Home » » 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan tanpa Perlu ke Dokter

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan tanpa Perlu ke Dokter

Diceritakan oleh Unknown pada Wednesday, October 29, 2014 | 10:51 AM

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Perlu Ke Dokter - Anda tentu pernah menderita sakit tenggorokan. Rasa gatal, nyeri ketika menelan dan serak adalah gejala umum dari sakit tenggorokan ini. Pemicunya pun bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh alergi, bakteri, virus, sedang menderita batuk, dan kebiasaan merokok. Ke dokter adalah langkah tepat, namun bila anda sedang malas keluar, berikut cara-cara mengatasi sakit tenggorokan :

mengatasi akit tenggorokan, mengobati nyeri tenggorokan, sakit tenggorokan, Tips,

1. Banyak minum air putih

Tak melulu air putih saja sih namun minuman lain seperti jus buah pun boleh sehingga tubuh anda tetap tercukupi kebutuhan cairan. Lewat mengkonsumsi banyak air maka akan mempertahankan selaput lendir selalu lembab. Juga bisa meminimalisir serangan bakteri ataupun terjadinya iritasi.

2. Mengunyah permen pelega tenggorokan

Paling tidak satu kali dalam sehari. Bersama mengunyah permen pelega tenggorokan maka pembentukan liur akan meningkat dan menjadikan tenggorokan lembab. Permen ini tentu berbeda dengan permen kebanyakan karena permen pelega tenggorokan memiliki kandungan antibakteri sekaligus juga bisa meredakan nyeri tenggorokan.

3. Menyantap sup ayam selagi hangat

Di samping menolong anda mengobati influenza, sup ayam hangat pun bisa meredakan nyeri tenggorokan. Senyawa Natrium dalam kaldu ayam mempunyai efek antiradang yang mampu mengatasi infeksi tenggorokan. Karena rasa nyeri saat menelan makanan maka sup ayam merupakan hidangan yang sesuai sebab berbentuk cair sehingga mudah ditelan. Sup ayam hangat pun melimpah akan kandungan zat gizi yang bisa menangkal serangan penyakit lain.

4. Menyeruput teh hangat

Jika anda sedang bosan dengan air putih maka secangkir teh hangat bisa memberikan efek relaksasi ketika anda tengah menderita sakit tenggorokan. Segala macam teh baik itu teh hijau, teh hitam dan jenis teh lain pun bisa mencegah infeksi dan meningkatkan stamina tubuh sebab memiliki kandungan antioksidan. Anda pun boleh mencampurkan 1 sdt madu di dalamnya. Madu mempunyai efek anti-bakteri yang bisa meningkatkan penyembuhan.

5. Kumur-kumur menggunakan air garam hangat

Sejumlah riset mendapati bahwa kumur menggunakan air garam hangat beberapa kali sehari mampu meredakan peradangan tenggorokan, mengeluarkan ingus, dan menekan iritasi oleh bakteri. Dokter biasanya menyarankan melarutkan 1/2 sdt garam ke secangkir air hangat.

6. Menggunakan obat batuk sirup

Sirup obat batuk pun bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada tenggorokan anda. Obat batuk sirup ini mampu meredakan rasa nyeri tenggorokan beberapa saat, akan tetapi lumayan efektif menghalau rasa tak nyaman di dalam tenggorokan. Takaran pemakaian boleh anda samakan seperti untuk pengobatan batuk. Kalau anda memang bekerja, gunakan obat batuk sirup dengan formula yang tak mengakibatkan mengantuk.

Semoga artikel mengenai 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Perlu Ke Dokter dapat berguna untuk meringankan sakit tenggorokan Anda.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into