Home » » Arti Istilah yang Sering Dipakai di Forum Jual Beli (Kamus Ringkas)

Arti Istilah yang Sering Dipakai di Forum Jual Beli (Kamus Ringkas)

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, April 23, 2013 | 10:06 AM

Untuk guide atau panduan masuk di forum jual beli maupun milis, berikut ini saya coba inventaris singkatan maupun istilah yang sering dipakai oleh anggota.

Sundul: bump, up (Inggris) artinya membuat thread atau utas atau posting kembali muncul di posisi teratas pada daftar thread atau postingnya. Biasanya ada aturan khusus di forum untuk mencegah tindakan ini dilakukan sembarangan.
Afgan: istilah yang mencomot nama penyanyi Afgan Syah Reza, karena salah satu lagunya berjudul "Sadis". Artinya penawaran yang dilakukan oleh buyer sangat sadis atau jauh dari harga yang ditawarkan seller. Kurang lebih artinya sama dengan istilah Rossa.
Rosa, Rossa : istilah yang mencomot nama penyai Sri Rossa Roslaina Handiyani, karena salah satu lagunya berjudul "Tega". Artinya penawaran yang dilakukan oleh buyer benar-benar keterlaluan atau jauh dari harga yang ditawarkan seller. Tega benar!
No Afgan: Jangan sadis nawarnya, dilarang menawar terlalu rendah
No Rossa : Dilarang menawar terlalu rendah
Nett: harga bersih, sudah tidak ada tawar menawar lagi.
Deal: artinya kesepakatan antara penjual dan pembeli
TS: thread starter, orang yang memulai suatu thread.
Newbie: artinya pemula yang tidak tahu banyak, baru akan belajar. Tidak semua anggota yang baru bergabung adalah newbie.
Nyubi, nubitol: sama dengan newbie, nyubi tolol
Buyer : pembeli
Seller: penjual
AFAIK: singkatan dari as far as i know yang artinya sejauh yang saya ketahui. Istilah ini dipakai sebagai tanda politeness atau kesopanan dalam forum sebelum menjelaskan sesuatu supaya tidak dicap sebagai sok tahu padahal salah.
CMIIW: singkatan dari correct me if I am wrong, artinya betulkan jika saya salah. Sama dengan AFAIK, istilah ini dipakai sebagai tanda politeness atau kesopanan dalam forum sebelum menjelaskan sesuatu supaya tidak dicap sebagai sok tahu padahal salah.
IMHO: singkatan dari in my humble opinion, adalah ungkapan sopan yang berarti "menurut pendapat saya."
FYI: singkatan dari for your information, artinya untuk Anda ketahui, dipakai untuk pemberitahuan apabila sudah yakin atau untuk meyakinkan suatu informasi. Jika belum yakin, biasanya dipakai AFAIK atau CMIIW.
ASAP: singkatan dari as soon as possible, artinya sesegera mungkin
WTB: singkatan dari want to buy, artinya pembeli mengumumkan bahwa dia ingin membeli satu barang, dengan harapan penjual ada yang akan menawarkan padanya.
WTS: singkatan dari want to sell, artinya penjual mengumumkan bahwa dia menjual suatu barang, dengan harapan ada pembeli yang akan menawar dagangannya
WTI : singkatan dari want to inform, artinya kita memberi suatu informasi yang mungkin berguna buat anggota forum atau milis.
WTT: singkatan dari want to trade, artinya kita ingin melakukan tukar tambah, atau langsung barter. Kita punya satu barang yang kita tawarkan ke anggota lain untuk ditukar tambah atau dibarter dengan barang lain.
WT: singkatan dari as far as I know yang artinya sejauh yang saya ketahui
COD: singkatan dari Cash on Delivery, artinya akan dibayar setelah diantar atau diterima. Biasanya hal ini sering kali diartikan dengan pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.
PM: singkatan dari private message, artinya transaksi dilakukan melalui pesan pribadi, via email langsung, bukan lagi via posting atau thread.
Japri: singkatan dari jalur pribadi, artinya hampir sama dengan PM. Jalur pribadi bisa diartikan via email, HP, telepon.
OOT: singkatan dari Out of Topic, artinya keluar atau melenceng dari topik yang sedang dibahaspada satu thread.
Bid and run : artinya melakukan penawaran tapi kemudian tidak bertanggung jawab alias kabur melarikan diri.
Cendol, suguh cendol, memberi cendol, mencendol: tanda khusus yang diberikan di forum Kaskus kepada seseorang untuk menunjukkan penghargaan atau mendukung reputasinya, karena telah mendapatkan pelayanan yang memuaskan, maka kita menyuguhkan cendol kepadanya. Lawan kata dari Bata. Serupa dengan +1 di Google dan Like atau Jempol di Facebook.
Bata, lempar bata, dibata: tanda khusus yang diberikan di forum Kaskus kepada seseorang untuk menunjukkan  buruknya reputasi, karena telah mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan, atau bahkan melakukan penipun. lawan kata dari Cendol.
DP: singkatan dari Down Payment, artinya uang muka, pembayaran sebagian dari total nilai transaksi untuk jaminan bahwa deal telah dilakukan, yang dilakukan di muka atau sebelum barang dikirim
Advance Payment : artinya pembayaran dilakukan dimuka, barang belakangan. Pembeli membayar nilai transaksi terlebih dahulu sebelum barang dikirimkan.
Cash in Advance: sama dengan Advance Payment
Open Account: Bayar belakangan jika barang sudah diterima, kebalikan Advance Payment.
L/C: Letter of Credit, 
Ongkir: singkatan dari ongkos kirim
Rekber: singkatan dari rekening bersama, yaitu jasa penyedia rekening netral sementara yang menampung transfer uang dari pembeli untuk diserahkan kepada penjual setelah barang diterima. Ini adalah jasa fasilitas untuk menghindari hal-hal penipuan seperti barang tidak dikirim oleh penjual setelah uang ditransfer.
BNIB: singkatan dari Brand New in Box, artinya barang baru belum buka segel pembungkusnya.
Mint Condition: kondisi barang hampir seperti baru 98-99%
KW:  singkatan dari kualitas, merujuk pada kualitas suatu  barang tiruan.KW1 lebih baik daripada KW2 dan seterusnya. Barang tiruan terbaik disebut KW super.
SOL: singkatan dari sorry one line, merupakan pernyataan minta maaf karena hanya menulis sebaris dalam satu posting.
ODM: singkatan dari Original Design Manufacturer, berarti perusahaan yang mendesain dan memproduksi satu brang yang spesifikasinya telah ditentukan (kadang mereknya juga) oleh perusahaan lain untuk dijual. Beda OEM dengan ODM adalah ODM bertanggung jawab sepenuhnya pada desain produk yang dibuat.
OEM: singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Awalnya istilah ini berarti perusahaan yang menyediakan barang yang bisa dijual kembali oleh reseller atau retailer yang memakai namanya sendiri untuk barang tersebut. Misalnya mesin cuci Sanyo menjual barangnya ke Denpoo, kemudian Denpoo menjual mesin cuci tersebut dengan nama Denpoo dengan harga lebih murah. Maka, Sanyo disebut OEM.
Lama-kelamaan reseller yang memodifikasi barang dari perusahaan tertentu kemudian menjual barang itu akhirnya juga disebut OEM. Misalnya Denpoo memodifikasi mesin cuci Sanyo tersebut dan menjual dengan memakai namanya, maka Denpoo disebut OEM. Pada akhirnya, barang yang beredar antara Sanyo dan Denpoo itu juga disebut barang OEM.

Mudah-mudahan bermanfaat. Jika sudah basi, minimal buat kamus saya sendiri :D
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
3 Komentar
3 Komentar
Komentar

3 Komentar:

  1. Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Mas Surya.

      Delete
  2. tambahan gan, pm (private mesage), artinya transaksinya dalam inbook fb, hehe.

    salam dasarbahasainggrisblogspotdotcom

    ReplyDelete

Translate This Page into