Home » » Tips Aman Membeli Barang di AliExpress.com

Tips Aman Membeli Barang di AliExpress.com

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, August 14, 2013 | 10:21 AM

Pebisnis online tentu sudah mengenal AliExpress.com. AliExpress merupakan bagian dari Alibaba.com, yang dalam lamannya menyebut dirinya sebagai salah satu pasar online terbesar tempat Anda bisa menemukan lebih dari 10 juta produk yang berasal dari 40 ribu supplier di seluruh dunia. Kemarin saya mendapatkan tips aman berbelanja dari AliExpress.com bagi pembeli pemula di lamannya yang saya terjemahkan di bawah ini beserta tambahan tips lainnya:
  1. Setelah AliExpress mengonfirmasi bukti pembayaran Anda, seller/pihak penjual memproses pesanan dan mengirimkan barang dalam waktu proses pengiriman tertentu.
  2. Setelah penjual mengirimkan pesanan, Anda akan menerima nomor pelacakan/tracking number. Sila laporkan nomor yang invalid ke Customer Service Center AliExpress.
  3. Biaya pengiriman bervariasi tergantung pada lama waktu pengiriman. (3 hingga 40 hari), tujuan, dan tipe layanan pengiriman yang dipilih.

Apa yang harus dilakukan sebelum membeli?

Cek detail produknya dengan hati-hati

Tinjau ulang persyaratan pengirimannya, kebijakan retur dan refundnya, dan persyaratan dan ketentuan lain dari produk yang ingin Anda beli sebelum memutuskan untuk memesan.

Berkomunikasilah dengan Supplier

Pastikan Anda memenuhi syarat untuk membeli item yang Anda inginkan. Jika Anda tidak memenuhi satu ketentuan, semisal jumlah pesanan minimal untuk satu barang (the minimum order quantity), hubungilah pihak supplier sebelum memesannya.

aliexpress.com
Proteksi Pembeli AliExpress.com

Tips menghindari penipuan di AliExpress

Jika harga TGTBT alias too good to be true alias nggak masuk akal, maka sudah hampir pasti tidak masuk akal itulah nyatanya! Anda akan gampang kena tipu jika harga adalah satu-satunya kriteria belanja Anda. Ingatkan diri sendiri saat membuat keputusan: "Bagaimana mungkin penjual bisa menawarkan harga serenah itu?" Jawabannya pasti menimbulkan lebih banyak lagi pertanyaan daripada jawaban.  

Hati-hati saat membeli produk bermerek tertentu.
Produk suatu Merek terkenal yang dijual jauh di bawah harga standar hampir bisa dipastikan PALSU. Semua produk dengan harga jauh di bawah Name brand products sold at far lower prices are mostly fakes. Semua produk bermerek (seperti Apple, Nokia, dsb.) diproteksi oleh pabriknya, oleh karena itu hampir tidak ada peluang permainan harga atau mendapatkannya dengan harga rendah.

Jika penjual meminta saya membayar langsung ke rekening banknya, apa yang harus saya lakukan?
Jika menerima penawaran dari penjual yang meminta Anda menyelesaikan transaksi langsung ke mereka tanpa melalui AliExpress.com, Anda harus mengabaikan permintaan tersebut dan melaporkannya pada AliExpress.com segera. Apabila Anda menerima penawaran tersebut, maka Anda tidak akan dilindungi oleh Kebijakan Proteksi Pembeli kami. Artinya, jika barang yang Anda terima tidak sesuai dengan spesifikasi atau bahkan tidak sampai, AliExpress tidak bisa membantu Anda untuk memperoleh replacement atau refund. Dengan kebijakan Proteksi Pembeli AliExpress, pembayaran tidak akan diterimakan pada penjual hingga AliExpress yakin bahwa penjual puas dengan barang yang dibelinya.

Jangan mengonfirmasi Kiriman sebelum menerima barang.
Jangan mengonfirmasi kiriman sebelum menerima barangnya. Jika Anda diminta untuk melakukannya oleh penjual, tahan diri Anda! Pastikan terlebih dahulu mengecek pesanan dengan hati-hati ketika barang datang.

Perhatikan informasi Testimoni atau Komentar yang diperoleh Penjual dari para pembeli lain sebelum memutuskan untuk membeli barang dari mereka.
Penjual yang bonafid memperoleh review dan testi yang baik. Cek Profil dan Sejarah masukan pembeli lain.

Simpan catatan komunikasi dengan supplier.
Untuk bukti dan antisipasi, simpanlah catatan rekaman komunikasi dengan pihak supplier, khususnya jika persyaratan pembelian berbeda dengan yang telah tertera pada halaman rincian produknya.

Itulah beberapa tips berbelanja aman di AliExpress.com! Mudah-mudahan berguna bagi pembaca. Jika ada yang berpengalaman berbelanja di sana, silahkan sharing pada komentar bawah. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Komentar
2 Komentar
Komentar

2 Komentar:

  1. Hati hati belanja di aliexpress karena barang elektronik banyak yang rusak dan tidak ada garansi serta banyak barang abal-abal dengan model sama dengan merek asli. Pengiriman juga lama sekali nyampenya. Semoga bermanfaat bagi yang ingin belanja online di aliexpress

    ReplyDelete

Translate This Page into