Home » , » Mengenali Empat Makanan Pemicu Diabetes di Sekitar Kita

Mengenali Empat Makanan Pemicu Diabetes di Sekitar Kita

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Saturday, November 29, 2014 | 10:09 AM

Saat ini, diabetes sudah dianggap sebagai masalah terbesar di seluruh negara. Bahkan, ada sekitar 371 juta orang di dunia ini yang berusia antara 20 hingga 79 tahun yang menderita penyakit ini. Pada tahun 2010, Indonesia berada pada peringkat sembilan dunia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Setiap tahun, kondisi ini justru semakin memburuk. Indonesia sendiri diprediksi akan masuk ke dalam lima besar pada tahun 2030.

Diabetes bisa ditandai dengan munculnya gejala seperti banyak buang air kecil, cepat lapar dan haus, mudah lelah, dan pemulihan luka yang lama. Secara umum, diabetes lebih disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, jarang berolahraga, serta pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk seperti seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang instan merupakan pemicu utama dari masalah diabetes. Untuk itu kita perlu mengenali makanan di sekitar kita yang dapat memicu masalah diabetes ini.

Makanan Pemicu Diabetes di Sekitar Kita

Gorengan

Gorengan sangat disukai masyarakat terutama karena murah dan mudah didapatkan di sekitar kita. Bagaimanapun juga, Anda yang sangat sering mengkonsumsi gorengan sebaiknya dari sekarang mulailah untuk membatasi jumlah gorengan yang Anda makan. Pasalnya, semakin tinggi tingkat konsumsi gorengan Anda, maka akan semakin tinggi pula resiko Anda untuk terserang diabetes. Hal ini dikarenakan makanan yang sering kita kudap sehari-hari ini memiliki tingkat kadar kolesterol yang sangat tinggi. Apalagi jika gorengan tersebut menggunakan minyak jelantah, karena jenis minyak ini memiliki lemak jenuh yang sangat kuat. Lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh melalui gorengan secara perlahan akan terbawa menuju aliran darah dan mengendap menuju jantung. Kondisi seperti inilah yang bisa mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol total, peningkatan kolesterol jahat, dan penurunan kolesterol baik. Dengan demikian, pembuluh darah akan tersumbat dan terjadilah diabetes. Selain diabetes, kondisi ini juga dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti stroke, penyakit jantung, bahkan bisa memicu pertumbuhan dari kanker.

Gorengan dan yang manis-manis memicu diabetes
Gorengan serta makanan dan minuman yang manis=manis berpotensi menimbulkan diabetes

Mi instan

Selain gorengan, mi instant juga bisa menjadi makanan di sekitar kita yang memicu diabetes. Hal ini dikarenakan mi instan kaya akan karbohidrat sederhana yang mengandung gula. Apabila dikomsumsi dalam waktu yang lama maka kadar gula dalam tubuh akan meningkatkan secara drastis. Akan semakin parah jika kebiasaan makan mi instan ini dibarengi dengan konsumsi nasi. Sama seperti mie instan, nasi sama-sama memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang besar. Kombinasi dari kedua jenis makanan ini tentu saja dapat menghasilkan karbohidrat dalam jumlah yang berlebih. Jika itu terjadi, maka akan membuat gula dalam darah menjadi meningkat sehingga meningkatkan resiko terkena diabetes.

Cemilan

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menonton TV sambil ngemil, dan memang hal ini terbilang mengasyikkan. Namun hal ini ternyata dapat menjadi pemicu dari serangan diabetes dikarenakan orang yang sering melakukan kebiasaan ini akan merasa sulit kenyang, sehingga akan membuatnya kesulitan dalam mengontrol makanan yang masuk. Terlebih lagi jika jenis cemilan yang dikonsumsi bersifat manis atau junk food. Kedua jenis cemilan ini sangat berpotensi dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Ini sama sekali bukan berarti bahwa kebiasaan untuk ngemil tanpa menonton TV tidak akan beresiko terkena diabetes. Pada dasarnya, cemilan yang tidak sehat seperti cemilan yang berminyak atau manis merupakan makanan pemicu diabetes. Namun Anda yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan ngemil, Anda bisa memilih buah segar, biskuit gandum, ataupun yoghurt sebagai cemilan yang sehat. Jadi, kebiasaan ngemil haruslah dibarengi dengan kemampuan untuk memilih cemilan agar bisa terhindar dari bahaya diabetes.

Minuman soda

Meskipun bukan termasuk jenis makanan, namun minuman yang sering dijadikan sebagai konsumsi harian ini ternyata juga memiliki potensi untuk mendatangkan penyakit diabetes dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Hal ini dikarenakan minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dalam tiap sajiannya.

***
Sekian +Tukar Cerita mengenai empat makanan di sekitar yang bisa menjadi pemicu diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya secara berlebihan demi memperoleh hidup yang lebih sehat.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into