Home » » Tempat Wisata Murah Kota Batu (3): Pemandian Air Panas Cangar

Tempat Wisata Murah Kota Batu (3): Pemandian Air Panas Cangar

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, March 27, 2013 | 9:55 PM

Pemandian Air Panas Cangar

Taman wisata ini cukup jauh dari pusat kota (kira-kira 20 kilometer). Pemerintah kota sudah membangun akses jalan hingga lancar dilalui kendaraan roda empat walau di lokasi tertentu rawan rusak. Namun saya ingatkan, kita perlu menggunakan mobil yang prima karena ada beberapa tanjakan yang curam. Pengalaman saya, pernah harus turun dari mobil karena mesin mobil tidak mampu menanjak. Area ini terletak di tepi hutan yang masih alami, pohon-pohon besar menjulang tinggi yang di pucuknya akan kita temui kera-kera bergelantungan di sana. Untuk masuk, kita cukup membayar 4.000 rupiah ditambah sumbangan bagi Palang Merah Indonesia 1.500 rupiah. Kamar mandi untuk ganti baju harga sewanya seribu rupiah. Tapi hati-hati bagi yang ingin cebok, mandi, atau keramas, airnya panas. Fasilitas dan pendukung yang bisa kita nikmati minimal ada lima:
  1. Kolam rendam air panas alami. Ada dua kolam khusus untuk kolam rendam yang sangat cocok buat menghilangkan penat badan (yang lebih dekat sumber airnya lebih panas). 
  2. Kolam renang. Ada dua kolam renang, satu untuk umum, lainnya bersifat melindungi privasi khusus untuk wanita. Air kolam renang ini pun hangat, tepat buat anda yang ingin merasakan sensasi berenang di air hangat.
  3. Taman. Ada ayunan dan jungkian untuk bermain anak. Udaranya bersih, dingin dan menyegarkan cocok untuk bersantai dan makan bersama.
  4. Goa Jepang. Seperti di Songgoriti, di pemandian ini terselip peninggalan bersejarah, yaitu beberapa goa peninggalan Jepang. (Saya belum pernah masuk, takut ular. Hehehe)
  5. Kuliner. Yang khas di pemandian air panas ini adalah tape beras ketan hitam. Bagi yang kebetulan sedang malas terjun ke air, air fermentasi (badheg) bisa menghangatkan tubuh untuk menghadapi dinginnya udara.
Denah Wisata Kota Batu
Cangar di hari Jumat pagi sepi dan jernih, nyaman sekali
Satu lagi yang saya ingin sarankan pada wisatawan: apabila bisa, sebaiknya berkunjung pada hari selain akhir pekan (weekend). Pada tempat wisata tertentu di Batu, harga akhir pekan (Minggu) berbeda dengan hari lainnya. Selain harga, gangguuan kenyamanan karena sesaknya pengunjung juga menjadi pertimbangan kita. Pernah suatu kali saya pergi ke Pemandian Cangar hari Minggu, dan waktu itu pengunjung penuh. Di kolam renangnya pun sesak, apalagi di kolam rendamnya. Saking penuhnya air yang seharusnya jernih menjadi keruh.  Tentu hal itu membuat kita merasa kurang nyaman.

Sekian, dan salam dari wong Mbatu :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into