Home » » Kebab, Fastfood Lezat Masakan Khas Timur Tengah

Kebab, Fastfood Lezat Masakan Khas Timur Tengah

Diceritakan oleh Gugun Ekalaya pada Saturday, November 3, 2007 | 11:57 PM

Fastfood itu nggak sehat. Saya sih tahu. Saya mungkin bisa nggak suka sama burger, hotdog dan sandwich yang bikin eneg itu. Tapi mana bisa saya nggak suka Kebab?

Kebab termasuk salah satu jenis fastfood. Ia terbuat dari daging sapi, roti, selada, bawang bombay, tomat, mentimun, mayonaise dan saus pedas. Sepintas Kebab memang mirip burger. Bedanya roti yang digunakan dan daging isiannya. Roti untuk Kebab adalah roti khas Timur Tengah yang berbentuk lembaran bundar. Kalau saya tidak salah tebak roti ini terbuat dari gandum. Saya belum tahu persis, hanya menebak dari rasanya. Sedangkan dagingnya adalah daging sapi cincang yang digumpalkan dalam alat pemanggang khusus. Pemanggang itu terus diputar supaya kematangan dagingnya merata. Jika ada pembeli, daging itu disayat tipis-tipis lalu digulung dalam roti bersama selada, mentimun, bawang bombay dan tomat. Tak lupa disiramkan mayonaise dan saus pedas. Yang terakhir, kebab itu digoreng sebentar memakai sedikit mentega dalam wajan datar.

Kebab Turki
Kebab, fastfood yang saya gandrungi
Nah, selesai sudah! Kebab siap dinikmati. Mudah dan cepat sekali membuat Kebab. Tak perlu menunggu lama. Namanya juga fastfood. Saya begitu tergila-gila sama Kebab ini! Padahal kalau terlalu banyak makan tak baik buat kesehatan. Saya tahu betapa banyak lemak yang dikandungnya. Tapi...yah mana tahaaaaan! Apalagi kalau sedang stress. Saya bisa habis tiga gelondong sekaligus.

Rasanya gurih mirip sandwich, burger dan sebangsanya. Hanya saja Kebab tidak eneg. Dagingnya begitu enak. Irisannya tipis-tipis padat. Terselip bersama sayur-sayurnya yang terbalut oleh lembutnya roti ala Timur Tengah yang khas. Begitu digigit...kresss. Rotinya terasa passs! Dagingnya terasa nyasss! Makanya saya kalau makan Kebab maunya nambah terus.  Biasanya saya memesan dengan tambahan telur dadar dan keju. Hmmm....nikmaaat. Lepas deh stress saya! Nyammm...kebabkebabkebabkebabbbb....

Peringatan penulis!

Imbangi makan Kebab dengan mengkonsumsi sayuran segar, banyak pecicilan dan banyak kerja. Penting untuk mencegah penumpukan lemak. Kalau lemak menumpuk dan anda sakit-sakitan bukan salah Kebabnya lho! Oh iya...minuman yang cocok untuk teman Kebab adalah Es Jeruk.

Jogja, 03 November 2007  
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into