Home » , , » Hidup Sehat dengan Tidur yang Berkualitas

Hidup Sehat dengan Tidur yang Berkualitas

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Saturday, November 29, 2014 | 9:42 AM

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas – Pada dasarnya, pola tidur dapat mempengaruhi kesehatan serta penampilan fisik dari seseorang. Tidur yang nyenyak akan memberikan dampak positif bagi tubuh, dan begitu pula sebaliknya.

Tidur yang tidak berkualitas berpotensi menimbulkan ganggunan seperti kesehatan kulit, ingatan lemah, gairah seks yang menurun, kurangnya konsentrasi, diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. Bahkan orang yang mengalami penyakit susah tidur atau insomnia cenderung untuk menjadi depresi terhadap kondisinya tersebut. Hal itu dikarenakan neurotransmitter yang memiliki peran besar dalam siklus bangun tidur seseorang berkaitan langsung dengan hormon serotonin, yaitu hormon suasana hati. Apabila seseorang sering mengalami kondisi yang murung, besar kemungkinan hal tersebut disebabkan karena kurang tidur.

cara memperoleh tidur yang berkualitas
Bagaimana cara memperoleh tidur yang berkualitas?
Dari sisi kecantikan, kurang tidur dapat menyebabkan wajah berjerawat dan berminyak, kulit kering, penuaan dini, mata panda, atau berat badan yang meningkat. Waktu tidur yang dianggap normal itu sendiri sekitar 7 jam setiap malamnya.

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Untuk menghindari efek negatif yang bisa ditimbulkan karena tidur yang kurang nyenyak atau insomnia, berikut tips agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas:

Memperhatikan ergonomi, kebersihan, dan kesehatan kasur kita

Kondisi dari kasur bisa menjadi salah satu penyebab mengapa selama ini Anda sangat sulit untuk tertidur secara nyenyak. Apabila kasur Anda kurang bersih, maka banyak bakteri dan kuman yang bisa bersarang sehingga bisa memberi ketidaknyamanan bahkan rasa gatal. Selain itu, kenyamanan dari kasur juga perlu diperhatikan. Kasur yang baik adalah kasur yang tidak memberikan tekanan pada tubuh sehingga dapat menopang tulang punggung agar berada pada posisi netral.

Memperhatikan kerapian dan udara kamar

Kualitas tidur seseorang sangatlah dipengaruhi oleh kondisi kamarnya. Tanpa disadari, tidur di dalam kamar yang berantakan secara otomatis akan membuat pikiran ikut menjadi berantakan, apalagi jika pikiran sudah terbebani dengan banyak masalah. Untuk itu, aturlah lingkungan kamar Anda sesuai posisi yang bisa memberikan kenyamanan. Yang juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan tidur berkualitas selanjutnya adalah dengan kondisi udara yang ada di dalam kamar. Kamar yang panas, pengap, dan berbau dipastikan akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat tidur. Apabila kondisi dari kamar Anda tidak memiliki ventilasi, sebaiknya buatlah ventilasi agar pertukaran udara di dalam kamar bisa terjadi dengan baik. Apabila kamar Anda sudah memiliki jendela, sebaiknya buka jendela tersebut pada pagi atau siang hari agar udara di dalam kamar bisa terganti. Namun pada malam hari sebaiknya ditutup agar udara di dalam kamar tidak berada pada suhu yang dingin.

Tidur dalam keadaan gelap

Banyak ahli yang mengatakan bahwa dengan tidur dalam kondisi gelap akan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Dengan mematikan lampu saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh serta membantu untuk menjaga sel tubuh dari kerusakan. Namun, khusus bagi Anda yang justru merasa nyaman saat tidur dalam kondisi lampu yang menyala, hal ini tidak perlu diubah. Anda bebas memilih tidur dalam kondisi gelap atau terang selama bisa memberikan rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur.

Hindari makanan sebelum tidur

Tips mendapatkan tidur berkualitas yang terakhir adalah dengan menghindari kebiasaan untuk makan atau minum sebelum tidur. Hal ini dikarenakan perut akan terasa berat dan memberikan rasa kurang nyaman jika Anda banyak makan dan minum sebelum tidur. Selain itu, Anda juga akan sering terjaga karena keinginan buang air kecil. Apabila memang Anda merasa lapar, maka usahakan untuk makan dengan interval atau jeda yang cukup dari waktu kita tidur. Hindarilah konsumsi makanan yang berat atau tidak sehat. Meminum kopi sebelum tidur juga tidak baik, karena akan membuat jantung yang terpacu oleh kafein dari kopi membuat tubuh selalu terjaga dan tentunya akan merusak kualitas tidur.

***

Dengan mengikuti beberapa tips mendapatkan tidur berkualitas di atas, bukan hanya tidur yang nyenyak, tapi juga kesehatan serta kecantikan fisik Anda akan ikut berkualitas.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into