Home » » Sebuah Kolam di Bosnia Amblas Membentuk Lubang Raksasa

Sebuah Kolam di Bosnia Amblas Membentuk Lubang Raksasa

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, November 27, 2013 | 9:53 AM

Lewat Kabar Terkini TVOne, saya baru saja menyaksikan fenomena alam yang cukup mencengangkan sedang terjadi: sebuah kolam danau tiba-tiba amblas ke dalam bumi, lalu membentuk lubang raksasa menganga menelan apa saja di sekitarnya masuk ke dalam bumi. 

Peristiwa ini terjadi di Sanica, sebuah desa di Bosnia pada Kamis, 21 November 2013. Fenomena alam yang lazimnya disebut sinkhole ini membuat geger dan panik penduduk desa tersebut. Kolam berdiameter 20 meter dan berkedalaman sekitar 8 meter itu tiba-tiba amblas beserta isinya, termasuk airnya, ikan di dalamnya, dan pepohonan  di sekitarnya. Kini telah terbentuk lubang raksasa yang terus bertambah lebar. Diameternya diperkirakan menjadi sekitar 50 meter, sedangkan kedalamannya bertambah 30 meter. Fenomena ini mengingatkan saya pada kawah meteor di Arizona, atau foto sinkhole Guatemala 2010 yang telah beredar di internet yang membuat saya ngeri.
Kolam ikan amblas jadi lubang raksasa (Foto: The Associated Press/AP)
Menurut para ilmuwan, fenomena sinkhole seperti yang terjadi di Bosnia ini cukup lazim terjadi di Bumi ini. Kemungkinan penyebabnya adalah gua-gua sungai bawah tanah yang atap atau dinding bagian atasnya ambrol hingga diikuti dengan amblesnya tanah permukaan di atasnya membuat munculnya lubang mirip kawah ini. Fenomena sinkhole ini biasanya terjadi di daerah yang memiliki batuan dasar yang mudah larut seperti kapur, garam, dan bebatuan karbonat. Para ahli geologi memperkirakan 10 persen permukaan Bumi ini terbentuk dari bebatuan tersebut sehingga rentan menimbulkan lubang-lubang seperti yang terjadi di Bosnia dan Guatemala ini. Arus air tanah mengikis bebatuan kapur, berlangsung baik sedikit demi sedikit akibat fenomena alami maupun secara yang tiba-tiba yang dipicu oleh tindakan manusia yang membuat arus bawah tanah berubah. Lubang yang timbul bisa jadi hanya kecil dan tidak membahayakan, tetapi kadang sangat besar dan berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian. Sinkhole berbahaya adalah jika runtuhnya permukaan tanah terjadi secara tiba-tiba. Walaupun sejauh ini jarang yang sampai menimbulkan korban jiwa, apa yang terjadi di desa Sanica, Bosnia, ini membuat kepanikan tersendiri bagi penduduknya yang tidak mendapatkan penjelasan ilmiah sepert di atas.

Pemandangan sinkhole Guatemala yang terjadi di tengah kota membuat ngeri
Mereka umumnya berusaha menjelaskan peristiwa ini dengan menghubungkannya dengan peristiwa misterius yang biasanya menakutkan. Satu teori menyatakan bahwa kemungkinan ikan telah memicu bom Jerman dari era Perang Dunia II  yang diyakini telah dilempar ke kolam itu oleh seorang wanita tua. Sebuah penjelasan lain menghubungkannya dengan kematian pemilik kolam yang kini menjadi sinkhole tersebut.
"Sehari sebelum meninggal, Hasan bilang: "Aku akan membawa serta semuanya nanti saat aku mati." Dan hal itu kini dilakukan olehnya. Motanic mengatakan, "Ketika meninggal malam itu, Hasan menampakkan diri berjalan di atas danau pada anaknya." Husein Nanic, seorang penduduk lainnya meramalkan bahwa kiamat sudah dekat. "Semua kejadian di luar nalar terjadi mendekati hari kiamat."
Sumber: laporan penulis Associated Press, Dusan Stojanovic dari Belgrade, Serbia, yang menulis di di FoxNews
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into