Home » » Tempat Wisata Murah Kota Batu (2): Kawasan Wisata Songgoriti

Tempat Wisata Murah Kota Batu (2): Kawasan Wisata Songgoriti

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, March 27, 2013 | 9:54 PM

Kawasan Wisata Songgoriti

Kawasan wisata Songgoriti menawarkan beberapa fasilitas rekreasi yang menarik. Setidaknya ada empat hot spots di sini:
Pasar Wisata Songgoriti (Foto: Malangpedia)
  1. Pasar Wisata Songgoriti. Ini adalah jantung-nya kawasan wisata Songgoriti, dimana masyarakat sekitarnya banyak yang berjualan souvenir, pernak-pernik, mainan anak, alat rumah tangga tradisional cobek batu, tanaman hias seperti bonsai dan bunga, buah-buahan, hingga penjual binatang peliharaan seperti kelinci, hamster, marmut, burung, dan lain sebagainya. Pasar Wisata Songgoriti ini ibarat Pasar Seni Sukawati-nya Kota Batu karena harganya yang terjangkau, dan rasanya tak lengkap berkunjung ke Batu sebelum mampir di sini. Gambar lengkapnya bisa dilihat DI SINI

  2. Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti. Taman wisata ini mempunyai berbagai fasilitas rekreasi antara lain: taman yang sejuk dengan dilengkapi patung-patung buah dan binatang unik yang cocok untuk berfoto ria dan outbond, kolam renang anak dan dewasa, area permainan anak seperti jungkat-jungkit, wahana perahu gayung/sepeda air (15.000 rupiah per perahu), dan kafe untuk bersantai. Taman wisata ini buka setiap hari kecuali Kamis mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 dengan tiket masuk 9.000 rupiah. Khusus rombongan minimal 30 orang bisa mendapat diskon 75% (hingga 6.000 rupiah per orang), dan pada waktu peak season bisa mencapai 15.000 rupiah.

  3. Candi Songgoriti dan Pemandian Air Panas. Wisatawan yang berkunjung ke Songgoriti mungkin jarang yang bertujuan utama berkunjung ke candi Songgoriti yang sampai saat ini masih merupakan satu-satunya di Kota Batu ini. Memang, letak candi yang juga dinamai candi Supa ini terbilang unik karena berada di halaman hotel. Padahal, candi biasanya dikelola oleh Pemerintah. Pada candi Supa ini mempunyai keunikan yaitu sumber air panas yang bersebelahan dengan sumber air dingin. Banyak cerita berkembang dari sumber kembar unik itu. Masuk area candi tidak dikenakan biaya. Namun, kini mata air panas belerang candi yang diduga merupakan bukti kebesaran Mataram Kuno itu justru disalurkan melalui pipa ke kolam air panas di hotel-hotel sekitarnya untuk disewakan dengan harga bervariasi di  kisaran 15.000 rupiah. Sebagai pribadi, saya prihatin mengenai hal itu. Saya menawarkan alternatif ini sebagai tujuan wisata sejarah, bahwa kita layak mengetahui candi tertua di Jawa Timur ini. Lebih detilnya tentang candi DI SINI.
  4. Paralayang. Di atas kawasan wisata Songgoriti atau tepatnya di puncak Bukit Banyak, kita bisa menyewa paralayang untuk menikmati pemandangan Kota Wisata Batu dari udara. Namun, harganya relatif mahal yaitu 250.000 rupiah. Jadi sebenarnya buat saya tidak termasuk alternatif di sini, hehehe.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into