Home » » Tips Aman dan Murah: Impor atau Pesan Barang dari Luar Negeri

Tips Aman dan Murah: Impor atau Pesan Barang dari Luar Negeri

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, April 7, 2013 | 8:28 PM

Newbie minta saran ya rekan,kalau untuk jenis pengiriman eBay yang terjangkau & recommended untuk kirim ke Indonesia apa ya? Misal : kalau USPS, layanannya yang mana gitu. Kalau nanya seller kadang² ada yang bilang $30 ada juga yang matok $50-an. Minta sarannya yah. (Agus)


So far pake USPS paling murah belum pernah ada kendala. Kira kira tiba 12 sampai dengan 15 hari walau diwanti-wanti di awal 1 hingga 5 minggu. (Amer)

Saya malah biasanya pake free shipping. Walau lama, tapi nyampe kok. Kalo mau cepet, ya pake yang berbayar. (I.B. Putu Marwana)

Saya rekomendasikan PMS atau EMS. Ini lagi nyoba pakai FedEx, ada sedikit hiccup tapi belum tahu hasil akhirnya. (Iggy)

FedEx masih so so lah... Yang paling aman dan relatif belum ada masalah ya pakai EMS. (Riza)

Priority Mail?! Kurang dari 2 minggu udah sampai om. (Henry)

Yang aman sih USPS yah, selama ini make USPS sampe kantor pos paling cuman disuruh bayar bungkus ulang sama kalau lagi sue disuruh ambil sendiri. (Henry Aripin)

Menurut saya semua pengiriman ada resiko kehilangan. Hanya saja pengiriman yang ada didukung nomor pengiriman dapat dilacak dan mengurangi resiko kehilangan. Semakin express juga suatu pengiriman juga semakin kecil resiko kehilangan. Akibatnya ship cost yang akan naik. Tinggal dibandingkan dengan harga item apakah worth atau tidak. Setelah tiba di Indonesia, paket akan dicek bea cukai dan ada kemungkinan tertahan sejenak bila item tersebut membutuhkan ijin khusus import. Disini diuji POWERFUL nya suatu kurir. Bila ada masalah, DHL dan UPS biasanya mempunyai staff yang aktif membantu kita agar paket dapat diliris. Membantu dalam arti kata mencarikan ijin atau lainnya. Sekedar sharing. (Suyatmo Hugeng)

Belanja via eBay biasa ambil layanan POS negara tersebut, kalau US ya USPS. So far sih ga ada masalah, cuma memang agak lama kalau dari US, bisa 1 mingguan. Nanti bisa di track via EMS apa sudah sampai kantor pos. Terakhir beli dari Hongkong action figure $60, alhamdulillah bebas bea cukai walaupun agak lama karena pas momen Natal dan Tahun Baru. Mengenai biaya bisa beda mungkin di hitung dengan jasa packing (Arie)

Saya pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan karena oknum BC. Barang-barang yang kami kirim berbulan-bulan lalu baru sampai di tangan kami kemarin. Dalam kondisi udah kayak tumpukan sampah, mencar-mencar isinya, kecampur-baur barang-barang sekian banyak orang, dan utamanya: lebih dari setengahnya raib.(X)

Untuk X, sebaiknya kalau kirim barang jenisnya dari priority mail (standard) itu paling minimum + tracking number asuransi, kalau kirim economy shipping apalagi barang berharga sulit dipantau, kadang mungkin oknum BC, oknum pegawai pos atau oknum office boy yang ambil barang kita, kita ga pernah tau, tapi kalau standard/priority shipping bisa dilacak kiriman & jangan sampai tertahan lama di BC, kan bisa di track kirimannya, karena sebetulnya kita juga bisa klaim kehilangan, biasanya yang disuruh ganti itu para pegawai pos bagian penerimaan barang.(Hendy)

Terima kasih ya. Saya kemarin bikin email pengaduan ke BC dan langsung ditanggapi. Mudah-mudahan, meskipun nasi udah jadi bubur basi, kasus ini bisa ditelusuri biar nggak terjadi2 lagi kelak. Dan barang saya yang gak pernah kembali, bisa pelan-pelan saya lupakan. hehe.

Ok, moga-moga bisa di komplain, next time kalau boleh saran pengiriman dengan tracking number + asuransi dan sering-sering di lacak, begitu sampai langsung datangi kantor pos bagian kedatangan barang untuk langsung diurus, saya yakin pasti barangnya selamat, kalau di hold langsung di proses hari itu juga, berarti ada pajaknya.(Hendy)

Untuk HH, biasanya saya pakai yang USPS om. Dari US masuk ke cukai Indonesia cuma 5 hari, tapi di proses clearance cukai Indonesianya yang lama, bisa 10 - 15 hari :D (Hadi)

Thank you oom Hadi. Meluncur ke TKP :D. Kalau HH di USPS biasanya masuk kategori apa oom? Flat rate boxes kah? (Agus)

Sepertinya lihat beratnya juga om, selama tidak lebih dari 4 pound (=1.8kg), bisa ambil kategori yang flat rate envelope, meski nanti dibungkusnya pakai box. Tapi kalau HH batangan kadang juga pakai envelope yang dibusain... :D (Hadi)

Biasanya untuk 1 HH dari US oom Hadi kena berapa oom? (Agus)

Kalo nggak salah sekitar $30an bro.. (Riza)

Biasanya saya diminta $40 (Hadi)

USPS - Priority Mail Service. Lebih murah dari EMS, trackable tapi lebih lama sampainya (Iggy)

Kalau trackable & lebih cepat sampai apa ya? ^^ (Agus)

Ada yang paling aman dan bisa ditrack lewat sms, layanan NTB .... Nitip Temen Bule
#kabur sebelum di sambit pake kemenyan Si Mbah (Dedi Sopian)

Wasyeeeemm >__< *lempargranat* Kenalin dong ama bule mbah DeSo.. (Agus)

Sharing pengalaman aja pengambilan barang di China dan sekitarnya, kalo DHL di atas 30rb kena money charger bisa sih saya 50rb, trus kalo nginep lama ada biaya storage warehouse, dan kawan-kawan bisa 2 kali lipat. Kalo EMS sih murah tapi lama di custom, dan sering ambil HP China lewat pengiriman ini hampir gak pernah kena pajak (Stephen)

Kalo di bawah US$50, ya gak kena pajak kok oom. Kirim pake USPS First Class International cuma kena bea pos tiga ribu perak. Dianter sampe rumah. Kalo DHL kenain biaya segitu untuk kiriman di bawah US$50, itu mungkin biaya service mereka. CMIIW. (Ian)

Layanan DHL FedEx UPS dan sejenisnya ada komponen storage fee dan handling fee itu yang mahal banget selain pajak. Kalo USPS aka post sih cuma pajak to, sama biaya bungkus ulang tapi kadang beberapa kali order kirim via DHL gak sampe $50 dan bukan elektronik blas gak bayar apa apa, tapi pernah cuma order $35 kena handling dan storage dll 300-an ihiks, gara-gara seller ke indo cuma kirim DHL, dan sama sekali gak ada hubungan sama gadgets pula haha. (Niko)

Kalo dengan kami fleksibel, kami bisa belikan, atau dari customer bisa cari seller yang ship us to us free shipping, lalu dari us kami forward langsung ke alamat Anda. kalo di agen saya di us pakai FedEx, DHL lebih murah daripada USPS. est shipping pake FedEx DHL umumnya 5-7 hari sudah di indonesia. Saya pribadi prefer customer beli langsung, ship ke agen, agen forward ke alamat customer, kami hanya ambil fee agen 10 USD (bergantung barang). Customer bisa nego langsung di Exim. (Joel)

@all : Sip. Ingponya sangat bermanfaat makasih yah ^^ Capcus ah ke TKP..^^ Closed yah.
Makasih atas masukan rekan².
(Agus)
Kesimpulan

Tips ini dirangkum dari diskusi teman milis dan facebook. Sebagai kesimpulan, saya kemukakan kembali tips Om Suyatmo dan Om Hendy:
Semua pengiriman ada resiko kehilangan. Hanya saja pengiriman yang ada didukung nomor pengiriman dapat dilacak dan mengurangi resiko kehilangan. Semakin express juga suatu pengiriman juga semakin kecil resiko kehilangan. Akibatnya ship cost yang akan naik. Tinggal dibandingkan dengan harga item apakah worth atau tidak. Setelah tiba di Indonesia, paket akan dicek bea cukai dan ada kemungkinan tertahan sejenak bila item tersebut membutuhkan ijin khusus import. Disini diuji POWERFUL nya suatu kurir. Untuk itu, sebaiknya kalau kirim barang jenisnya dari priority mail (standard) itu minimum kita lengkapi dengan tracking number asuransi karena pengiriman barang dengan ekonomi shipping apalagi untuk barang berharga sulit dipantau. Pengiriman dengan tracking number + asuransi yang sering-sering dilacak akan menambah kepastian barang kita sampai dengan selamat. Sekian.

Referensi untuk Impor Barang:




Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
1 Komentar
1 Komentar
Komentar

1 Komentar:

  1. artikel sangat membantu om.
    om ane kmarin beli zippo di ebay di kirim via usps first class, bisa nyampe ga tu om

    ReplyDelete

Translate This Page into