Home » » Cara Setting APN Nokia 206 untuk Internetan dan Whatsapp

Cara Setting APN Nokia 206 untuk Internetan dan Whatsapp

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, December 31, 2013 | 7:26 PM

Memakai smartphone ternyata tidak senyaman yang saya bayangkan. Setelah memutuskan membeli dan menggunakan Lenovo K860, saya mendapati aplikasi yang saya install pada smartphone berbasis Android ini membuat update-update yang tidak saya inginkan dan tidak dapat saya pantau dengan baik. Akibatnya, baterai HP cepat habis, begitu juga pulsa kartu yang saya pakai untuk data internet sering habis tanpa ketahuan sebabnya.


Akhirnya saya menyimpulkan saya butuh pendamping, yaitu HP biasa yang bukan ponsel pintar yang bukan berbasis Android. Jadi ceritanya, saya balik memakai HP standar lagi (keputusan yang telah dilakukan oleh beberapa teman saya sebelumnya). Setelah browsing di Google, saya memutuskan membeli HP Nokia 206. HP ini menggunakan OS Symbian Series 40 (biasanya disingkat S 40). Meski masih terkoneksi dengan jaringan 2G, ponsel ini punya aplikasi internet yang cukup memadai untuk HP biasa: Youtube, Facebook, Twitter, E-Buddy, dan Whatsapp. Kecuali Youtube (karena saya rasa tidak mungkin saya menyarankan untuk mengakses Youtube dengan HP ini), keempat aplikasi lain bagi saya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan media sosial.

Setting APN Nokia 206
Setting APN Nokia 206
Sesampai di toko ponsel, saya langsung mengutarakan maksud mencari Nokia 206. Setelah mengambilkan HP-nya, pelayan tokonya menawari Nokia 301 yang menurut dia punya fitur lebih canggih, semisal koneksinya sudah 3,5G. Saya sebenarnya sudah tahu dari teman saya Wwn Achilles Setiawan yang sudah beli sebelumnya, namun saya belum yakin apakah HP itu bisa diinstall WA. Oleh karena itu, saya bilang ke pelayannya, saya bersedia membelinya asal ada WhatsApp-nya.  Setelah mencoba, rupanya usaha upgrade software dan install WA di Nokia 301 gagal. Kemudian saya melihat di brosur ada gambar Nokia 208 yang pada layarnya ada WhatsApp. Setelah saya minta, pelayan kembali mencoba menginstall aplikasi chatting itu ke HP Nokia 208. Namun usaha itu gagal juga. Akhirnya balik juga ke Nokia 206, dan yang untuk kali ini sukses menginstall WhatsApp! :D

Lalu bagaimana cara menginstall aplikasi WhatsApp itu? Ikuti Tutorial berikut!

 

Setting APN Nokia 206 untuk Internet Unlimited Mentari

Nokia 206 tidak memiliki Wireless LAN sehingga sambungan ke internetnya mengandalkan koneksi kartu. Saya memakai internet unlimited Indosat Mentari atau IM3, yang memerlukan beberapa langkah yang harus saya lakukan pada HP untuk setting Access Point Name (APN) atau mengubah nama access point yang dipakai. 
Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Tekan Menu (tombol Navi tengah)
  2. Pilih Settings/Pengaturan
  3. Arahkan tombol navigasi ke bawah, pilih Connectivity/Konektivitas
  4. Pilih Mobile Data/Data Ponsel
  5. Pilih Access Point 1/Jalur Akses, pilih Ok
  6. Arahkan tombol navigasi kebawah pilih Edit active access pt/Ubah jlr akses aktif
  7. Tekan tombol navigasi Select/Pilih untuk mengubah nama akses point 1 yang sedang aktif, lalu ketik: indosatgprs
  8. Pilih tombol navigasi Ok untuk menyimpan nama baru akses pon Indosat tersebut


Cara Menginstall WhatsApp di Nokia 206

Untuk menginstall WhatsApp, caranya saya dapat di blog om Herry SW ponselmu.com. Cara menginstall Whatsapp ini dikirim oleh LittleMouze yang ternyata dilakukan dengan memperbaharui perangkat lunak/upgrade software HP Nokia 206 ke Versi 04.51/31-05-2013/RM-872 (c) Nokia sebagai berikut:
  1. Buka Menu 
  2. Pilih Settings/Pengaturan 
  3. Arahkan tombol navigasi ke bawah, pilih Phone/Telepon 
  4. Arahkan tombol navigasi ke bawah, pilih  Device Update/P’baruan Perangkat 
  5. Arahkan tombol navigasi ke bawah, pilih  Downl. phone sw/Downl. prgkt lnk tlp 
  6. Tunggu sampai selesai. Jika memori HP kita penuh, kita diminta untuk menghapus beberapa data pada memori.
  7. Selesai install, otomatis Restart, tunggu beberapa menit sampai selesai proses loading pada versi terbaru. Proses ini kadang lama sekali, tergantung koneksi kartu Anda. Jika Anda tidak sabaran (seperti saya), saya copot baterainya dan ketika saya pasang sudah muncul Whatsapp-nya.
Demikian cara setting internet dan WhatsApp pada HP Nokia 206. Jika Anda terbantu, klik tombol like dan share di bawah. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Komentar
2 Komentar
Komentar

2 Komentar:

Translate This Page into