Home » » Persiapan Pelatihan Kurikulum 2013 untuk 2014: Pemetaan Sekolah Inti dan Calon Instruktur Nasional

Persiapan Pelatihan Kurikulum 2013 untuk 2014: Pemetaan Sekolah Inti dan Calon Instruktur Nasional

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, November 12, 2013 | 11:53 AM

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) tengah melakukan langkah-langkah persiapan pelatihan kurikulum 2013 untuk tahun depan. Dalam surat yang ditujukan kepada Kepala LPMP seluruh Indonesia, Kepala BPSDMPK dan PMP melalui Sekretaris BPSDMPK dan PMP, Dr. Abi Sujak, M.Sc., menginstruksikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Sesuai dengan kebijakan tahun anggaran 2014, pelatihan kurikulum 2013 bagi guru sasaran pada tahun 2014 akan dilaksanakan di sekolah inti/penyelenggara, sehingga untuk itu perlu dilakukan pemetaan (mapping) sekolah inti serta calon instruktur nasional di masing-masing provinsi.
  2. Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 untuk tahun anggaran 2014, perlu dukungan peran serta dari dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota setempat. Oleh karena itu, LPMP dalam hal ini perlu melakukan koordinasi dan melibatkan dinas pendidikan kabupaten/kota dalam membantu pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 tersebut.
  3. Kepala Seksi Data dan Informasi masing-masing LPMP hendaknya berperan aktif dalam melakukan kegiatan pemetaan (mapping) sekolah inti dan pengusulan calon instruktur nasional, dengan berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota setempat
  4. Data pemetaan sekolah inti dan pemilihan calon instruktur nasional harus di-entry dalam aplikasi yang telah dipersiapkan oleh Sekretariat BPSDMPK dan PMP dan telah disosialisasikan dalam pertemuan operator data LPMP dan dinas pendidikan kabupaten/kota. Data tersebut paling lambat diterima BPSDMPK dan PMP tanggal 25 November 2013.
  5. LPMP dihimbau untuk mengoptimalkan jaringan pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada di tingkat kecamatan dan kabupaten yang selama ini telah dibina oleh LPMP.
Mudah-mudahan dengan adanya persiapan dan instruksi dini ini, pelatihan kurikulum 2013 untuk tahun anggaran 2014 nanti bisa berjalan lebih lancar.
Pelatihan Kurikulum 2013 Guru IPS SMP
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
bagi Guru IPS SMP
Sudah siapkah teman-teman di LPMP dengan pemetaan sekolah inti dan calon instruktur nasional? Bagaimana dengan Bapak/Ibu guru inti di daerah, sudahkah diberdayakan dan diamanahi dinas pendidikan untuk mengawal Kurikulum 2013? Sila beri komentar Anda di bawah. :)

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into