Home » , » Cara Menghitung Ukuran Inci Lebar Layar Tablet atau Smartphone

Cara Menghitung Ukuran Inci Lebar Layar Tablet atau Smartphone

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Monday, January 6, 2014 | 9:53 AM

Pagi ini teman sekantor mampir ke ruangan saya. Rupanya beliau berencana membeli tablet, dan ingin mengetahui tentang ukuran layar HP. Saya memberikan contoh HP K860 yang memiliki ukuran 5 inci.  

Beliau mengambil penggaris dan mengukur panjang dan lebar HP tersebut. Tetapi setelah mengukur panjang dan lebar smartphone saya, beliau tidak menemukan ukuran yang cocok dengan ukuran resminya, yaitu 5 inci. 



Terbiasa menjajal templat blogger yang responsive, saya langsung mengasosiasikan lebar layar yang biasa saya lihat di www.responsinator.com dan mengatakan, "Lebar layar tidak seperti itu, kalau tidak salah hasil dari perkalian, berapa piksel kali berapa piksel. Misal K860 ini 1280 x 720." 

Saat beliau menanyakan darimana piksel bisa berubah menjadi inci, saya tidak dapat menjawabnya, hehehe. Sementara beliau terus berusaha mencocok-cocokkan ukuran layar smartphone K860 memakai penggaris, saya mencari cara mengukur inci yang tepat di Google Image (biasanya vendor HP memberikan gambar yang tepat untuk sebuah HP). Akhirnya kami temukan jawabannya.

Dimensi Smartphone atau Tablet

Kami mendapati bahwa yang sedang diukur teman saya adalah dimensi smartphone yaitu panjang, lebar, dan tebalnya yang umumnya dinyatakan dengan satuan ukuran mm, dan bukan lebar layar. Setelah beliau ukur, saya mencocokkan dengan brosur resminya di SINI dan kami temukan ukuran dimensinya cocok, yaitu panjang kali lebar kali tebal = 143 mm x 74 mm x 95 mm.

Resolusi Layar: Dimensi Piksel vs Kepadatan Piksel

Piksel yang saya sebutkan di atas ternyata adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis. 1280 x 720 resolusi layar. Istilah resolusi di sini sebenarnya salah kaprah karena menghitung jumlah pixel dalam setiap dimensi, yaitu dimensi piksel (misalnya dimensi piksel HP di atas adalah 1280 piksel x 720 piksel). Dimensi piksel sebenarnya yang tidak memberitahukan apapun tentang resolusi layar pada gambar yang sebenarnya terbentuk. Resolusi yang benar mengacu pada kepadatan piksel, jumlah piksel per satuan jarak atau area (untuk layar biasanya dinyatakan dengan satuan inci), bukanlah jumlah total piksel. Ukuran resolusi layar ini kemudian disingkat ppi (pixels per inch). Kepadatan piksel Lenovo K860 disebutkan 294 ppi.


Lebar Layar Tablet atau Smartphone

Lalu darimana lebar layar 5 inci itu? Bagaimana mengukur layar smartphone? Itu pertanyaan yang sedari awal ingin kami jawab. Ternyata jawabannya gampang sekali: lebar smartphone yang biasa dinyatakan dengan satuan inci itu diukur dari diagonal layar.

Lebar layar smartphone K860
Lebar layar smartphone K860: 5 inci
Ternyata gampang sekali ya mengetahui lebar layar smartphone, sekali ukur dengan penggaris langsung didapatkan ukuran lebarnya. Sekian +Tukar Cerita kali ini. Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, silakan share cerita ini dengan menge-klik tombol share Facebook, kasih + pada Google, atau jempol saja. Terima kasih sebelumnya. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into