Home » » 3 Tips Menghangatkan Tubuh untuk Mengatasi Meriang Kena Flu

3 Tips Menghangatkan Tubuh untuk Mengatasi Meriang Kena Flu

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Saturday, February 21, 2015 | 9:37 PM

Dua hari ini saya terserang flu. Efeknya tentu saja saya merasakan sakit-sakit di sekitar persendian seluruh tulang. Pilek mulai mengalir. Hidung sangat tidak nyaman. Di hari kedua ini, saya terpaksa rehat. Badan sakit meriang. Batuk mulai menyertai akibat dahak yang mau tidak mau tertelan, terlebih khususnya adalah yang tidak sengaja tertelan saat tidur.

Obat Flu

Sepengetahuan saya, influenza datang dari virus yang sangat kebal, bisa bermutasi jika diobati. Obat yang beredar adalah untuk meredakan gejala penyakit ini saja, seperti yang saya sebutkan di atas, batuk, panas, demam atau meriang, tenggorokan nyeri, rasa tidak nyaman sakit semua di persendian. Di sini saya akan berbagi cerita tips saya pribadi yang selama ini saya lakukan untuk mengatasi meriang akibat kena flu.

Suntik vaksin flu kadang dilakukan untuk pencegahan terutama pada anak (ilustrasi: gstatic.com)

Menghangatkan Tubuh dengan Selimut Tebal

Tips ini saya dapatkan dari orangtua saya saat saya sakit waktu kecil. Saat meriang karena flu atau sakit demam lain, saya selalu diselimuti dengan rapat. Saat badan terasa sakit semua, saya memakai selimut tebal, jaket, kemudian saya selubungkan ke seluruh tubuh dan berusaha tidur Tujuannya adalah untuk menghangatkan tubuh saya sampai dapat mengeluarkan keringat. Berdasarkan pengalaman saya, sakit yang saya alami akan mereda jika keringat bisa keluar.

Menghangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman


Minum minuman hangat seperti teh hangat, jahe, bajigur, bandrek, atau ronde. Makan sup panas seperti soto ayam, sup daging, rawon, dan sebagainya. Tujuannya sama, yaitu menghangatkan tubuh kita dan mengeluarkan keringat dari tubuh kita. Entah apa sebabnya, jika tubuh saya hangat, rasanya sakit kena flu lebih terasa menjadi ringan. 

Menghangatkan Tubuh dengan Menonton Video Lucu

Pengalaman yang satu ini baru saja saya temukan secara tidak sengaja beberapa waktu lalu terakhir saya sakit flu. Karena sudah istirahat dan tidur cukup, saya tak bisa tidur lagi. Hal itu saya manfaatkan untuk menonton video lucu. Hasilnya di luar dugaan, saat menonton video lucu yang membuat saya terpingkal-pingkal, keringat keluar banyak dari tubuh saya. Dan rasanya sakit meriang saya menjadi jauh lebih ringan.

Itulah tips singkat yang bisa saya berikan. Selalu jaga kondisi tubuh dengan olah raga teratur, menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan, dan membiasakan cuci tangan dengan sabun setelah memegang barang yang rentan penyakit flu karena virus flu bisa dibersihkan dengan sabun.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into