Home » , , » Masalah Koneksi LCD Projector ke Laptop: Tayangan Presentasi Hanya Tampil Wallpaper

Masalah Koneksi LCD Projector ke Laptop: Tayangan Presentasi Hanya Tampil Wallpaper

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, November 4, 2014 | 11:18 AM

Sering mendampingi para narasumber pendidikan dan pelatihan di dalam membuat saya belajar untuk mengatasi kendala teknis yang dihadapi oleh para narasumber berkaitan dengan presentasi di depan kelas. Salah satu masalah yang sering dialami adalah masalah konektivitas LCD Projector ke laptop saat akan membuka presentasi Power Point. Seperti pagi ini, narasumber yang ada di kelas saya, Pak Supriadi dari SD Muhammadiyah 4 Malang menjumpai permasalahan tayangan atau presentasi beliau tidak bisa tampil di layar. Di laptop beliau, file presentasi sudah dibuka dan di-SHOW, namun yang tampil di layar hanya wallpaper laptop saja. Untuk mengatasinya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengapa Tayangan Presentasi Hanya Tampil Wallpaper

Tayangan di layar presentasi Anda hanya menampilkan wallpaper atau desktop? Ternyata ini bukanlah masalah dalam Windows. Sebaliknya, justru itu merupakan salah satu solusi dari OS satu ini, yaitu fungsi penggandaan display (Multiple Display) dalam rangka koneksi laptop ke LCD Projector untuk presentasi. Perlu Anda ketahui, konektivitas LCD Projector ke laptop pada OS Windows memiliki empat opsi dengan fungsinya masing-masing, yaitu:

koneksi LCD Projector ke laptop
Opsi koneksi LCD Projector ke laptop
  1. Computer Only (jika opsi lain sedang ON, Anda akan menemukan opsi ini menjadi Disconnect Projector). Opsi ini menampilkan hanya pada laptop atau komputer kita, sedangkan yang ada di layar akan dimatikan. Pilih opsi ini apabila Anda tidak menginginkan menayangkan apapun ke audience atau peserta didik, tanpa harus mematikan LCD Projector. 
  2. Duplicate. Fungsinya untuk menggandakan apa yang ada di laptop sama persis dengan yang ada di tayangan presentasi. Anda akan menggunakan ini saat Anda ingin melakukan presentasi atau menayangkan apa yang ada di laptop. 
  3. Extend. Opsi ini akan menampilkan secara berbeda antara apa yang ada di laptop dan apa yang ditayangkan di layar. Ini berguna untuk privasi Anda saat membuka file-file dalam laptop Anda tanpa harus diketahui audience di tayangan layar proyektor. Saat fungsi ini ON, yang ada pada tayangan layar hanya desktop atau wallpaper saja. Exteng inilah fungsi yang tengah berjalan pada setting laptop Pak Priadi. 
  4. Projector Only. Opsi ini akan membuat layar laptop Anda mati tapi menayangkan isinya pada tayangan layar saja, sehingga Anda bisa melihatnya di sana termasuk bila ingin menghidupkan kembali layar laptop Anda dengan cara mengganti fungsi ini dengan fungsi lain. 

Cara Memilih Opsi Koneksi Laptop ke LCD Projector

Lalu bagaimana mengakses opsi-opsi Konektivitas laptop Anda ke LCD Projector? Ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu sebagai berikut:

via Screen Resolution

  1. Pada desktop, klik kanan dan pilih Screen Resolution.

    Screen resolution laptop
    Screen resolution laptop
  2. Anda akan menemukan menu Multiple Displays yang fungsinya pada dasarnya sama dengan keempat fungsi di atas, yaitu: Duplicate these displays, Extend these displays, Show desktop only on 1, Show desktop only on 2. Jika Anda menginginkan tayangan selalu menampilkan otomatis apa yang Anda buka di laptop setiap kali presentasi, Anda perlu memilih opsi Duplicate these displays, lalu klik tombol Apply dan OK. Jika menginginkan tayangan menampilkan berbeda dengan apa yang di laptop, pilih yang Extend these displays, lalu klik tombol Apply dan OK.
mengganti opsi koneksi LCD Projector ke laptop
Anda dapat menggunakan kedua menu di atas (tanda panah) untuk mengganti opsi koneksi LCD Projector ke laptop

via Connect to A Projector

  1. Pada desktop, klik kanan dan pilih Screen Resolution.
  2. Klik link Connect to a projector, maka Anda akan melihat keempat opsi koneksi tersebut di atas. Klik dengan mouse untuk memilih opsinya.
Koneksi ke LCD Projector ini juga bisa Anda akses melalui tombol shorcut-nya pada keyboard, yaitu dengan menekan tombol Windows + P.

tombol-windows-keyboard
Tombol Windows pada keyboard

Demikian masalah presentasi hari ini dapat saya atasi. Mudah-mudahan cara ini bermanfaat pula bagi para pembaca blog +Tukar Cerita. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into