Home » » Istilah Taktik Catur: Clearance

Istilah Taktik Catur: Clearance

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, May 22, 2015 | 8:41 AM

Kemarin Om Antok memposting tema clearance di grup FB Info Catur. Beliau memilih untuk mengadopsi istilah clearance karena susah mencari terjemahan yang pas. Dengan dua diagram contoh yang beliau sediakan, beliau berharap semua teman pecinta catur akan paham maknanya setelah memahami kedua contoh tersebut. 

Metode pengajaran seperti yang dilakukan Om Antok di atas merupakan metode deduktif, yaitu dari contoh-contoh yang ada pelajar berusaha menarik sebuah kesimpulan atau definisi sebuah tema. Metode belajar seperti inilah sebenarnya yang dilakukan oleh pemain-pemain alam. Mereka tidak pernah belajar opening atau pola tertentu, tapi seiring bertambahnya games yang mereka mainkan mereka akhirnya menemukan pola-polanya. Pelatih catur berharap sejak dini dapat menemukan bakat-bakat alam seperti itu. Harapannya akan lebih mudah melatihnya, tinggal memberikan sentuhan-sentuhan teori-teori. Pilihan juga sih, mana suka saja.

Arti Kata Clearance dalam Catur

Namun, rupanya sebagian teman-teman yang tidak bisa bahasa Inggris meminta artinya dalam bahasa Indonesia. Ok, kita ambil contoh diagram 1 Om Antok yang lebih gampang dan telah terpecahkan. Diagram ini diambil dari buku Middle Games-nya Laszlo Polgar, diagram 271 halaman 64. Cari langkah clearance untuk hitam yang giliran melangkah:

Latihan mencari langkah clearance (Laszlo Polgar, Middle Games)
Latihan mencari langkah clearance (Laszlo Polgar, Middle Games)

1. .... b3!
2. axb3 Kd4

Langkah pertama itulah yg disebut clearance. Sebagaimana langkah 1 tersebut, clearance adalah salah satu taktik dalam catur. Taktik clearance mencakup dua hal berikut ini:
  • Membersihkan jalan penyerangan (petak, diagonal, lajur, baris) yang terhalangi, baik oleh buah sendiri maupun buah lawan
  • Membuka space/ruang untuk penyerangan
Berdasarkan cakupannya di atas tersebut, saya suka mendefinisikan clearance ini sebagai "taktik mensterilkan jalan", membersihkan ruang atau jalur penyerangan yang terhalang, baik oleh buah catur sendiri maupun buah lawan .... Maka alasan Om Antok tidak menerjemahkan istilah clearance menurut saya bisa dipahami, karena memang istilah clearance dalam catur memilik cakupan yang luas sebagaimana definisi di atas.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into