Home » , » Daftar Harga Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, Topload 1 Tabung Kapasitas 8 KG, Kota Malang - Batu

Daftar Harga Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, Topload 1 Tabung Kapasitas 8 KG, Kota Malang - Batu

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, April 26, 2015 | 11:31 AM

Sedianya saya sudah memutuskan untuk membeli mesin cuci 2 tabung untuk suksesi mesin cuci Denpoo saya yang almarhum. Namun, di tengah perjalanan saya harus mengubah ke mesin cuci satu tabung. Gara-garanya unik. Saya tiba di tempat survei pertama saya, yaitu di Hypermart yang ada di Mall Batu Town Square atau sekarang Lippo Plaza. Di sana saya melihat-lihat mesin cuci 2 tabung yang saya incar di Daftar Mesin Cuci 2 Tabung 8 kg yang sudah saya buat. Rupanya tidak ada yang tersedia. 

Survei Harga Mesin Cuci Samsung di Kota Malang - Batu

Di saat itulah, seorang ibu-ibu yang juga sedang memilih-milih menyarankan pada saya untuk membeli mesin Cuci Samsung  kg yang sedang promo. Melihat kapasitasnya, kalau tidak salah tipenya adalah WA70H4000SW. Beliau sebenarnya naksir ke mesin cuci yang dijual promo dan disarankan pada saya itu. Namun, dengan berbagai pertimbangan, yaitu garansi yang tidak ada dari Hypermart (dengan demikian jika kerusakan terjadi maka beliau harus mengklaimnya ke Samsung), akhirnya beliau tidak jadi membelinya. Beliau juga bercerita telah melakukan survei keliling sekota Malang hanya untuk mencari mesin cuci Samsung 7 kg yang paling murah. Hmm, kebetulan sekali saya tidak harus melakukan survei harga, cukup bertanya pada ibu satu ini (namanya siapa saya juga nggak nanya). Menurut beliau, harga Samsung 7 kg itu paling murah di Malang - Batu, karena harganya promo. Umumnya mesin cuci Samsung itu dijual dengan harga Rp2.300.000. Kali itu, ia dijual seharga Rp1.999.000 saja! Beda Rp300.000, lumayan banget, kan!

Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, Topload 1 Tabung Kapasitas 8 KG
Mesin Cuci Samsung WA80H4000SW/SE, Topload 1 Tabung Kapasitas 8 KG

Beda Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung Saja Nggak Tau!

Masalahnya, saya sedang mencari mesin 2 tabung dengan kapasitas 8 kg. Lalu saya tanya pada istri yang juga bareng ke Hypermart, apa beda 2 tabung dan 1 tabung. Dia jawab, bedanya ya di harga. Lho? Saya kira yang 2 tabung itu bisa untuk mencuci dan mengeringkan sedang yang satu tabung cuma bisa untuk mencuci saja, kenapa malah lebih mahal yang satu tabung. Bukan begitu, jelas istri saya. Mesin cuci 1 tabung itu malah otomatis bisa cuci bilas kering satu kali tekan tombol saja. Walah-walah. Baru di situlah saya ngerti bahwa selama ini saya salah akibat tidak tahu. Jika begitu, ya ambil yang 1 tabung sajalah. Rupanya istri saya mempertimbangkan masalah harga, bukan masalah kemampuannya (begitulah menteri koordinator selalu mempertimbangkan yang satu itu).

Perbandingan Harga Mesin Cuci Samsung di Kota Malang - Batu

Akhirnya kami memutuskan untuk membeli mesin cuci 1 tabung, dengan merk Samsung. Di Hypermart itu, harganya Rp2.700.000. Saya pun segera cari ibu yang sudah pergi belanja tadi untuk menanyakan harga yang 8 kg. Menurut beliau di Hartono Elektronik lebih murah sekitar 200 ribuan. Bedanya lagi di Hartono ada garansi tambahan yang harus kita bayar. Ok, beda 200ribu saya rela pergi ke Hartono keesokan harinya. 

Sebelum ke Hartono, saya sempat mampir di Plaza Elektronik yang ada di pertigaan A Yani - Borobudur (seberang masjid Sabilillah). Di sana saya cek harga Samsung 7 kg, Rp2.248.000 yang 8 kg Rp2.498.000. Setelah dapat harganya saya langsung ngacir ke Hartono (waitress-nya nampak heran secepat itu saya masuk dan keluar dari toko, hahahaaha). Di Hartono, rupanya harganya lebih mahal dua ribu, tepatnya Rp2.300.000. Benar juga kata ibu di Hypermart kemarin. Segera saya cari yang 8 kg. Harganya Rp2.499.000, lebih mahal 2 ribu juga.

Selain type WA80H4000SW rupanya Samsung juga sedang meluncurkan produk barunya dual active wash ukuran 8,5 kg Bebas Jongkok yang ada di TV itu, dan varian lainnya. Di Hartono, hari itu adalah hari terakhir peluncuran (hal itu tak sengaja saya ketahui saat salah seorang SPG pamitan pada waiter yang melayani saya). Pada si waiter yang belakangan saya tahu namanya Basyirul Anam, saya bertanya-tanya tentang kedua produk itu. Dengan ramah Mas Anam ini menanyakan, mesin cuci apa yang saya perlukan, untuk keperluan rumah tangga atau usaha. Saya jawab untuk usaha. 

"Jika untuk usaha, saya sarankan produk lama ini saja cukup, Pak. Sebab yang baru ini daya listriknya lebih besar, yaitu 480W sedang yang lama hanya 380W. Lumayan irit."

"Ok, Mas. Saya beli ini saja. Bagaimana dengan garansi? Katanya saya harus bayar lagi?"
"Jika Bapak ikut Garansi Hartono Double Protection, perlu tambah Rp99.000. Itu untuk garansi satu tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada klaim kerusakan, Hartono akan cash back Rp50.000." (belakangan saya baca kartu garansinya, saya tidak menemukan cash back ini di dalam ketentuan klaim garansi Hartono Platinum yang saya terima)
"Jika ada kerusakan, diservis atau diganti baru?"
"Diganti unit baru, Pak." (belakangan saya baca ketentuan garansinya: diganti baru atau perbaikan.}
"Bagaimana jika saya memutuskan untuk tidak ikut garansi, boleh?"
"Boleh, Pak. Dengan demikian jika terjadi kerusakan Bapak klaim ke Samsung langsung."
"Ok, ikut saja jika begitu. Berapa biaya pengiriman ke Batu?"
"Rp100.000, Pak!"
"Mahal amat, jatuh harganya jadi nggak jauh dengan yang di Batu!"
"Ya, kalau Karangploso ke bawah masih free ongkos kirim, Pak."
"Ya udahlah. Saya ngga punya mobil juga untuk bawa. Pakai taksi jatuhnya juga 80-an ribu."
"Ok, Pak. Saya proses."

Sesampai di kasir, Mas Anam ini bilang ternyata ongkirnya Rp50.000. Nah ini baru sesuai. Jadi total harga yang harus saya bayar adalah: Rp2.648.000 untuk mesin cuci, asuransi Platinum, dan ongkos kirim ke Kota Batu. Demikian tukarcerita saya, sila lihat juga: 

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into