Home » , » Cara Membuka dan Mengakses Akun Facebook yang Dihacked

Cara Membuka dan Mengakses Akun Facebook yang Dihacked

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, October 29, 2014 | 4:43 PM

Hari ini saya menerima pertemanan baru dari salah satu kawan akrab FB saya. Teman akrab Facebook? Ya. Kami memang tidak pernah bertemu di dunia riil. Saya pertama kenal beliau via game online. Saya masih ingat, saya mengenalnya ketika ID in-game-nya dihacked. Sebagai newbie (pemain pemula) dia masih belum paham cara mainnya. Akhirnya, setelah melewati proses perploncoan untuk melatih mentalnya, saya berhasil mendidik dia jadi gamer sejati (hahaha). Dari situlah kami berkenalan. 

Teman saya ini saya bilang gaptek. Ketikannya di keyboard pun berlepotan. Itu terlihat saat kami chatting. Jika ada akses yang memerlukan pendaftaran online pun dia kadang bingung, termasuk daftar email. Di sisi lain, dia termasuk sering menggunakan internet. Inilah yang membuatnya rentan kena hacked, baik di dunia game, maupun di media yang memanfaatkan internet lainnya, seperti Facebook.

Akun Facebooknya Dihacked Penipu Penjual Barang Elektronik

Saya tidak memperhatikan kejadian ini sebelumnya. Tetapi begitu di notifikasi terlihat namanya meminta saya menambahkan pertemenan kembali, saya mulai melihat akun lamanya. Dan di sana memang sudah dibanjiri promo-promo barang dari penipu sekaligus hackernya. Ketika saya mengonfirmasi masalah ini pada teman saya itu, ia membenarkannya.

Mengapa Facebook Anda Bisa Kena Hacked?

Pertanyaan ini saya tanyakan padanya. Apakah Koko main di warnet? Tidak, main di rumah saja. Apakah Koko sering membuka link porno yang ditawarkan orang? Iya. Ini dia kemungkinan besar biangnya. Link spammer dan phishing sering berkeliaran di Facebook maupun yang lainnya. Apabila tidak waspada,  bisa masuk ke jebakan orang-orang yang berniat jahat, termasuk menghacked akun kita.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Akun Facebook Teman Kita Disalahgunakan Si Hacker?

Sebagai teman, kita dapat melaporkan ke akun Facebook teman yang kena hacked dengan melakukan klik tanda titik tiga pada sebelah kanan bawah Cover akun Facebooknya.


Melaporkan Akun Facebook
Pilih Report untuk melaporkan akun Facebook teman yang mencurigakan (maaf Ko, FB-mu kupakai ilustrasi, wkwkwkwk)
Di situ kita bisa memilih dari tiga opsi yang ada:
  • Report content shared by (teman Anda)
  • Report this account
  • Get help with another issue
Saya pilih nomor dua, lalu klik Continue, muncul pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban:

What's wrong with this account?
  • This timeline is using a fake name
  • This person is annoying
  • This timeline is pretending to be me or someone I know
  • This timeline is full of inappropriate content
  • This is a fake account
  • This profile represents a business or organization
Saya memilih opsi nomor tiga (timeline ini mengaku-aku sebagai saya atau seseorang yang saya ketahui), lalu saya klik lagi Continue, muncul pertanyaan lagi:

Who are they pretending to be?

    Me
    Someone I know
    A celebrity

Saya memilih Someone I know, lalu pilih Continue. Di akhir sesi pelaporan ini saya mendapatkan format pengiriman pesan yang dapat saya teruskan ke teman saya yang asli.

Hey, it looks like this person is pretending to be you. You should report them for impersonation if you think they are.


Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Akun Facebook Kita Sendiri Kena Hacked?

Kita bisa juga melaporkan ke Facebook atas sangkaan Impersonation (mengaku-aku) seperti saran yang kita kirim pada teman kita di atas. Namun, saya menemukan cara yang lebih efektif yang bisa kita lakukan. Cara itu saya temukan di halaman bantuan Community Center Facebook. Tips ini disampaikan oleh seseorang yang bernama Gegurl Shazuann. Cara yang efektif dan pintas menurut Gegurl adalah dengan Mengunci Akun Facebook kita yang kena hacked sebagai berikut:

Cara Mengunci Akun Facebook

Langkah pertama, masuklah ke akun FB Anda yang kena hacked dengan password/kata-kunci yang lama. Setelah Anda masuk, Facebook akan menayangkan peringatan seperti di bawah ini:

Maaf! Anda memasukkan kata sandi lama

Kata sandi Anda telah diubah pada Hari.... jam.....
Jika Anda tidak ingat pernah membuat perubahan ini, klik di sini.
Maaf Anda memasukkan kata kunci yang lama
Klik link tanda panah bila Anda masuk FB dan mendapat peringatan seperti ini padahal merasa tidak pernah mengganti password Anda.

Kedua, klik link yang saya tanda panah di gambar atas. Selanjutnya kita akan masuk ke proses selanjutnya berupa format yang kurang lebih sama dengan di atas:

Maaf! Anda Memasukkan Kata Sandi Lama
Jika Anda percaya seseorang mengganti kata sandi Anda tanpa seizin Anda, Anda sementara dapat mengunci akun Anda sehingga tak seorang pun dapat masuk sebagai diri Anda atau menyalahgunakan informasi Anda. 
Setelah Anda mengamankan akun Anda, kami akan membantu Anda kembali mendapatkan kendali informasi Anda sehingga Anda dapat kembali masuk.

Kunci Akun Facebook Anda
Kunci Akun Facebook Anda
Selanjutnya, klik Kunci Akun Saya. Langkah ini membawa kita ke format berikut ini:

Amankan Akun Facebook Anda
Amankan Akun Facebook Anda

Jika Anda merasa bahwa seseorang telah menggunakan akun Facebook Anda tanpa izin Anda, atau Anda mendapati virus dalam komputer Anda, kami akan berupaya untuk membantu.

Langkah berikutnya, klik tombol Lanjutkan. Akan muncul format sebagai berikut:


Format ini meminta Anda mengganti kata sandi atau password dengan mengirimkannya ke email yang kita pakai sebagai akun Facebook kita. Sayangnya teman saya pun lupa email tersebut (dasar gaptek, Ko. wkakwakaka). Maka langkah selanjutnya adalah klik link di kiri bawah seperti yang saya kasih tanda panah di gambar atas.

Selanjutnya, Facebook akan menanyakan pada Anda pada format seperti berikut:

Bagaimana Kami Dapat Menghubungi Anda?
Masukkan alamat email atau nomor telepon yang dapat Anda akses. Kami akan menggunakan alamat ini untuk mengirimi Anda pesan tentang pemulihan akun Anda.
Email atau Telepon Baru  
Konfirmasi Telepon atau Email Baru

Masukkanlah email atau nomor telepon Anda yang baru (Sebaiknya cobalah masukkan email baru yang belum pernah dipakai untuk Facebook, gunanya adalah untuk dihubungi setelah proses penguncian akun ini selesai.). Lalu, klik Lanjutkan. Format selanjutnya adalah memulihkan Akun melalui teman. Berikut ini formatnya:

 Pulihkan Akun Anda Melalui Teman

Alex Tan
Pengguna Facebook
Satu-satunya cara untuk membuktikan bahwa ini akun Anda adalah dengan menunjukkan bahwa teman Anda mengenal Anda.Lainnya
Anda perlu:
Langkah 1: Pilih 3 yang dapat dipercaya
Langkah 2: Hubungi teman untuk mendapatkan kode keamanan.
Langkah 3: Pulihkan Akun Anda.
Proses ini hanya akan memakan waktu beberapa menit bagi teman Anda.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang proses ini, kunjungi Pusat Bantuan.

Langkah berikutnya adalah memilih 3 teman terpercaya untuk memulihkan akun. Ketiga teman ini akan dikirimi kode rahasia oleh Facebook.

Pilih Teman untuk Membantu Anda (1 dari 3)
Pilih teman tepercaya yang dapat Anda hubungi dengan mudah melalui telepon. Setelah Anda mengonfirmasi pilihan, teman Anda akan menerima petunjuk cara membantu Anda.
Cari berdasarkan Nama

Pilih Teman untuk Membantu Anda (2 dari 3)
Dari sejumlah teman di bawah ini, pilih satu orang lagi yang Anda percayai dan dapat dihubungi dengan mudah melalui telepon. Setelah Anda mengonfirmasi pilihan, teman Anda akan menerima petunjuk cara membantu Anda.

Pilih Teman untuk Membantu Anda (3 dari 3)
Dari sejumlah teman di bawah ini, pilih satu orang lagi yang Anda percayai dan dapat dihubungi dengan mudah melalui telepon. Setelah Anda mengonfirmasi pilihan, teman Anda akan menerima petunjuk cara membantu Anda.
Pesan terakhir yang akan kita peroleh dari seluruh proses penguncian akun ini adalah sebagai berikut:
Proses pemulihan akun telah dimulai untuk akun ini. Bacalah email yang Anda berikan untuk petunjuk lebih lanjut.
Sekarang Anda coba buka akun FB Anda. Jika muncul muncul pesan peringatan: This page doesn't exist, berarti usaha Anda menguncinya sudah berhasil. Anda tinggal menunggu respon dari Facebook yang akan mengirim kode rahasia yang dapat membuka akun Facebook Anda yang kena hacked. Mudah-mudahan berhasil!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into