Home » , » 7 Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat

7 Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat

Diceritakan oleh Unknown pada Thursday, December 4, 2014 | 10:50 AM

Perawatan wajah yang tepat akan membuat penampilan Anda menjadi lebih cantik serta terbebas dari berbagai masalah kulit. Sebaliknya, jika perawatan yang tidak tepat bisa menjadi pemicu munculnya masalah-masalah wajah lain seperti jerawat, komedo, atau bahkan munculnya flek-flek hitam. Masalah ini tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap kepercayaan diri Anda saat melakukan interaksi sosial. Untuk itu, kali ini Tukar Cerita akan memberikan tips merawat kulit wajah secara alami. Metode alami dipilih karena relatif tidak memberikan dampak negatif karena tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang sering ditemukan pada produk kecantikan.

Kulit wajah Miranda Kerr menggunakan perawatan minyak organik
(foto: Eva Rinaldi)

Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Pada dasarnya, sangat mudah untuk merawat wajah agar bisa senantiasa segar dan bercahaya. Hanya dibutuhkan perhatian serta kebiasaan yang baik dalam merawat wajah. 

Mencuci tangan sebelum membersihkan wajah

Cara pertama adalah dengan mencuci tangan sebelum membersihkan wajah. Begitu banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa kondisi tangan yang tidak steril pasti akan memiliki kuman dan bakteri dalam jumlah yang banyak. Ketika Anda membersihkan wajah dengan kondisi tangan yang tidak bersih, maka ada kemungkinan hal tersebut akan menimbulkan masalah pada wajah Anda.

Melakukan terapi sederhana berupa pijatan ringan pada wajah

Anda juga bisa mencoba untuk memberikan terapi sederhana pada kulit wajah saat menjelang tidur. Saat membersihkan wajah, Anda bisa mencoba untuk memberikan pijatan ringan pada wajah. Cukup dengan melakukannya sekitar 2 hingga 3 menit, maka rasa lelah pada kulit wajah akan hilang. Metode ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah pada bagian wajah yang diberikan pijatan. Setelah itu, bersihkan wajah Anda dengan menggunakan handuk yang steril. 

Menggunakan pembersih wajah berbahan alami

Merawat kulit wajah secara alami sebaiknya diiringi dengan penggunaan pembersih wajah yang menggunakan bahan dasar alami. Selain itu, pastikan bahwa produk yang digunakan sesuai dengan jenis kulit Anda. Banyak orang gagal mendapatkan hasil maksimal hanya setelah menggunakan produk pembersih wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya hanya karena melihat hal tersebut berhasil terhadap orang lain. Hal yang harus diingat adalah, beda jenis kulit seseorang maka beda pula bentuk perawatannya.

Menggunakan pelembap wajah saat beraktivitas di luar

Anda yang sering melakukan aktivitas di luar sebaiknya memastikan untuk menggunakan pelembap wajah. Hal ini bertujuan untuk melindungi wajah dari sengatan sinar ultraviolet secara langsung. Selain itu, penggunaan pelembap wajah juga bertujuan untuk mencegah munculnya flek-flek hitam pada wajah.

Minum air putih secara rutin

Mengkonsumsi air putih mungkin akan terdengar aneh jika dihubungkan dengan metode merawat kulit wajah secara alami. Namun faktanya, konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari ternyata dapat berdampak pada kualitas dari kulit itu sendiri. Air putih memiliki peranan penting untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan segar.

Mengonsumsi vitamin

Bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi suplemen untuk wajah, sebaiknya pilihlah suplemen yang memiliki kandungan vitamin E. Pasalnya, suplemen dengan kandungan vitamin E dapat menjaga kulit serta menghindarkan dari penuaan dini.

Melakukan olahraga rutin

Tips alami yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, maka Anda akan mengeluarkan keringat yang bisa berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Apalagi olahraga juga bisa membantu tubuh agar tehindar dari berbagai jenis penyakit.

***
Dengan mengikuti tips merawat kulit wajah secara alami di atas, maka Anda akan terhindar dari bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan bahan kimia yang umumnya ditemukan pada produk kecantikan.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into