Home » , » Mengatasi Sakit Nyeri Selama Menstruasi

Mengatasi Sakit Nyeri Selama Menstruasi

Diceritakan oleh Unknown pada Sunday, December 14, 2014 | 1:41 PM

Rahasia Sehat Selama Menstruasi - Menstruasi merupakan kondisi alami dan sudah menjadi hal yang normal bagi seluruh wanita. Para wanita akan menghadapi masalah ini sekali dalam sebulan (atau bisa dua kali dalam satu bulan khususnya bila masa haidnya 25 hari, sehingga bisa terjadi di awal dan di akhir bulan).  Menstruasi atau datang bulan itu sendiri merupakan sebuah indikasi baik, sebuah situasi yang menginformasikan bahwa wanita yang mengalaminya memiliki kondisi tubuh yang sehat. Secara sederhana, datang bulan adalah sebuah proses dimana sel telur yang tidak dibuahi akan meluruh. Proses dari peluruhan ini sendiri memegang peranan penting agar sel telur yang mati tersebut tidak tertinggal di dalam rahim yang kemudian nantinya bisa menjadi bibit-bibit pemicu penyakit kronis seperti kanker rahim.

Setiap wanita juga memiliki proses menstruasi dengan efek yang berbeda-beda. Ada sebagian wanita yang tidak merasakan gejala apapun selama masa menstruasi, namun ada juga yang sering merasakan nyeri pinggang hingga perut yang melilit saat proses dari menstruasi ini menghampiri. Rasa nyeri yang dirasakan karena menstruasi itu sendiri bukanlah sebuah indikasi adanya masalah serius, namun hanya dikarenakan adanya perubahan hormon yang bisa membuat suasana hati wanita menjadi lebih sensitif atau sangat menggebu-gebu hingga tertekan (stres). Ini menepis mitos yang beredar di masyarakat mengatakan nyeri haid diakibatkan akibat tidak sehatnya organ reproduksi wanita atau ciri-ciri kemandulan.

Pada umumnya, rasa sakit pada nyeri haid dimulai sesaat sebelum atau pada saat menstruasi datang, dan dalam waktu 24 jam akan mengalami puncak-puncaknya, dan baru menghilang setelah berlangsung 2 hari. Nyeri haid menyerang disertai dengan gejala-gejala sembelit, sakit kepala, diare, mual, sering buang air kecil, atau bahkan bisa sampai terjadi muntah.

Rahasia Sehat Selama Menstruasi

Agar bisa meminimalisir sakit nyeri yang dirasakan akibat menstruasi, Anda bisa mencoba beberapa tips sehat berikut saat sedang menstruasi:

Buat tubuh tetap nyaman

Proses dari menstruasi akan membuat tubuh orang yang mengalaminya berada pada titik yang sangat sensitif. Bahkan hal ini bisa membuat kulit menjadi lebih mudah terkenasi iritasi hingga bisa menimbulkan jerawat. Agar menstruasi tidak memberi dampak yang tidak sehat pada aktivitas keseharian Anda, maka buatlah tubuh Anda menjadi lebih nyaman ketimbang lebih memperhatikan penampilan Anda. Sebaiknya gunakan pakaian yang lebih longgar sehingga sirkulasi udara di dalam tubuh bisa menjadi lebih baik.

saat sakit nyeri menstruasi melanda
Buat tubuh Anda merasa nyaman saat sakit nyeri menstruasi melanda (foto: Doctoroz.com)

Perbanyak istirahat

Saat sedang datang bulan, tubuh wanita akan sangat mudah merasakan lelah sehingga energi akan terkuras dengan cepat. Kondisi disebabkan oleh adanya proses pendarahan di dalam tubuh sehingga sangat dibutuhkan istirahat yang cukup agar pendarahan yang dialami bisa terkontrol secara alami. Untuk itu, sebaiknya masukkan jadwal tidur siang agar tubuh bisa tetap terjaga selama masa menstruasi.

Mandi air hangat

Cara mengatasi efek menstruasi selanjutnya adalah mandi dengan air hangat yang bisa membuat tubuh terlepas dari rasa penat. Selain itu, mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat otot-otot yang tegang akibat menstruasi menjadi menjadi lebih lemas. Mandi dengan air hangat juga akan membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami saat datang bulan.

Konsumsi buah dan sayur

Saat menstruasi, tubuh wanita akan mengeluarkan darah yang cukup banyak, sehingga sangat dibutuhkan tambahan dari zat besi. Asupan dari zat besi ini bisa didapatkan dengan memperbanyak konsumsi dari buah dan sayur. Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah dan sayur dapat mencukupi kebutuhan dari cairan tubuh saat masa menstruasi. Selain itu, kurangi pula konsumsi dari protein dan lemak, terutama yang berasal dari daging merah dan jeroan.

Olahraga

Rahasia sehat selama menstruasi yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga. Wanita yang mengalami menstruasi biasanya hanya akan menghabiskan waktu untuk berbaring diranjang, sehingga proses dari menstruasi akan semakin terganggu dikarenakan darah kotor tidak akan keluar hingga bersih. Untuk itu, gerakkanlah beberapa bagian tubuh Anda dengan melakukan olahraga ringan. Atau paling tidak, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti membersihkan rumah agar tubuh tetap aktif bergerak sehingga darah kotor bisa keluar hingga bersih.

Obat Alami Sakit Nyeri saat Menstruasi

Ada resep tradisional yang alami dan sehat tanpa bahan kimia untuk mengobati dan meringankan nyeri haid yang anda derita yang patut Anda coba dan praktekkan.

Bahan:

- Bubuk kayu manis (0,5-2,5 gram)
- Air panas (1/2 cangkir)

Penggunaan:

Cukup sederhana dan mudah, yang Anda butuhkan hanya menyeduh bubuk kayu manis dengan air panas. Obat ini dianjurkan untuk diminum dua kali sehari selama nyeri haid melanda.

Mudah-mudahan tips di atas dapat membantu Anda mengatasi dan mengobati nyeri selama menstruasi Anda.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into