Home » » 7 Manfaat Buah Alpokat untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Alpokat untuk Kesehatan

Diceritakan oleh Unknown pada Friday, December 5, 2014 | 2:10 PM

Buah avokad atau alpokat yang berasal dari Amerika Tengah ini sudah terkenal sejak dulu. Konon suku Aztec memanfaatkan buah alpokat untuk meningkatkat libido. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah alpokat untuk kesehatan tubuh kita.

#1 : Melindungi Mata

Alpokat merupakan buah-buahan yang menjadi sumber lutein. Lutein adalah suatu karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan. Penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpokat, beberapa nutrisi tertentu yang di butuhkan oleh mata akan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Buah alpokat juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal sehingga akan membantu tubuh dalam penyerapan karotenoid menjadi lebih baik.

Manfaat Buah Alpokat
Buah alpokat sangat bermanfaat untuk kesehatan

#2 : Menurunkan Berat Badan

Memang buah alpokat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun, lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak tak jenuh tunggal (monosaturated fat Omega-9), yaitu lemak sehat atau lemak baik HDL (High Density Lipoprotein) yang justru sangat bermanfaat bagi tubuh. Lemak baik HDL ini tidak membuat gemuk dan justru membuang kelebihan kolesterol jahat. Buah alpokat mengandung 2 jenis serat, yaitu serat tak larut dan serat larut. Kedua jenis serat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh agar lebih lancar. Serat larut akan berfungsi untuk memperlambat pemecahan karbohidrat di dalam tubuh, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, alpokat juga mengandung asam oleat yang akan mengaktifkan bagian otak untuk membuatnya merasa lebih kenyang dan membantu Anda mengurangi keinginan untuk makan cemilan yang tidak perlu. Alhasil, berat badan Anda pun akan turun.   

#3 : Menstabilkan Gula Darah

Alpokat yang Anda konsumsi setelah makan akan membantu menjaga kestabilan gula darah. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam alpokat juga akan bermanfaat untuk memperlambat pencernaan gula darah.

#4 : Menurunkan Kolesterol

Alpokat akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan juga meningkatkan kadar kolesterol baiknya. Kolesterol baik yang ada di dalam tubuh akan meningkat sebesar 11 %. Dengan adanya folat yang terkandung di dalam alpokat dan juga sifatnya sebagai penurun kolesterol, jantung Anda akan menjadi lebih sehat. Konsumsilah segelas jus alpokat setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan folat harian Anda sebesar 23%. Selain itu, alpokat juga menjadi buah penghasil vitamin E yang cukup tinggi, sehingga akan sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

#5 : Melindungi Payudara

Alpokat merupakan buah yang memproduksi asaloleat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa senyawa asam oleat yang terkandung di dalam buah alpokat tersebut dapat bermanfaat untuk melindungi payudara dan serangan kanker.

#7 : Anti Inflamasi

Efek dari kombinasi berbagai nutrisi yang ada di dalam buah alpokat berfungsi sebagai anti inflamasi (anti peradangan). Alpokat akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit rematik dan juga osteoarthritis karena adanya kandungan vitamin C, selenium, karotenoid, Omega-3, asam lemak dan juga seng.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into