Home » , » AMBER Alerts, Pengguna Facebook Dapat Membantu Menemukan Anak Hilang

AMBER Alerts, Pengguna Facebook Dapat Membantu Menemukan Anak Hilang

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Thursday, January 15, 2015 | 1:07 PM

Selasa (13/01/2015), Facebook mengumumkan kerjasama sama dengan Lembaga Nasional Penanganan Anak Hilang dan Tereksploitasi Amerika Serikat (NCMEC) untuk mengirim sebuah sinyal AMBER Alerts pada para smartphone dan computer pengguna Facebook untuk membantu menemukan anak hilang.

Informasi publik dalam sebuah Amber Alert terdiri dari nama dan deskripsi korban, deskripsi tersangka penculik, deskripsi dan nomor polisi mobil yang digunakan tersangka jika ada. Saat seorang anak dinyatakan hilang, pihak berwenang akan menentukan ring wilayah pencarian, kemudian NCMEC segera mengeluarkan sinyal siaga dan mengirimkannya ke akun para pengguna Facebook yang berada di wilayah target pencarian korban. Sinyal siaga tersebut akan otomatis muncul pada News Feed Facebook tanpa memicu notifikasi HP pengguna ( Sebelumnya, notifikasi AMBER Alerts di HP sempat menggusarkan warga New York karena telah membangunkan mereka pukul 04.00 pagi dengan pemberitahuan diculiknya seorang anak oleh ibunya dari sebuah panti asuhan). Sinyal ini juga dapat disebarkan ke teman-teman Facebook lainnya dengan tautan langsung ke poster si anak yang hilang. Poster ini memiliki informasi mutakhir tentang kasus yang disebarkan tersebut. 

AMBER Alert di News Feed Facebook
AMBER Alert otomatis muncul pada News Feed pengguna FB di wilayah pencarian anak hilang
Tanggal peluncuran program AMBER Alerts yang dilakukan Facebook ini bertepatan dengan  tanggal penculikan Amber Hagerman, anak usia sembilan tahun yang namanya diambil untuk program ini. Pada tahun 1996, Amber telah diculik dan dibunuh di Arlington, Texas, Amerika Serikat. Selain untuk mengenang gadis tersebut, AMBER juga merupakan singkatan dari America’s Missing: Broadcast Emergency Response.

Sebelumnya, Amber Alerts disebarkan melalui stasiun radio, internet, satelit, TV, email, dan SMS. AMBER Alerts juga telah menggandeng Google dan Bing untuk menyebarkan informasi anak hilang. Warga Amerika Serikat yang menggunakan Google Search atau Google akan otomatis menerima sinyal Amber Alerts. Mereka akan menerimanya jika mereka mencari informasi yang berhubungan dengan lokasi tempat penculikan anak dan lokasi  tempat sinyal tersebut dikeluarkan.

Program ini telah terbukti dapat sukses dan bermanfaat dalam menyelesaikan beberapa kasus anak hilang. Pada tahun 2014, seorang anak usia 11 tahun dapat ditemukan dengan selamat setelah seorang pemilik motel mengenalinya dari AMBER Alerts yang telah dishare temannya di FAcebook. Pemilik motel tersebut kemudian menelepon polisi, dan si anak ditemukan dalam keadaan selamat. Sejak peluncurannya pada 1996, 725 anak terselamatkan sebagai hasil langsung AMBER Alerts. 

Sekitar 3 dari 4 orang dewasa di Amerika Serikat menggunakan Facebook. Tujuan Facebook meluncurkan program ini adalah membuat sistem penanganan dengan sinyal yang cepat sampai pada orang-orang yang berada di area terbaik yang dapat menolong pada jam-jam pertama kejadian yang merupakan waktu kritis kasus anak hilang. Facebook berharap dengan sistem pengiriman sinyal yang baru ini akan meningkatkan jumlah anak yang dapat diselamatkan dan menyatukan kembali lebih banyak keluarga.
.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into