Home » , , » Puncak Ekstase: Membahagiakan Orang Lain (Terjemahan Buku Langgar Surat #9: Ekstase)

Puncak Ekstase: Membahagiakan Orang Lain (Terjemahan Buku Langgar Surat #9: Ekstase)

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, March 19, 2013 | 11:25 AM

Terjemahan surat ketujuh ini saya copas dari terjemahan Ki Hadi Soedjanmo, seorang pelajar Kawruh Jiwa dari Madiun, di blog beliau yang nampaknya vakum: Pambahurekso KAWRUH JIWA
Sumber terjemahan yang Ki Hadi Soedjanmo adalah surat tulisan tangan oleh Ki Ageng Suryomentaram dalam “Buku Langgar”, tahun 1921, bahasa Jawa dalam aksara Jawa campur bahasa Belanda dalam aksara Latin (tidak seperti kopian Buku Langgar saya yang sudah terketik aksara latin). Posting terjemahan ini Ki Hadi buat pada hari Jumat, 7 Juli 2006.

Ki Hadi Soedjanmo
Terjemahan

EKSTASE

Karena saya tidak dapat datang ke Yogyakarta, saya disini akan melahirkan perasaan hati saya, mengenai tingkat-tingkat daripada Ekstase (perasaan senang karena lepas/keluar dari celaka).

Extase itu ada tiga tingkat:
  1. Extase Kawruh (pengetahuan)
  2. Extase kawruh itu merasakan kawruh pada bagaimana MAUnya, sudah tidak ragu-ragu lagi. Karenanya waktu tahu kemauannya berubah, tentu merasakan extase.( Senang karena melihat sang kemauan.)

  3. Extase Sih/Asih (kasih sayang) Extase asih itu, kalau butuhnya sendiri sudah cukup, lalu baru tahu pada orang lain. Kalau ketemu orang, bisa melihat kesulitannya, malah bisa jadi orang lain itu. Kemudian dapat membenarkan kesalahan-kesalahan orang lain itu. Artinya demikian: Apapun yang diperbuatnya,orang akan selalu celaka, karena bertindak atas sang karsa (kemauannya) itu celaka, tetapi tidak mengkhawatirkan.
    Karenanya, kalau sudah bisa mawas (menilai) pada orang semacam itu (yaitu celaka tetapi tidak mengkhawatirkan.), maka akan menyukai/ senang pada semua orang. Setiap kali bertemu dengan orang, seolah-olah ingin merangkul-rangkul serta mengucapkan : “Aduh-aduh, kok ada rupa makhluk yang bagus/cantiknya luar biasa”
    Kalau mengerti seperti diatas itu, pasti bias mengira-ira suka/senangnya seseorang merasakan extase sih (kasih saying). Yang disenangi/sukai hanya pada orang.
    Padahal setiap hari bertemu dengan orang. Meskipun misalnya matanya tertutup dan ada didalam air kolam dan sendirian pun, tetap ketemu dengan orang. Benarlah seperti yang diucapkan Sang Sidharta, demikian: ”Dahulu aku aku menangis hingga berair mata darah, sekarang aku hanya tertawa terus“. Karena semuanya tadi sudah baik serta lucu. Lagipula tidak mengkhawatirkan.
    Extase Kawruh itu lanjutnya akan menyebabkan tertawa terbahak-bahak. Sedangkan Extase Sih itu berlanjut dengan tenang, terkesan serius. Kalau bertemu orang seolah-olah ketemu pacarnya, malah kadang-kadang seperti menghadap raja. Setiap orang dianggap pujaannya, karena itulah yang menjadikannya bahagia. Maka orang yang bisa manjing (merasuk) kedalam orang lain, malah jadi orang lain itu, akan lepas dari neraka cela dan manjing ke sorga belas kasih. Itulah tempat para arhat (orang suci).
  4. Extase Kuwasa (kuasa) Extase kuwasa itu merasakannya , ketika tiap ketemu orang ketahuan bahwa celaka, serta sebab celakanya atau bagaimana mengobati celakanya. Semuanya tidak meragukan lagi. Obat celaka tadi memang ampuh betul. Orang yang begitu tadi tidak punya maksud lain, kecuali mebahagiakan orang lain, hingga bersumpah demikian : “Saya tidak akan pergi dari dunia ini, kalau masih ada orang yang celaka”. Kesediaan yang demikian itu menyobek kulit penutup mata, hingga membuat terlihat ,bahwa seluruh kekuatan yang ada diatas bumi dan dikolong langit ini semua membantunya. Semua menurut kepadanya. seperti halnya sirah munggeng ranu (kepala diatas badan), tetap Sri Krisna berkata: “Orang yang demikian itu diladeni semua manusia”. Rasa Extase seperti itu sudah tanpa batas. Baru menang berkelahi melawan satu orang saja sudah senang sekali. Padahal ini menang lawan semua yang berwujud, sampai raja-rajanya.

  5. Hanya sekian ocehan saya..

    T.t.d.
    S u r y o m e n t a r a m

    Sumber

    E X T A S E


    Sarehning kula boten saged dateng Ngayogya, kula wonten ing riki bade nglair raos-ing manah kula bab anda usuk-ing ekstase (raos kasenengan luwar saka cilaka).

    Ekstase punika wonten tigang pangkat:
    (1) ekstase kawruh, (2) sih, lan (3) kuwasa
    1. EKSTASE KAWRUH punika: ngraosaken kawruh dateng glutik-ing KARSA sampun boten kasamaran. Pramila sareng ngonangi dateng SANG KARSA ingkang malih warna temtu ngraosaken bungah, jalaran sumerep dateng Sang Karsa.
    2. EKSTASE SIH punika: yen BETAHIPUN PIYAMBAK sampun cekap, wasana lajeng sumerep TIYANG SANES menawi kepethuk tiyang saged angraosaken ruwet rentengipun, malah saged dados tiyng sanes, lajeng ngraosaken tiyang sanes, lir-ipun mekaten: SAPOLAH-POLAH-ing tiyang punika namung tansah cilaka. Awit dad-ing KARSA punika cilaka. Ing mongka boten matosi. Mila yen sampun saged dateng tiyang makaten, (inggih punika cilaka ananging boten matosi), Lajeng ketaman remen dateng sadaya tiyang,saben kepethuk tiyang kados ngrangkul-ngrangkula sarta ngucap makaten: "tobil, tobil, dene ana rerupan kok baguse ora jamak." Yen mangertos ing nginggil punika, temtu saged anginten-nginten kaos punapa bingahipun tiyang.
      Ingkang ngraosaken EKSTASE SIH.
      Ingkang dipun remeni namung tiyang.
      Ing mongka saben dinten kepethuk tiyang, kados ngrangkul-ngrangkula.
      Sanajan merem wonten ing senthonh ijen, mesti kepethuk tiyang,
      leres ngandikane Sang Sidharta, makaten: biyen anggonku nangis ngnti luhku metu getih, saiki aku mung ngguyu bae.
      Jalaran sadaya wau sampun sae tur lucu, sarta boten matosi.

      Yen ekstase kawruh,
      punika endemipun murugaken cekakan, angguyu.
      Dene ekstase sih,
      punika endemipun anteng semu wigati. Yen pinanggih tiyang kados pinanggih pacanganipun, tur Kanjeng Ratu.
      Saben tiyang ipun anggep pepundheninpun, awit punika ingkang damel begja.
      Mila tiyang ingkang saged manjing dateng tiyang sanes, malah dados tiyang sanes, luwar saking naraka pamoyok, manjing suwarga welas asih, inggih panggenanipun para Arhat.


    3. EKSTASE KUWASA punika:
      anggenipun ngraosaken nalika kepethuk saben tiyang sumerep, cilaka, lan sabab-ing cilaka sarta jampining cilaka. Sadaya wau sampun boten kasamaran.

      Jampi wau nalika katamakaken kepara yeektos, tiyang ingkang makaten wau boten gadah kajeng sanes kajawi "damel begja dateng liyan," saengga sumpah makaten: "akuoran neja lunga saka jagad, nek isih ana wong cilaka."
      Kasagahan ingkang makaten punika nyuwek seruping mripat, lajeng murugaken sumerep yen sadaya kekiyatan ingkang wonten SALUMAHING BUMI SAKUREBING LANGIT, sami ngrencangi dateng piyambakipun.
      sadaya wau manut dateng piyambakipun, kados dene sarang mungging ranu.
      Tetep pangandikanipun Sang Kresna: "wong kang mangkono iku diladeni dening saakeh-ing sidi.
      Raos-ing ekstase ingkang kados makaten wau sampung tanpa upami.
      Saweg kerengan mengsah tiyang satunggal kemawon sampun bingah sanget, ing mongka punika menang kaliyan sadaya ingkang maujud, sak pangeranipun pisan.
    4.  
        Namung samanten punika oceh kula.

        wg suryamentaram
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into