya belikan 3 buah kran di toko bangunan, tak ada satupun yang bisa mengalirkan air dengan sempurna. Air selalu bocor. Mau tak mau saya harus ke Depo Bangunan yang menyediakan alat perabot cukup lengkap.

Fitting selang air Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW
Fitting selang air Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW

Kran yang Cocok untuk Selang Air Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW

Caste Brass 1175315
Caste Brass 1175315
Di sana saya punya tiga alternatif kran yang menurut saya cocok untuk fitting selang pengisian air mesin cuci Samsung ini dan hendak saya beli. Sayangnya ada sedikit kecelakaan. Saya yang mengandalkan uang non-tunai dari ATM BRI tidak dapat menemukan kasir yang menerima debet ATM BRI. Uang disaku hanya 100 ribu. Dan sayangnya di Depo Bangunan hanya ada ATM BCA. Satpam bilang biasanya orang dengan ATM BRI juga mengambilnya di sana. Saya agak pesimis, perasaan jaringan BCA bukan ATM Bersama melainkan ATM Prima. Tapi akhirnya saya coba dengan ATM BRI dan hasilnya ... zonkkkk! Saya pun coba mengais uang di kartu ATM BCA saya. Dapat Rp100.000 hehehehe. Akhirnya tiga alternatif kran yang hendak saya beli seharga tiga ratus ribu lebih sekian itu hanya saya ambil dua. Yang satu lagi seharga 100 sekian ribu rupiah saya kembalikan ke tempatnya. Dan inilah yang saya beli:

1. Air Ziald S9GNZ Wall Faucet Rp44.000
2. Caste Brass 1175315 Wall Faucet Rp163.500 diskon 10% menjadi Rp147.150

Yang saya pasang adalah yang Caste Brass, sebab ujung krannya sangat pas dengan pengunci selang pengisian air mesin cuci Samsung, sehingga saya tidak perlu lagi memasang fittingnya, cukup mengaitkan pengunci selang dengan kran, beres!

Pengunci selang air mesin cuci Samsung
Pengunci selang air mesin cuci Samsung

Kran air dinding Caste Brass 1175315, sangat pas dengan pengunci selang air mesin cuci Samsung
Kran air dinding Caste Brass 1175315, sangat pas dengan pengunci selang air mesin cuci Samsung

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, 8 KG Top Loading

Sebelum mencuci, pastikan selang air masuk dan keluar sudah terpasang dengan baik. Cobalah membuka kran. Jika tak ada air yang bocor berarti siap digunakan. Memang air tidak akan mengalir ke dalam drum mesin cuci sebelum Anda mengaktifkan mesin cuci dengan tombol POWER dan START. Tapi untuk pencucian pertama kali, buku panduan Samsung menyebutkan kita harus menguji mesin cuci dengan menyalakan proses pencucian dengan tanpa baju. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Masukkan deterjen ke tempatnya (ada tulisan Deterjen di dalam)
  2. Masukkan softener atau pelembut pakaian di tempatnya (ada tanda biru)
  3. Nyalakan power dengan menekan tombol POWER lalu langsung START. Otomatis level air dan timer akan disetting otomatis termasuk cuci, bilas, kering.
  4. Tunggu hingga proses pencucian selesai.
Ada beberapa teman kesulitan membuang air pada mesin cuci ini. Untuk membuang airnya, cukup tekan tombol RINSE atau BILAS.

Demikian cara mencuci dengan Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, 8 KG Top Loading untuk pertama kalinya. Jika ada masalah, sila tukarcerita di komentar bawah. Saya juga baru pertama ini memakainya. Untuk perbandingan harga mesin cuci, cek:
Daftar Harga Mesin Cuci Samsung

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Komentar
2 Komentar
Komentar

2 Komentar:

  1. Mahal amat gan ampe 100an lebih krannya.ga perlu presisi yg penting pengikat bawah menekan sil dg kuat.agar benar" kedap.
    Yg penting baut yg 4 itu mengikat dg kuat agar saat didorong tdk bergeser.
    Saya beli keran biasa dari besi 35rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Pak. Memang saya tidak terampil memasang fittingnya. Jadi cari jalan termudah saja.

      Delete

Translate This Page into