Home » , » Merawat Eksim pada Kulit Bayi Anda

Merawat Eksim pada Kulit Bayi Anda

Diceritakan oleh Unknown pada Monday, February 2, 2015 | 4:59 PM

Merawat Eksim pada Bayi - Eksim merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi pada bayi yang masih dalam usia 2 - 6 bulan. Hal ini dikarenakan bayi tersebut masih memiliki lapisan kulit yang tipis dan belum kuat sehingga sangat mudah untuk terserang penyakit ini.

Bayi yang terkena eksim akan memiliki kulit yang kering, sensitif, dan menimbulkan rasa gatal. Biasanya, kehadiran eksim ini akan mempengaruhi keseluruhan bagian kulit bayi, atau hanya terjadi pada area tertentu saja. Eksim bisa terjadi pada bagian dada, wajah, kulit leher, dan kepala. Pada kondisi tertentu, kulit bayi yang terkena eksim bisa menimbulkan lepuhan yang disertai dengan nanah.

Merawat bayi
Jaga kebersihan kulit buah hati Anda agar terhindar dari eksim
Hingga saat ini, penyebab dari masalah ini masih belum jelas. Ruam yang terjadi malah bisa semakin diperburuk dikarenakan pengaruh makanan bayi, kelembaban dari air liur, debu, sabun mandi, detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi, hingga karena adanya pengaruh dari perubahan suhu. Terlepas dari apapun penyebab terjadinya eksim pada bayi, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Perawatan Eksim pada Bayi

Untuk mengatasi eksim pada bayi, kita dapat memberikan perawatan atau melakukan perubahan dalam hal merawat bayi. Yang dapat kita lakukan di antaranya:

  • Gunakan kain popok dan pakaian yang terbuat dari kain katun murni.
  • Selain itu, gunakan pula seprai berbahan katun karena kain jenis ini tidak akan memperparah kondisi ruam. Pastikan pula untuk menyeka keringat bayi sesegera mungkin dengan kain yang lembut dan steril.
  • Hindari untuk menggunakan sabun yang wangi, deterjen, atau krim pada bayi Anda. Sebagai pengganti, Anda bisa menggunakan sabun yang bersifat ringan tanpa aroma.
  • Bayi yang mengalami eksim akan memiliki kulit yang kering, untuk itu pastikan agar memberikan pelembab alami secara rutin. Anda bisa menerapkannya dua kali sehari.
  • Perawatan eksim pada bayi selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit bayi agar daerah yang terdampak bisa terhindar dari infeksi bakteri. Pasalnya, luka nanah pada daerah yang terdampak disebabkan oleh infeksi dari bakteri itu sendiri.
  • Hindari penggunaan air hangat saat memandikan bayi Anda karena justru hanya membuat kulitnya menjadi kering.
  • Hindari pula untuk menggaruk daerah yang terkena, karena hanya akan memperburuk gejalanya. Untuk itu, pastikanlah bayi Anda agar memiliki kuku yang pendek atau gunakan sarung tangan yang lembut dan steril.
  • Bagi sang ibu yang sedang menyusui, kurangilah konsumsi dari makanan seperti telur, susu sapi, gandum, buah jeruk, cokelat, kedelai, kacang, ikan, keju, kacang, dan yoghurt. Anda bisa menggunakan susu kambing sebagai alternatif.
  • Menyusui juga bisa membantu untuk mengurangi eksim mengingat dengan menyusui maka sistem kekebalan tubuh bayi akan terbentuk menjadi lebih kuat dan berdampak pada kesehatan yang lebih baik.

Selain dengan menggunakan beberapa saran di atas, Anda juga bisa menggunakan antiseptik ke dalam air mandi bayi. Hal ini berutjuan untuk mencegah tumbuhnya bakteri di kulit bayi yang bisa terbawa oleh air yang kurang bersih. Selain dengan memilih beberapa pengobatan di atas, Anda juga sebaiknya membawa sang bayi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih akurat. Semoga informasi mengenai obat eksim untuk bayi di atas bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda para orang tua yang memiliki bayi dengan masalah eksim.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into