Home » , » Cara Mengatas Sinyal Mati Saat Layar Android Terkunci

Cara Mengatas Sinyal Mati Saat Layar Android Terkunci

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, January 29, 2014 | 9:37 AM

Barusan iseng buka Other messages. Weleh, ternyata banyak pertanyaan dari orang yang tidak ada dalam daftar pertemanan saya. Kapan munculnya kok tidak ada notifikasi? Sebagian malah tertanggal beberapa bulan seperti pertanyaan dari Pak Lukmanulhakim Abdullah berikut: 

"Mas. Android saya merek Cina Aggpadz 3gd. Kalau HP Android saya terkunci sinyal Androidnya ikut mati. Bagaimana nie mas,,tolong,,thnk"

Sinyal HP mati saat layar terkunci
Sinyal HP mati saat layar terkunci
Ini sudah terjadi pada beberapa teman yang mempunyai HP Android, termasuk saya. Bagi kita khususnya yang memakai data internet mobile atau memakai kartu sebagai koneksi internetnya, akan mudah merasakannya karena tentunya akan berdampak pada aplikasi-aplikasi online yang kita pakai pada HP kita semisal: WhatsApp, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Ketika sinyal mati, tentunya kita tidak bisa menerima update data semisal pesan atau chatting dari semua aplikasi tersebut. Berikut ini solusi +Tukar Cerita untuk mengatur supaya sinyal tidak mati saat layar HP dalam kondisi terkunci/Locked (standby mode).


Mengapa Sinyal HP Mati Saat Layar Terkunci?

Setting Layar Locked pada Easy Battery Saver Android
Fitur Lock & Unlocked
Easy Battery Saver
Apabila sinyal HP mati saat layar terkunci atau screen locked, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, HP Anda telah Anda Setting Energy Savingnya (penyimpanan tenaga) semisal fitur Power Saver atau memakai aplikasi power management Android semisal Battery Power Saver, Easy Battery Saver lan lain-lain. Aplikasi pengatur daya tahan baterai semacam ini mempunyai opsi-opsi mematikan sinyal ketika HP dalam kondisi standby/ayar terkunci, locked atau off.  Jika Anda memakai aplikasi semacam ini, cobalah Anda kenali dulu fitur apasaja yang ada pada  aplikasi tersebut.

Easy Battery Saver

Ini adalah salah satu aplikasi power saver gratis di Android. Jika Anda memakai aplikasi ini, fitur yang memanfaatkan Screen Off/Locked terdapat di tab bagian bawah:

Optimization > Advanced Customized Mode > General Control lalu pilih Lock & Unlock
Fitur Lock dan Unlock inilah yang berfungsi memonitor keadaan layar Anda, terkunci atau tidak. Jika layar dalam keadaan terkunci, maka fitur ini akan menghidupkan dan mematikan jaringan pada interval tertentu ketika layar dalam keadaan terkunci. Jadi pastikan Anda tidak memakai fitur aplikasi Easy Battery Power ini.


Setting layar off pada GO Power Master
Aplikasi ini juga salah satu aplikasi power management yang banyak dipakai pengguna Android. Fitur GO Power Master yang berhubungan dengan layar terdapat di tab bagian atas SMART.

Pada tab itu terdapat pilihan Network Off When Screen Off. Pastikan Anda tidak menghidupkan salah satu jaringan Mobile Data.

Network Mode

Jika Anda tidak memakai aplikasi-aplikasi power management seperti di atas, lanjutkan ke langkah kedua ini, yaitu mengatur Network Mode/Mode Jaringan.

Yang perlu Anda lakukan untuk mencegah matinya sinyal saat layar terkunci adalah melakukan setting pilihan jenis jaringan koneksi kartu data yang sesuai dengan daerah Anda.


setting jaringan data kartu
Setting jaringan data kartu
Pilih Koneksi Data dengan langkah:
Menu > Settings > Data Connection > Network Mode  (English)
Menu > Pengaturan > Sambungan > Mode Jaringan (Bahasa Indonesia)

Di situ nanti ada pilihan:
  • WCDMA Only (Hanya WCDMA)
  • GSM Only (Hanya GSM)
  • Opsi pertama WCDMA (first option WCDMA)
Seperti kita ketahui, kekuatan sinyal suatu operator tergantung pada jauh dekat BTS atau coverage sinyal. Daerah yang satu mungkin memiliki sinyal lebih kuat daripada daerah lain. Oleh karena itu pastikan dulu apa jaringan koneksi yang kuat paling stabil di daerah Anda, apakah GSM, CDMA, WCDMA. Jika yang kuat adalah jaringan GSM atau 2G, maka sebaiknya Anda pilih GSM only. Tapi jika di daerah Anda sinyal WCDMA atau 3G memang sudah kuat, Anda bisa pilih WCDMA only. Opsi ketiga memprioritaskan jaringan 3G dulu, baru kalau tidak ada diganti dengan GSM atau 2G.

Ketiga opsi di atas kadang membuat kita kehilangan sinyal, khususnya apabila kita masuk ke daerah yang tidak mempunyai/lemah jaringan yang telah pilih di HP. Oleh karena itu, pilih dengan bijak sesuai kemampuan daerah Anda. Jangan memaksakan koneksi 3G jika daerah Anda belum kuat sinyalnya, karena itu namanya nafsu besar tenaga nggak ada. :p

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Komentar
2 Komentar
Komentar

2 Komentar:

  1. Mas saya pakai aplikasi du battery, dan saya setting sep pembahasan di atas, tp saat saya uninstall tetep saja saat mode stanby notif nya ga muncul, saya coba install ulang settingan nya ud keburu pakai coin agar bisa di aktifkan, bagaimana solusi nya mas? Please dan trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai koin, ribet banget. Pakai battery power saver yang lain saja, Mas. Yang simple. :D

      Delete

Translate This Page into