Home » » Mengapa Posting Blog Tidak Muncul di Halaman Pencarian? Mintalah Google Melakukannya!

Mengapa Posting Blog Tidak Muncul di Halaman Pencarian? Mintalah Google Melakukannya!

Diceritakan oleh Unknown pada Sunday, April 7, 2013 | 8:24 PM

Semalaman saya menanyakan masalah ini pada diri saya sendiri. Biasanya dalam proses membangun blog ini, setiap posting selalu cepat terindeks walau penyebabnya apa juga tidak tahu.Tapi mulai seharian kemarin, Mbah tidak mengunjungi saya. Sebagai blogger pemula pertanyaan ini sangat merisaukan. Akhirnya saya coba-coba menengok ke blog tetangga untuk mengetahui penyebabnya, antara lain disebutkan penyebab utamanya adalah optimasi SEO yang berlebihan. Di web apapun semua melakukan optimasi. Dan jika hal itu dilakukan berlebihan, Mbah bisa memasukkan ke penjara logaritma yang dinamakan Sand-box. Cukup masuk akal. Tapi saya ini termasuk pemula yang saya kira tidak berlebihan. Dan bila itu memang perkaranya, mungkin satu-satunya kesalahan yang telah saya lakukan adalah pengulangan kata-kunci atau keyword.

Seperti kita ketahui bahwa Google melakukan evaluasi kata-kunci sebagai salah satu indikator penilaian dalam SERP. Untuk narablog yang tidak terbiasa menulis seperti saya, hal ini cukup dilematis karena tidak terbiasa menggunakan kata ganti. Misalnya ketika saya amati posting Facebook Home saya kemarin, rupanya terjadi pengulangan frase Facebook Home. Ini bisa jadi salah satu kesalahan dalam optimasi seperti disinyalir narablog lain. Tapi nampaknya alibi ini rasanya itu tidak akan menyelesaikan masalah. Oke, kali ini saya mulai belajar dari sumber eksternal sebagai feedback, tapi saya pikir ada baiknya saya juga belajar dari internal sendiri. Alih-alih kita menginginkan Google mengerti diri kita, ada baiknya saya mencoba memahami apa yang mereka coba lakukan buat kita. Oleh karena itu, saya masuk forum Google Webmaster, tempat kita sebagai customer dan Google sebagai penyedia layanan berusaha saling memahami.

Menjawab pertanyaan di atas, Google dalam FAQ-nya (Pertanyaan yang Jamak Diajukan) menyatakan bahwa proses crawling dan indexing bisa memerlukan waktu beberapa lama dan tergantung dari banyak faktor. Umumnya, mereka tidak bisa membuat prediksi yang menjamin kapan tepatnya posting kita akan ditelusuri atau diindex oleh mesin mereka. Bahkan, ketika kita sudah submit file xml pun, itu bukan jaminan akan meningkatkan peringkat blog kita di SERP ataupun proses mengindeks akan dilakukan secepatnya. Hal itu terjadi karena Google tidak akan melakukan crawling semua halaman dalam satu blog atau situs dan halaman yang sudah ditelusuri (crawled) oleh robot mereka pun tidak akan diindeks semua. Karena hal itu semua adalah hal yang wajar, maka Google tidak menjamin semuanya akan muncul dalam SERP. Meskipun demikian, mereka mempunyai panduan buat kita yang menginginkan blog kita tetap Google-Friendly. Salah satu adalah dengan cara mendaftarkan blog kita pada Google Webmaster. Setelah itu dilakukan, selanjutnya kita dapat meminta Google untuk mengindeks blog kita dengan cara sebagai berikut:
  • Login ke Google Webmaster Tools.
  • Pada Dashboard, klik Health, klik Fetch as Google.
  • Tuliskan link artikel pada kotak yang tersedia. Secara default sudah ada alamat blog kita di sana. Kita tinggal menambahkan sambungan linknya. Jika kita tidak mengisi kotak ini, maka kita dianggap sedang meminta halaman depan atau homepage blog yang diindeks.
  • Pada menu pilihan di sebelahnya,  pilih Web. Untuk sementara, Google hanya menerima permintaan untuk mengindeks web walaupun di situ ada pilihan untuk mobile.
  • Klik Fetch. Google akan berusaha menjangkau dan mengindeksnya buat kita. Ini memerlukan waktu beberapa menit.
  • Setelah itu kita akan lihat statusnya "Successful", klik Submit to Index, lalu pilih satu sebagai berikut:
    • URL lalu klik Submit. Pilihan ini untuk mendaftarkan URL satu-persatu pada indeks, misalnya link salah satu posting. Google memperbolehkan pendaftaran ini hingga 500 URL per minggu.
    • URL and all linked pages. Pilihan ini untuk mandaftarkan URL yang kita tuliskan di situ dengan semua link yand ada di dalamnya. Dengan cara ini, kita diperbolehkan untuk memasukkan hingga 10 link per bulan. 
Masukkan link posting di sini
Demikian yang saya pelajari hari ini. Sekali lagi Google tidak menjamin akan terus menyambangi blog kita. Namun, setidaknya saya melakukan ikhtiar. Hal ini bagaimanapun juga bermanfaat buat saya sendiri karena saya bisa terus belajar menerjemahkan bahasa Inggris. Dan harapan saya mudah-mudahan ini juga bermanfaat buat buat teman-teman pemula seperti saya yang resah karena posting blog tidak terindeks oleh Google. Sekian terima kasih. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
16 Komentar
16 Komentar
Komentar

16 Komentar:

  1. Informatif mas, benar saya sering melakukan ini jika dalam 2 hari postingan belum terindex google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Om berkenan mampir. Blog ini belajar dan berbenah banyak dari Mas Kolis, Om Hairul, Mas Ady, dan Mas Taufik. Multipaste udah nggak perlu risau deh Om, sudah canggih problem-nya tuntas. :)

      Delete
  2. Wah ini postingan yang saya cari, setelah beberapa postingan saya tidak muncul di google, padahal untuk blognya sendiri sudah terendix oleh google. Saya coba dulu ya mas dan terima kasih atas postingan ini. http://awalputra.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Bais. Tunggu beberapa saat pasti muncul kok. Kalau judul cukup unik dan query pencari-nya mirip judul kita, pasti akan muncul di halaman pertama. :)

      Delete
  3. Mas mungkin juga, gara-gara sering ganti template jadi mempengaruhi. soalnya blog saya mengganti template blog saya biasanya di indeks beberapa menit, tapi sekarang menjadi lambat apalagi ada yang tidak muncul setelah seminggu. atau kesalahan meta tag sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru buat blog ni ceritanya. Jadi kemungkinan itu di luar kasus saya. Tapi kalau yang lain bisa saja ganti-ganti template mengakibatkan tidak google friendly, seperti Tips SEO Blog dari Mas Kolis

      Delete
  4. gakenaknyajadipemula...ujikesabarantekunbelajarlebihserius..

    terima kasih pak bro...

    ReplyDelete
  5. Bermamfaat bangat gan,blog ane Postingan nya 43 ,Buatan sendiri
    tapi yang terindex cuma 26, Kecewa ane gan,yang COPAS malah Terindex

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bro Herman: Biasa-nya yang copas itu lebih pro-aktif mencari konten dan berjuang agar muncul di SERP, walau dengan segala cara termasuk copas. Buat saya copas tidak masalah asal menyertakan link dari kita, sekaligus promosi (eksternal link) buat blog kita. Sayangnya ada saja yang nakal tidak mau menyebutkan sumber bahkan mengakui sebagai miliknya. >.<

      Delete
  6. Softwikia : owh bisa juga dari situ ya hmmmmmmm okok thx bgt infonya gan :)

    ReplyDelete
  7. Blog saya http://jasaaluminiumjakarta.blogspot.com tak kunjung muncul di mbah google mas, pusing saya

    ReplyDelete
  8. mas tanya nih..... blog saya tentang profil dan biodata artis, akhir-akhir ini postingan saya gak ada di mesin pencarian google. apa terlalu sering ngasih judul "profil dan biodata ........" pada blog saya ya...? mohon pencerahanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masak? Kok blognya banyak pengikut? :D

      Analisis ngawur:
      Karena sifatnya standar, kemungkinan keyword itu terlalu ketat persaingannya di SERP, Mas Cho. Kalau saya terus terang nggak kuat masalah SEO, sehingga untuk mengatasi hal seperti itu biasanya saya mengganti dengan judul-judul unik lain untuk mengantisipasi keyword yang dimasukkan pencari info di Google.

      Atau info biodata yang standar itu dilengkapi dengan info-info spesifik yang fresh dari web luar tentang diri artis. Maaf bila salah ya. Hehe.

      Delete
  9. thanks gan atas ilmunya,,,kunjungi balik ya http://abanghari.blogspot.com

    ReplyDelete

Translate This Page into