Home » » Sekilas tentang Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Sekilas tentang Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Diceritakan oleh Unknown pada Monday, February 2, 2015 | 10:51 AM

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan - Hal ini mungkin sering diabaikan oleh kebanyakan orang, apalagi banyak yang menganggap bahwa tidur hanya sebuah rutinitas yang dilakukan setiap hari atau dengan kata lain sebuah kebiasaan. Maka tak heran jika banyak diantara mereka yang tidak peduli terhadap masalah kualitas tidur, jumlah waktu tidur, hingga jam-jam yang tepat untuk memulai tidur dan bangun tidur.

Urusan tidur itu sendiri memang jarang dipermasalahkan karena dianggap hanya sebuah aktivitas sepele yang tidak akan memberikan pengaruh pada kehidupan. Tidur lebih dianggap sebagai usaha untuk semata melepaskan rasa lelah setelah beraktifitas seharian. Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa waktu tidur dan bangun tidur ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan seseorang, bahkan bisa berimbas pada kesuksesan. Hanya karena tidur merupakan hal yang sepele, bukan berarti hal ini tidak harus mendapatkan perhatian lebih. Karena dengan tidur teratur pada malam hari dan bangun pada pagi hari, maka seseorang akam mendapatkan manfaat yang besar.

Sementara itu, kebiasaan begadang hingga bangun pada siang hari justru bisa memberi dampak negatif bagi tubuh, bahkan bisa juga mengurangi peluang kesuksesan. Orang dengan kebiasaan seperti ini akan banyak kehilangan waktu produktif, serta kondisi tubuh yang tidak segar.

Kebiasaan begadang hingga bangun siang hari
Kebiasaan begadang hingga bangun siang hari justru membuat kondisi tubuh tidak segar.

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Bangun pada pagi hari bisa memberikan dampak positif bagi tubuh dengan membuatnya menjadi lebih sehat dan siap untuk mengawali hari. Berikut ini beberapa manfaatnya:
  • Dengan membangun kebiasaan untuk bangun pagi, maka seseorang akan memiliki kesempatan menikmati udara bersih sehingga bisa membantu pernafasan agar menjadi lebih baik. Menghirup udara yang segar juga bisa membantu untuk meminimalisir kerusakan dari alat pernapasan.
  • Pada dasarnya, kualitas oksigen pada pagi hari sangat bersih karena belum bercampur dengan polusi kendaraan. Oksigen yang bersih tersebut dapat dialirkan ke otak dan anggota tubuh lainnya secara lebih optimal sehingga membuat kinerja anggota tubuh menjadi lebih prima.
  • Oksigen di pagi hari juga membantu melancarkan peredaran darah serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat seseorang terhindar dari beragam risiko terserang penyakit.
  • Dengan bangun di pagi hari, maka seseorang akan mendapati cahaya matahari pagi yang memiliki dampak positif terhadap kesehatan tulang.
  • Saat bangun pagi, peluang untuk melakukan sarapan dan berolahraga menjadi lebih besar sehingga bisa membantu sistem kerja alat pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.
  • Selain manfaat bangun pagi untuk kesehatan, ternyata ada juga manfaat bangun pagi untuk kesuksesan seseorang.
  • Peluang untuk membuat perencanaan menjadi lebih besar sehingga seseorang bisa menyiapkan diri secara lebih maksimal dalam melakukan kegiatan.
  • Dengan banyaknya waktu untuk melakukan persiapan dan evaluasi pada pagi hari, tentu akan membuat orang tersebut menjadi lebih percaya diri. Hal ini jelas sangat berbeda bagi mereka yang bangun kesiangan, pikiran mereka akan kacau dan membuatnya kehilangan kepercayaan diri karena kurangnya persiapan saat memulai hari.
  • Bangun di pagi hari tentu saja memberikan seseorang lebih banyak waktu untuk bisa melakukan aktivitas. Apabila waktu yang dimiliki tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal, maka secara otomatis produktivitas seseorang juga akan ikut meningkat.
  • Kondisi pada pagi hari yang sejuk akan berdampak pada perasaaan seseorang. Dengan bangun pada pagi hari, maka seseorang akan lebih cenderung untuk menjadi lebih semangat, optimis, berenergi lebih, dan memiliki ketenangan jiwa. Pada umumnya, hal ini merupakan sifat-sifat dasar yang dimiliki oleh orang yang sukses.
***

Setelah mengetahui mengenai beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan dan kesuksesan, kini saatnya Anda untuk mengubah kebiasaan bangun kesiangan.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into