Home » , , » Berburu Koleksi Figurine Dinosaurus dan Review Merek Terbaik

Berburu Koleksi Figurine Dinosaurus dan Review Merek Terbaik

Diceritakan oleh Gugun Ekalaya pada Tuesday, March 3, 2015 | 11:28 AM

Pada masa dewasa kegiatan koleksi saya sebenarnya mandeg saat kuliah. Dulu sempat liat banyak figurine bagus dijual di toko dekat kampus. Saya menyesal karena nggak beli karena setelah itu out of stock dan nggak diproduksi lagi. Saya cuma sempat beli satu set dinosaurus kecil tanpa merek. Setelah itu saya belum "berburu dinosaurus" lagi.

Kegiatan mengkoleksi saya baru "kambuh" lagi belum lama ini yaitu sepulang dari urusan pekerjaan di Jakarta dan Bandung. Entah kenapa saya kok ingin menekuni kegiatan berburu koleksi lagi. Lewat internet kenallah saya bahwa ada merk-merk high quality untuk dunia figurine dinosaurus. Ada Papo, Safari, Schleich, Collecta dan lain-lain.

Figurine Dinosaurus produksi Cina
Apapun mereknya, semua figurine dinosaurus diproduksi di Cina
Koleksi saya belum banyak saat ini. Namun bukan soal kuantitas sih menurut saya. Lewat kegiatan koleksi saya jadi kenal teman-teman baru. Apalagi kolektor figurine dinosaurus adalah cukup langka di Indonesia. Saya mendapatkannya secara "bergerilya". Ada yang beli di toko dekat rumah. Gak nyangka lho ternyata kadang ada dinosaurus bagus nongkrong di sana. Ada yang dibelikan teman. Ada yang nitip teman.

Buat teman-teman yang mungkin masih baru mengenal dunia figurine dino, saya akan bagi sedikit info. Figurine dino kualitas tinggi untuk saat ini masih cukup jarang dijual di sini. Dibilang kualitas tinggi karena dibuat dengan bahan bagus (karet padat), disainnya bagus, seringkali jualnya per item bukan set. Jadi belinya satu biji satu biji he he he

Di Indonesia nggak banyak dinosaurus bermerek dijual. Mau tak mau kita belinya di internet. Nah, berikut sekilas beberapa brand/merek yang memproduksi high quality dino's model:

Merek Perusahaan Produsen Mainan Koleksi Dinosaurus Terbaik

PAPO

Untuk urusan detail dan sculpting, perusahaan asal Prancis ini memang jagonya. Bikinan Papo sangat detail dalam disain, tekstur dan warna. Disiannya mirip dengan dinosaurus yang muncul di seri film Jurassic Park. Malahan lebih mirip dari yang resmi dikeluarkan untuk tie in filmnya sendiri. Harganya cukup mahal mulai dari 200an hingga 600an ribu. Bisa dikatakan dinosaurus bikinan Papo sukar dikategorikan sebagai mainan anak-anak karena...sangat bagus sih he he he. Kekurangannya adalah Papo mementingkan disain daripada akurasi ilmiah. Disainnya sangar banget tapi belum tentu akurat ama dinosaurus menurut palaeontolog. Sayangnya model yang dibikin oleh Papo cukup sedikit dibanding dengan banyaknya jenis dino di dunia. Untuk "ngracun" pemula, cobalah tengok Papo model T-rex dan Velociraptor. Ketagihan deh


SAFARI Ltd. 

Saya agak bingung dengan merk ini karena ada Safari yang biasa dan ada Wild Safari series. Entah gimana tuh. Dinosaurus bikinan Safari juga keren yang akhir-akhir ini, 2007an ke atas. Soalnya yang disain sebelumnya kurang bagus. Saya sendiri cuma punya satu aja yang dari Safari yaitu Velociraptor dari tahun 2007. Imut dan ngracun. Safari banyak mengeluarkan model-model dino. Beberapa dari jenis yang nggak sepopuler T-Rex dan Stego.

SCHLEICH

Perusahaan asal Jerman. Seperti halnya Safari ltd. Schleich juga mempertinggi standar disain dinosaurusnya. Dinosaurus Schleich biasanya warnanya cukup ngejreng. Saya belum punya yang Schleich. Untuk pemula coba bandingkan T-Rex Schleich dengan Papo.


COLLECTA

Dinosaurus Collecta yang mutakhir juga mengikuti jejak Safari ltd. mereka mempertinggi kualitas produksinya. Katanya sih disain mereka lebih akurat dan mendekati kesepakatan palaeontolog. Saya belum punya yang bikinan Collecta. Kayaknya model yang dikeluarkan banyak banget. Banyak juga dari jenis yang asing di telinga umum.

KAIYODO

Jepang adalah pemain produksi figurine dinosaurus yang cukup bersaing dengan kompetitornya dari barat. Seperti Kaiyodo ini, dinosaurus bikinan mereka keren-keren.

Selain dari "The Big Five" masih ada sih merk yang lain seperti Tamiya, Invicta, UKRD, dll. Ada banyak yang tidak ada brand-nya dijual per set. Saya pilih 5 besar di atas adalah yang paling bagus (menurut saya loh )

Ada website bagus khusus untuk dinosaurus toys. Coba aja klik DinoToyBlog ada banyak review tuh.

Oya, meskipun perusahaannya asal Prancis, Jerman, Jepang dll, manufacturenya lagi-lagi di China he he he (semua dinosaurus kayaknya dari China kali ya? )

Nah, oke segitu saja ya mari berburu dinosaurus!!!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into