Home » » 10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum

10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum

Diceritakan oleh Unknown pada Monday, June 15, 2015 | 6:05 AM

10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum - Untuk suami-istri yang sudah menikah, kehamilan adalah saat yang dinanti-nanti. Bagi mereka yang sama sekali belum pernah hamil, mengenali tanda-tanda kehamilan mungkin saja sulit. Tanda-tanda kehamilan berikut ini bisa anda gunakan sebagai pengenal bila anda sudah hamil atau belum:

kehamilan, tanda-tanda kehamilan,

1. Menstruasi yang tak kunjung datang

Indikasi kehamilan yang terutama adalah menstruasi yang tak kunjung datang. Akan tetapi tak setiap datang bulan yang terlambat merupakan tanda kehamilan sebab diet, stres dan gangguan hormon pun bisa menyebabkan hal itu. Di samping itu, sejumlah wanita pun akan menderita spotting atau munculnya bercak darah.

2. Terjadinya flek

Terjadinya flek sebelum siklus haid selanjutnya yang seringnya dialami 8 hingga 10 hari sesudah pembuahan. Terjadinya pendarahan itu diakibatkan implantation bleeding, artinya terjadi penempelan embrio di dinding rahim. Terjadinya bercak darah ketika kehamilan kerap disalahtafsirkan merupakan tanda haid.

3. Terjadinya kram perut

Sesudah terjadi bercak darah lazimnya disertai kram perut yang berlangsung teratur. Kram perut ini berlangsung hingga memasuki trimester kedua.

4. Kerap kencing dan menderita sembelit

Janin yang ada dalam rahim berkembang dan mendesak kandung kemih, sekaligus lebih cepat dipenuhi urine dengan begitu frekuensi kencing pun meningkat.

5. Gampang capek

Pada fase permulaan kehamilan, biasanya wanita mudah menjadi lelah sebab tubuh tengah beradaptasi dengan hadirnya makhluk baru. Naiknya produksi hormon progesteron pun kerap dihubungkan dengan gejala ini di samping juga berkurangnya tingkat gula dalam darah.

6. Payudara membengkak

Timbulnya nyeri dan kesemutan pada payudara adalah indikasi awal kehamilan yang jamak. Pada kehamilan awal-awal, payudara akan berubah bentuk sebagai persiapan memproduksi ASI. Di samping payudara bengkak, warna aerola atau puting pun jadi makin gelap.

7. Bentuk tubuh berubah

Tidak cuma perut saja yang membuncit, akan tetapi beberapa bagian tubuh pun membengkak seperti daerah bokong, paha, dada dan lengan.

8. Munculnya mual di pagi hari

Pertanda kehamilan yang lazim lainnya yakni rasa mual yang disebabkan naiknya produksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Lonjakan produksi hormon ini bisa mengakibatkan perih di perut yang akibatnya bisa mengakibatkan mual. Mual akan mereda saat masa kehamilan mendekati trimester kedua. Di samping mual, biasanya juga lebih peka terhadap bau tertentu.

9. Mood yang naik turun

Perempuan hamil cenderung mempunyai suasana hati labil. Ada kalanya merasa gembira akan tetapi bisa juga sering marah tanpa sebab. Hal itu disebabkan adanya perubahan hormon dengan mencolok di tubuh.

10. Ngidam

Yakni tak mau makan makanan tertentu atau malah menginginkan makanan yang biasanya malah tak doyan. Sering juga menginginkan makanan yang asam-asam berupa buah-buahan yang terkadang tidak sedang musimnya.

Demikian 10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum yang bisa Anda kenali, semoga dapat bermanfaat.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into