Home » , » Cara Menghapus Link Tags dan Categores Wordpress yang Diindex di Halaman Google

Cara Menghapus Link Tags dan Categores Wordpress yang Diindex di Halaman Google

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, June 5, 2015 | 7:02 AM

Lama berkutat di Blogspot, saya lama-kelamaan tertarik juga untuk belajar Wordpress. Membuat blog dengan CMS Wordpress ternyata lebih rumit. Tingkatnya mungkin sudah lanjut, jadi sebenarnya tidak cocok bagi saya. Contohnya saja, sekarang saya mengalami masalah yang lumayan parah, yaitu: tiga halaman pencarian Google penuh dengan link dari blog Wordpress saya. Hal itu terjadi karena robot Google merayapi seluruh pedalaman blog tersebut, termasuk search, page, tags, categories, dan sebagainya (saya sendiri tidak tahu seberapa dalam Google melakukan Index).

Index yang seperti itu seharusnya dihindari, karena termasuk Duplicate Content yang tidak diperbolehkan oleh Google. Memang saya bisa membayangkan, seperti apa reaksi pengguna mesin pencari yang mendapati seluruh hasil pencarian dipenuhi dengan link blog saya. Segera saja saya mencari solusinya.

Melakukan Blok Index Google dengan Robot.txt

Cara ini membuat robot Google tidak akan melakukan crawl di blog atau web kita. Dengan perintah sederhana seperti disallow atau allow, robot pencari tak berani lagi "mengobok-obok" jeroan web. Segera saja saya pasang file robot.txt dengan beberapa perintah yang melarang index pada File Manager saya via cPanel.

Menambahkan Metatags No-Index di Header.php

Untuk melarang robot Google mengindex Categories, Tags, Page Search, dan sebagainya, dapat kita pakai metatags. Cara ini pun cukup mudah. Tinggal copy kode metatags yang dibutuhkan yang banyak tersedia di situs-situs tutorial lainnya, kemudian paste di pada kode header.php Wordpress.

Index di Hasil Pencarian Tidak Mau Hilang

Masalahnya, kedua cara di atas tidak tepat jika dijadikan solusi terhadap masalah saya di atas. Kedua cara tersebut akan baik bila dilakukan pada awal kita membuat blog. Dalam setting awalnya, sebuah blog tentu saja belum terindeks oleh Google. 

Dalam kasus saya di atas, seluruh isi blog saya sudah terindex oleh Google, termasuk tags dan categories. Dengan memasang robot.txt yang melarang mengindex tags, Google tidak lagi merayapinya. Di sisi lain, link-link yang sudah terindex tetap ada dalam arsip pencarian Google. Ini membuat link-link blog yang telah telanjur terindex tetap saja berada di halaman pencarian, sehingga tidak menyelesaikan masalah Duplicate Content. Oleh karena itu, kita perlu menghapus semua link tags dan categories yang ada di sana.

Menghapus Tags dan Categories Wordpress yang Sudah Terindex di Halaman Pencarian Google

Caranya ternyata mudah. Yang perlu kita lakukan adalah:
  1. Masuk ke Webmaster Tools. 
  2. Klik link nama situs yang link Tags dan Categories-nya akan kita hapus.
  3. Pada menu bagian kiri, pilih Google Index. lalu klik Remove URLs
  4. Klik tombol Create A New Removal Request.
  5. Untuk menghapus link index tags di hasil pencarian Google,  ketikkan /tag/.
  6. Untuk menghapus link index tags di hasil pencarian Google,  ketikkan /categories/.
  7. Klik Continue, hingga muncul URL: http://www.namadomain.com/tags/ yang akan kita hapus, dan tiga pilihan alasan/Reason berikut:
    • Remove page from search result and cache
    • Remove page from cache only
    • Remove directory
  8. Pilih Remove directories, kemudian klik Submit request.
menghapus tag dari pencarian
Cara melakukan permintaan penghapusan tag Wordpress dari hasil pencarian Google
Selesai. Anda tinggal menunggu pending permintaan tersebut disetujui oleh Google. tidak sampai 24 jam, permintaan saya disetujui, tags dan categories yang ada di halaman pencarian sudah hilang. Demikianlah Cara Menghapus Link Tags dan Categores Wordpress yang Diindex di Halaman Google yang terbaik kita lakukan menurut pengalaman saya. Semoga bermanfaat!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into