Home » , » Buku Pertama Dea: Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersley

Buku Pertama Dea: Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersley

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Monday, February 2, 2015 | 12:54 PM

Saya mendapatkan Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersley ini di pasar buku loak Malang yang ada di Jalan Retawu kira-kira setahun yang lalu. Buku ini ditawarkan dengan harga 100 ribu. Saya mencoba menawarnya di harga 60 dengan trik klasik meninggalkan penjualnya (dengan harapan dikasihkan). Sialnya, penjualnya tahu binar mata saya menunjukkan saya menginginkan buku koleksinya itu, yang tidak ada di deretan penjual buku lainnya. Hmm, setelah muter 1 blok, saya kembali ke si penjual dan menanyakan berapa pasnya. Kami sepakat di harga 80 ribu rupiah. Saya merasa sangat beruntung sekali mendapatkan ensiklopedia bergambar ilustrasi plus berbahasa Inggris ini dengan harga yang cukup murah menurut saya.

Buku Pertama Dea: Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersle
Buku Pertama Dea: Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersley
Masa kecil saya tidak mendapatkan banyak buku. Namun, saya masih ingat beberapa buku dan satu paket buku bergambar ilustrasi terbitan Gramedia yang menjadi bacaan saya semasa beranjak ke SMP. Ada tentang kereta api, binatang laut, cara membuat film, transportasi, petualangan Kapten James Cook. Bahkan saya masih ingat samar-samar mesin uap pertama yang salah satunya bernama Rocket dari Inggris.

Walaupun dulu jika diminta menuliskan hobi seringkali saya akan tulis "membaca", kini saya akui bahwa ternyata saya tidak begitu menyukai membaca. Namun, saya tetap mencintai buku. Akibatnya, banyak buku yang saya beli tanpa pernah saya baca. Harapan saya, suatu saat bisa membuat taman baca minimal bagi anak-anak saya, itung-itung menebus masa kecil saya yang kurang melek baca.

Review Singkat

Children's Illustrated Dictionary yang saya beli ini sampulnya hardcover. Saya pikir, wah cocok buat anak karena sampulnya tidak gampang rusak. Setiap halamannya paling tidak ada 10 gambar ilustrasi riil (foto asli, bukan lukisan atau gambar tangan) yang menjelaskan istilah atau kata di sana. Gambar ilustrasinya sangat bagus karena kertas yang dipakai kertas luks full color. Saya sangat merekomendasikan ensiklopedia ini untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Children's Illustrated Dictionary terbitan Dorling Kindersley
Kondisi terakhir buku Dea
Meski Dea belum bisa baca, dia sangat antusias menikmati gambar-gambar ilustrasi yang ada. Dan setelah setahun berlalu, Dea sukses menghancurkan sampul hardcover ensiklopedia bergambar ini dengan membolak-baliknya setiap hari, hanya untuk melihat gambarnya. Perkiraan saya tentang ketahanan sampul harcover terbukti salah melawan keganasan anak-anak.

Ya, saya akui saya sedikit salah, menyodorkan ensiklopedia untuk anak balita. Tapi bagi saya it's worth it lah. "Pengorbanan" ini menurut saya masih mendingan daripada si anak menghancurkan gadget. Saya sudah menyaksikan bagaimana dia menjatuhkan dan membanting smartphone saya. 

Saya akan tetap menyimpan buku pertama Dea ini. Nanti pelan-pelan saja saya akan mencoba memperkenalkannya dengan e-sabak (ebook reader) atau tablet untuk membaca. Suatu hari nanti, mudah-mudahan Dea ingat buku ini sebagaimana saya mengingat buku-buku masa kecil saya. Sekarang saya masih ujicoba mengalihkannya ke gadget, mumpung negara api belum menyerang.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into