Home » » Cara Menampilkan Nama Contact Blackberry saat Panggilan Masuk

Cara Menampilkan Nama Contact Blackberry saat Panggilan Masuk

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, December 17, 2013 | 7:38 AM

Baru saja ada pertanyaan masuk ke admin via Facebook. Mas Abi Leonel Messi menanyakan bagaimana caranya hanya menampilkan nama saja pada saat panggilan masuk di HP Blackberry. Kemungkinan ID Penelepon tidak tampil juga pada saat panggilan masuk seperti kasus di Android yang telah saya posting di artikel pada artikel di artikel Cara Mengatasi Panggilan Masuk Hanya Tampil Nomor Telepon Saja. Panggilan yang masuk hanya menampilkan nomor saja.



Bagaimana cara menampilkan nama kontak panggilan BB
Bagaimana cara menampilkan nama penelepon BB?
Masalah yang sama ternyata juga dialami oleh para pengguna Blackberry, salah satunya Bu Uun teman sekantor saya. Ketika beliau menerima panggilan masuk, ID peneloponnya tidak muncul, kecuali nomor teleponnya, walapun sebenarnya pada buku contact Blackberry Z10-nya sudah memiliki nama dan nomor si penelepon.  Jika setiap panggilan yang masuk hanya keluar nomor, tentu saja kita bingung siapa yang sedang menelepon karena kita tidak mungkin dapat mengingat seluruh contact di HP kita. Uniknya, beberapa pemilik HP Blackberry mendapati hal itu hanya terjadi pada saat menerima panggilan, sedangkn pada Call Log (Log Panggilan) tetap tercatat nama peneleponnya.


Ada tiga cara yang mungkin bisa menyelesaikan masalah ini.
  1. Pastikan Anda telah mengatur kode negara Anda (country code) dengan cara: Phone Dialer Screen > Options > Smart dialing. Aturlah kode negara dengan format "+xx" (untuk Indonesia "+62"). Jangan memberi tanda '+' pada saat memasukkan nomor contact Anda di buku Contact.
  2. Masih pada tempat yang sama dengan Smart Dialing, ubahlah Jumlah Angka Nasional (National Numer Length) menjadi jumlah nomor di negara kita (beberapa negara memiliki kurang dari sepuluh angka sebagaimana yang  menjadi default di Blackberry). Jumlah angka maksimal adalah total digit dikurangi kode negara. (Kode negara tak perlu dihitung).
  3. Matikan "Content Protection" pada buku Alamat Contact Anda. Caranya: Options > Security > General Settings, lalu scroll ke bawah pilih Content Protection > Include Address Book pilih No. Jika tidak ada, coba dengan cara berikut: Options > Security > Encryption, lalu hilangkan tanda centang pada Include Contacts untuk mematikan enkripsi. Pada Address Book, tekan Menu > Filters, pastikan semua Filters tidak ada yang dicentang.
set kode negara Blackberry
Set kode negara BB (Foto: Lord Raj)
Cara ini berbeda tergantung OS BB tipe berapa. Cara ini bisa dipakai pada BB Bold 9930, mungkin settingnya berbeda pada BB terbaru. Pada BB Z10 cara pertama di atas adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi "Phone" app (bisa dengan memilih gambar telepon di bagian kiri bawah), scroll ke bawah, pilih Settings > Smart dialing.

Untuk BB Z10, operating system Blackberry 10, PR 291852, nampaknya belum ada cara untuk menyelesaikan masalah nama contact tidak tampil yang nampaknya terjadi apabila kita memasukkan kode negara pada nomor contact kita. Bagaimana kalau sementara pindah ke Android saja?
Bercanda kok, hehehe.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into