Home » , » Apakah Corning Gorilla Glass Perlu Screen Protector?

Apakah Corning Gorilla Glass Perlu Screen Protector?

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, November 11, 2012 | 4:32 AM

Perlukah Smartphone dengan display Corning Gorilla Glass (Gorilla Glass pabrikan Corning) memakai screen protector yang anti gores (Anti Scratch)?

Pertanyaan ini sering diajukan di berbagai milis smartphone. Nanti di bawah saya akan ambil kesimpulan berdasarkan pertimbangan perlu atau tidaknya screen protector pada smartphone yang memakai Gorilla Glass, langsung saja simak beberapa pendapat teman kita dalam diskusi mereka di milis id-android berikut:

As subject... Yg pasti yg mana?  tadi kata penjual masih perlu anti gores... jadi bingung... mohon kepastian teman-teman nih...

Imad (Pengguna LG Optimus 2X) 
Di optimus 2X saya ngga perlu, Bro.

tergantung yang make/kita
kalo saya malah sudah dari awal Android, 2010 gak pernah pakai Anti Gores lagi, apalagi yang sudah type Anti Gores layar-nya, soalnya bagi saya (pribadi) sebagus apapun anti gores, tetap pengaruh ke responsive-nya layar sentuh. Nah, selama itu, fine-fine aja, gak penah pas saya pakai layar ke gores/baret, dan ya tentu....walau sudah type layar Anti Gores, gak menjamin juga, banyak saya menemukan layar pada baret-baret (ketika mau beli 2nd, terutama ygan dari luar) ....padahal jelas di spec ditulis layar Anti Gores. Jadi spt yang awal saya bilang, tergantung kebiasaan pemakaian kita :)

Antigores nggak seberapa. LCD kalo lecet tuker berapa ? Silakan menimbang sendiri ya.
Corning Gorilla Glass smartphone screen protector
Perlukah layar Corning Gorilla Glass smartphone Anda memakai screen protector?
Pertimbangan lain,  pakai anti gores saat berada di luar,  berasa gelap burem gitu...

Itu kan kalo pakai antispy atau antiglare..
Tergantung antigoresnya. Kalau yang clear seharusnya nggak efek

Mending begini, yang mau memakai...ya pakai saja, cuma saran sih pakai yang bagusan dikit lah, ya tentu agak mahal. Pernah ketemu beberapa kali org/temen yang memakai HH 5-6 jt-an, pas mau pake anti gores 200 ribu, mikir-mikir melulu....gak jadi. Nah, yang gak mau pakai juga gak apa-apa, tp kalo nanti baret.....ya jangan komplen --- baretnya kenapa, kalau ditaruh di kantong celana jeans bareng kunci, uang receh... ya gak usah ngomong. tapi... saya sudah bertahun-tahun, dan beberapa jenis HH...gak pakai Anti Gores gak pernah kegores tuh, hati-hati banget juga nggak seperti contoh saya taruh HH dengan layar menghadap kebawah seperti di meja kantor (kayu, kaca), lantai, fine-fine saja, kecuali untuk gosok-gosok kali ya......hahahaha

Herry Purnawan (Pengguna Nexus III?)
Tergantung pemakaian.
Kalau pede pakainya bener-bener saja dan ga masalah sih lebih baik tanpa anti gores. Karena anti gores malah lebih cepet kena gores daripada layar yang gorilla glass dan berakibat ga enak dilihat lagi tuh layarnya, masa gonta ganti anti gores terus-terusan :P

Mending antigores lecet daripada layar lecet toh ? Ha..ha..ha..ha..ha

Henry Tirtawidjaja (Pengguna Motorola Motodefy)
Yup, bagus nya sih pakai yang clear saja anti goresnya. Motodefy saya aja tiba-tiba kena gores padahal ga pernah taruh di kantong bersamaan dengan barang lain apalagi kunci. Better be safe daripada manyun nantinya ;)))

Selama ini pakai yang clear, gak pernah ada ngerasa beda sih. dan gak mengganggu sama sekali. Kecuali kalau anti glare. Burem klo yang itu

anti glare clear, hampir gak beda kinclongnya dgn tanpa antiglare.. cmiiw

Hwisiong
Setuju sama, Oom Andi
Hh android saya walau jelas-jelas sudah Corning Gorilla Glass, tetep saya pakaikan anti gores/screen guard. Masalah pengaruh ke respon layar sentuhnya, saya rasa ga berasa bedanya waktu sebelum dan sesudah dipasangkan anti gores (ini perasaan saya ya...). At least, dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak tuh yang hh-nya sudah Gorilla Glass tetep aja ada baret-baret halus. Kembali ke pribadi masing-masing saja. Kalo rasa sayang untuk invest di anti gores yg seharga 50-100ribu, ya tentu sayang juga :D
Salam

Selama gak pernah ditaruh di tas/kantong bareng kunci/koin/logam lainnya gak perlu ...

Suyandi Liyis (Pengguna Google Nexus 7)
Tergantung ada alokasi dana ata nggak...

Gorilla glass bisa baret juga kalo partikel nya kecil kaya pasir, tanah mungkin juga iya...

Nah....
Ternyata nggak sakti juga toh?  gorilla glass itu...?*iklannya digores pake martil kan?

Iklan motor bajaj juga ada yg bisa jadi robot macam transformer om, namanya juga iklan.

Ya kalo perangkatnya ga ada sertifikasi anti ini itu ya sepertinya tetep rawan yah :)

Balik ke kita, mau inves buat screen protector yang harganya mungkin gak sampe 10% dari harga HH, dengan konsekuensi misal tiap 3 bulan ganti screen guard, atau hati tenang tahu layar gak mudah gores, at least yg gores screen protectornya.
Klo saya, rela ngeluarin duit lebih buat screen guard, daripada nyesel layar kegores. toh SP masih lebih murah dari biaya langganan internet bulanan to.

Kalau mau gak kegores ya perlu... sudah dibahas berkali-kali kalau gorilla itu bukan kaca anti gores. Cmiiw

Alexander S (www.Lex-Store.net)
Betul. Afaik gorilla glass lebih tahan gores tapi bukan berati ga bisa tergores. Karena saya sudah melihat sendiri klo lcd one x bisa tergores. Regards

Setuju sama oom Amer, saya penganut pake screen protector dari dulu, daripada layar baret kepikiran terus mending pake sp biar gak senyaman nude...semahal apapun sebagus apapun screen protector,  jelas lebih nyaman tanpa pake screen protector,  Cuma siap gak sama resiko

Btw gorilla glass anti noda kah klo kena kotor or tinta or apa saja gitu?Klo saya agak khawatir saja..O iya btw hati-hati klo bawa pas di pantai.. konon katanya pasir pantai bs bikin gores layar gorilla..

Perlu. GG bukan bener2 anti gores. tp dia lebih tahan gores dr glass biasa. Goresnya biasanya gores halus/rambut.

Imho, untuk jaga2 aja...sometimes sh*t happens, Oom. Salam

Arif Budiman (Pengguna LG Optimus 4X HD)
Saya tetep pakai.
Alasannya untuk menghindari kerusakan karena hal-hal lain selain goresan, misal kena cat, spidol permanen, lem power glue, atau noda-noda lainnya. Berguna juga buat ngurangin pantulan sinar dan bekas sidik jari.

Tergantung kesukaan masing" bro. Kalau pecinta layar bebas tanpa hambatan, gak perlu pasang anti gores.Kalau takut layar baret, monggo dipasang anti gores.
@scorpy_lie

Tergantung kena k apa om.. kalo sekedar biasa.. pasti tahan.. kalo kena kunci tetap tergores.. bedain anti dengan tahan.. anti gores.. cuma anti tapi gak tahan.. beda dengan tahan gores.. bole d gesek" karena tahan kan..hehehehe.

Bara H. Putra (Pengguna iPad 1 dan 3, Samsung Galaxy Tab P1000)
Saya ada pake ipad 1 dan 3, samsung gtab p1000 dah setahunan. semua ga pake screen protector. Ga ada tanda goresan tuh sampe ni hari. Pertama-tama sih dipakein tapi lama-lama ga betah akhirnya saya buka dan ga pernah pake lagi.
Regards

Kalau hh nya mahal (>2jt) barang pasang aje bro, daripada nyesel :)

Meskipun judulnya gorilla glass masi bisa kegores om..bahkan masih bisa pecah..gorilla glass cm lebih kuat drpd kaca hape yg biasa..

tetap perlu, corning kingkong glass tsb bukan brrti gak bisa kegores. Cmiiw

Cok Prayogo (Pengguna HTC One-X)
Kalo saya masih perlu siy om, ya jaga2 aja. Pengalaman saya pernah soalnya ngalemin baret di htc one x saya, pdhl pemakaian sudah sangat hati2
Regards

Mohamad Cipto Pangestu (Pengguna Samsung Galaxy S) 
Pengalaman pake sgs walau udah gorilla ttep aja baret

Octafianus (Pengguna Samsung Galaxy S)
SGS 1 saya dari pertama launching sampe skrg ga dipakein anti gores masih mulus layarnya sampe skrg padahal dipake main terus sama anak saya umur 4 tahun udah gitu mainnya pake kuku lagi sempet kuatir kegores tapi ternyata ngga tuh
Setahu saya gorila glass nggak tahan baret halus seperti kena pasir silika
tapi tahan terhadap baret dalam seperti cutter, gunting, paku dll...
Antigores hanya untuk yang sayang barang aja..
Kalo gue sih sayang antigoresnya, jadi gak pernah pasang (⌒˛⌒)
Soalnya henpon-nya touchscreen, bukan touch screenguard

Handoyo (Pengguna HTC Droid Incredible 1, Samsung Fascinate, Motorola Droid RAZR Maxx)
Sama hahaha.
sejak incredible 1, fascinate, droid razr maxx semua bugil style (hehehehee) padahal incredible 1 bukan gorilla, tapi bahannya mirip saja kalau baca baca.
dan ada yang bilang kelemahan terbesar gorilla glass adalah lawan quartz sands yang mana banyak terkandung juga di pasir bangunan. padahal saya kerja typical kuli bangunan outdoor, tangan hampir selalu kotor oleh pasir, baik pasir dari keramik lantai ataupun dari pasir (ya pasir pasir untuk bangun rumah itu).
dan juga sekarang droid razr saya adalah satu satunya hp, baik untuk telepon, sms, messenger, dengar lagu, etc, so pasti intensitas penggunaan nya jauh lebih berat (elus elus melulu)
Tapi yang pasti saya selalu taruh Android saya di kantong yang terpisah (sejak zaman winmo sih sebenarnya) dari kunci, uang, dll
so far so good.

fyi :
pas liburan lebaran kemarin saya sempat memperhatikan gorilla glas lg l7 vs fascinate vs razr, ternyata berbeda beda texture nya.
Yang punya boleh di lihat, aku lihat ponsel high end gorilla glass nya berbeda dari ponsel middle atau low end, walaupun itu high end yang sudah uzur. cmiiw.

Irvan (Pengguna iPhone)
Ga usah.Biar gadget kita seperti apa adanya jati diri asli.

Alvin Kurniawan (Pengguna Motorola Droid RAZR MAxx) 
Droid Maxx LE Selalu pasang anti glare karena gak demen lihat bekas minyak nempel kalau abis nelpon

Gorilla juga makhluk hidup om.. bisa lecet.. hehehe...

Darma Suyoga (Pengguna HTC Evo 4G)
EVO4G Paling aman pakein yg clear...paling 50-100 ribu daripada kegores layarnya? :P

Anwar Thamrin (Pengguna Padfone)
Buatan manusia tidak ada yg sempurna. Lbh prefer layar baret or screen protnya yg baret? Mau handle with care juga namanya accident will happen.. sedia payung seblom hujan aja.
Regards

Adrianto G (Pengguna Samsung Nexus S 4G)
Intinya kembali ke masing2 pribadi dan kesukaan aja deh.
Kalo memang kerasa penting dan sayang barang dipasang aja SP nya.
Kalo berasa mengganggu, ga sensitif, ya ga usah dipasang SP nya.
Quote from Alm. Gusdur "gitu aja kok repot"
Btw saya pakai DHD dari Jan '11 sampai sekarang, ga pakai SP aman
terkendali, tidak ada baret 1 pun. Salam

setuju Om.
prinsipnya kayak rante/gembok pengaman motor aja. ada yg pasang karena pengen lebih aman, ada yg gak pasang karena pengen lebih nyaman (karena bawa rante ribet).
resiko masing2 kan udah dijelaskan sama rekan-rekan. tinggal om TS menentukan. :)

Ronny Fredila (Pengguna Galtab 10.1, iPhone, Xperia Arc dan HTC Radar)
Kalau saya, hanya pake antigores untuk HH yang jelas2 tidak mencantumkan Gorilla Glass atau Scratch Resistant (kayak Sony) di spec nya. Gak enak aja, berasa seret gitu di jari kalau ada antigores. Seperti di Galtab 10.1, iPhone, Xperia Arc dan HTC Radar, saya tidak pake.
Tapi kalau kayak BB, wajib pakai antigores karena layarnya plastik. Juga di Galtab 2, yg tidak mencantumkan Corning Gorilla Glass di spec nya.
Bagi saya, kombinasi antara kenyamanan dan keamanan sajalah.

Nguksgadget (Pemilik Toko Smartphone dan Tablet)
Selama buka toko, uda nemu macem2 gores :
- Motorola Defy
- Motorola Atrix
- Samsung Galaxy S
- Samsung Galaxy S 2
- LG Optimus 2X
- HTC Sensation XE

So far kalo tablet belum nemu, macam Acer Iconia, Motorola Xoom, Asus Transformer..
joantinus halim Tergantung penggunaan pak, saya sudah mengalami HH saya terjatuh dan lecet meskipun sudah didukung dgn gorilla glass. Utk lbh amannya pakai saja pak.
Regards

Rizki Pratama (Pengguna Galtab 10.1) 
Sejak galtab 10.1 saya baret sekarang nggak tanya tanya lagi pakai
pelindung apa nggak.

Ichsan (Pengguna HTC Wildfire S) 
HTC Wildfire S saya gak pernah pake sejak 1 tahun lalu. Dan gak ada baret, soalnya ditaro di sarung HP biar gak kesenggol ama kunci atau lainnya. Bagi saya, plastik pelindung kaca itu menganggu kenyamanan dan orisinalitas :D

Klo saya selalu menggunakan antiglare karena memang dikarenakan tangan yang berminyak mengurangi kenyamanan di touchscreen ☺

iya.... tp saat di bwh sinar matahari dia menghalangi..

Harga yang memang harus saya bayarkan daripada ngeliat pelangi di layar akibat terkena minyak☺ Biasanya brightness saya set auto djadi klo kena sinar masih (agak) terang ๏ђέђέђέђέ๏

Harry Fairuz (Pengguna Galaxy Nexus)
saya pake nillkin yang clear tapi anti fingerprint. gak ada pelanginya,
walaupun gak bener" anti finger print, tapi sangat mudah dibersihkan.

Gorilla glass kalau gak dipake terlalu ekstreme saya rasa gak perlu pakai anti gores lagi (pengalaman temen2 yg lain diatas yang bahkan gak gorilla tapi tetep gak pake anti-gores dan gak lecet, apalagi pake gorilla ^.^ )
Kecuali kayak sepuh2 bilang diatas, kalau sering dimasukkin kantong kuar masuk gak pake softcase, saya rasa perlu pake anti-gores, soalnya emank bener, kadang bisa tiba-tiba ada baret halus di gorilla glass yang kita gak duga.. (entah kena apa tuh layar)
Kalau cuma jari,konci, kancing dll emank gak akan bisa menggores GG..

Ahmad F.S (Pengguna HTC Evo 4G)
dulu kalo saya masih pake evo shift 4g, tanpa SG. dan iseng-iseng coba
gores pake pisau dan saya rasa aman-aman saja.. :p

Kesimpulan

Berdasarkan pertimbangan teman-teman di atas serta pengalaman saya sendiri, meski belum tentu benar, saya menganjurkan untuk melindungi Corning Gorilla Glass dengan screen protector terutama bila Anda tidak terlalu dapat menjaga kebersihan layar-nya dari partikel-partikel debu halus semacam kristal seperti yang disinyalir Mas Gaeta Susanto. Lenovo K860 yang saya pergunakan dan screen protector-nya dikelupas oleh anak saya sendiri saat dia pakai mainan, akhirnya mengalami goresan halus pada bagian pinggir dan pojok. Dengan demikian saya menyimpulkan, layar Gorilla Glass tidak anti-gores. Pengguna yang tidak telaten menjaga kebersihan layar seperti kami, saya sarankan memakai screen protector.
Update Selasa, 12 Maret 2013
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
13 Komentar
13 Komentar
Komentar

13 Komentar:

  1. Saya menyarankan memakai antigores Merk SGP buatan U.S selain kualitas terjamin antigores ini juga type clear sehingga hampir seakan-akan gak pake antigores karena tipis dan transparan banget. Untuk harga memang agak lumayan mahal yaitu sekitar Rp. 250.000.


    yang jual)

    ReplyDelete
  2. Gorilla glass tak setangguh yang dibayangkan. S3 saya jatuh dr kantung ke lantai semen yg sedikit berpasir... waktu diliat..... screen lecet.... padahal ketinggian jatuh kurang lebih cuma 1 meter. Alhasil... manyun....

    ReplyDelete
  3. Ternyata beda orang beda pengalaman ya :)

    Lebih baik pakai screen protector nampaknya, agar tidak kejadian seperti Mas Ari Irawan. :)

    ReplyDelete
  4. Hari ini saya mengalaminya sendiri. Gorilla Glass saya yang tanpa screen protector (gara-gara dikelupas oleh anak saya) mulai nampak goresan-goresan kecil.
    Jadi, saya sarankan tetap memakai pelindung screen protector.

    ReplyDelete
  5. Pengalaman saya ya dulu pertama pakai Nokia C7 ga pake anti gores dia kegores lembut kya rambut
    Sekarang pake Nokia Lumia 920 saya amati ternyata bisa gores jga padahal iklanya pake paku, palu bahkan d lindes mobil ga pa2.
    Saya coba beberapa kali pake kunci mobil emang ga gores tapi goresnya hanya karena sering di lap pakai KAIN padahal kainya halus banget bahkan saya coba pake micro fiber sama ja sering di lap jadi gores

    ReplyDelete
  6. @Mukhamad Sodik:

    Betul Pak Sodik. Saya mengambil kesimpulan serupa dengan Mas Gaeta Susanto dan kawan-kawan lain bahwa
    Gorilla Glass bisa baret karena partikel kecil semcam kristal di antara debu-debu halus. Gorilla Glas bukanlah anti-gores.

    ReplyDelete
  7. saya pake htc wildfire s dah 1 thn lebih tanpa antigores, ada 2 baret kecil karena cutter dan logam celana jeans. udah jatuh 7 x dgn posisi layar dibawah, terakhir jatuh dilantai berair tp msh ok aja. rugi rasanya beli hp mahal tp ditutupi antigores, kalo bb memang wajib krn materialnya murahan.

    ReplyDelete
  8. Dari rekomendasi dan pengalaman teman-teman di atas memang kenyataannya terjadi tergores termasuk punya Mas Zakky dan saya. Memang kalau responnya sih enak yang tidak pakai. Tapi beberapa teman merasa sayang walau goresannya tidak seberapa. :)

    ReplyDelete
  9. Saya pemakai SG S4 katanya udah GG3.pertama beli lgs tes pakai ujung sendok ternyata? GORES.Padahal tesnya pelan msh gores jg.bagi pemakai lama yg bilang gorila glass ga ada goresnya.coba matikan hh trus liat dibawah sinar matahari pasti keliatan garis2 halus kyk rambut.kLau diliat sekilas mmg ga keliatan jd dari pd manyun lebih baik pakai sp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali apa kata Bro/Sis Leman Orva. Saya baru sadar juga ketika saya pelototi layar untuk memeriksa kinclong tidaknya. Ternyata ada garis-garis rambut halus.
      Yang jadi masalah lagi ketika tidak pakai screen protector, kita akan terbiasa dgn layar responsif hingga ketika akhirnya suatu saat memutuskan memakainya menjadi kurang nyaman karena terganggu kecepatan responnya.
      Jadi saran saya kalau pakai mulai dari awal dan tak perlu coba-coba kenyamanan yang tanpa pelindung, ntar keterusan ngga pakai. Kalau saya ibaratkan spt orang ngga pakai kondom itu dah, kalau nggak pakai keenakan dan keterusan. Hahaha, malam2 bicarain pelindung. >.<

      Delete
  10. Disini saya mau bagi Pengalaman sedikit bang!, kebetulan saya punya SONY XPERIA SP (Including Gorilla Glass 2), Pas pertama saya beli dikasih SP yang murah, ga nyampe 2 minggu udah SCRATCH sana sini, jadi saya remove SP-nya, dengan rasa was2 tanpa SP, but everything ok. next penasaran dengan iklan, saya coba pake kunci, flashdisk (titanium),pemicu korek api (bagian yang diputar saat menghidupkan korek api gas), terus pake pisau (semua uji ditekan dengan kuat), saya lap, saya perhatikan sedetail2 mungkin, ternyata ada kaya bekas, tapi bukan goresan, ini semacam bekas jejak tekanan benda tajam, diusap sering2 ternyata hilang.
    kesimpulan saya, kalo GG2 udah bagus, apalagi GG3.., yang punya perlindungan lebih baik, secara menurut resource yang saya baca, GG3 hanya mengalami cedera 40% lebih ringan dibanding yang dialami GG2.

    dan overall kelemahannya batu2an, including pasir (debu termasuk kali), batu, dan ga termasuk batu ginjal. hehehe.

    kedepannya mungkin bakal ada Smartphone dengan SAPPHIRE GLASS, yang jauh lebih baik bahkan dari GG3, anti segala hal (Ga termasuk Anti Maling kali).


    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya Mas. Jadi kesimpulan menurut Mas gorilla glass tidak perlu screen protector?

      Delete

Translate This Page into