Home » » Arti Cinta Sejati

Arti Cinta Sejati

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, November 18, 2012 | 3:43 PM

SIH : Sih punika thukulipun yen sampun saged sirna ing pangaya-aya (panggayuh). Pangaya-aya punika lairipun wonten tigang prakawis,inggih punika :semat,drajad tuwin kramat. Dene pangaya-aya wau namung ndamel karisakan datheng pangupa jiwa. Sagedipun sirna saking pangaya-aya wau menawi sampun sumerep bilih kelampahana mboten murugaken beja (bingah sakjege),dene yen mboten kelampahan mboten murugaken cilaka (susah sakjege). Wujuding sih punika sedaya kekarepan tuwin pandamelan ingkang sarwo sepen ing pamrih ,inggih punika sedaya kekarepan ingkang remen andamel kabejan tiyang sanes. Tuwin saged sumerep bilih sedaya tiyang punika raosing gesangipun sami,inggih punika sami kanggenan bingah tuwin sisah.

Cinta itu muncul ketika sudah dapat menghilangkan cita-cita, obsesi, keinginan. Obsesi itu terlahir karena tiga perkara, yaitu: harta, kedudukan, dan rasa hormat. Sebenarnya obsesi itu hanya membuat kerusakan pada kebutuhan hidup. Bisa sirnanya obsesi adalah ketika sudah mengetahui bahwa ketercapaian sesuatu pun tidak akan membuat bahagia (bahagia sementara saja), kalaupun tidak terwujud juga tidak mengakibatkan celaka (susah hanya sementara) Wujud cinta itu adalah semua kehendak dan perbuatan yang sepi dalam pamrih, yaitu semua kehendak yang suka berbuat sesuatu demi kebahagiaan atau kesenangan orang lain. Begitu pula cinta akan terbit saat bisa mengetahui bahwa apa yang dirasa oleh orang dalam hidup ini semua sama, mengalami kesusahan dan kebahagiaan.

Kondang Sarwoedi
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into