Home » » Cara Mengatasi Error Your Payment Could not Be Processed at This Time di Google Play

Cara Mengatasi Error Your Payment Could not Be Processed at This Time di Google Play

Diceritakan oleh Unknown pada Thursday, April 25, 2013 | 11:08 AM

Pertanyaan ini berasal dari Om Fredy Listono. Beliau ingin membeli barang atau aplikasi via Google Play, namun selalu gagal. Padahal sebelumnya beliau sudah pernah membeli barang dengan account yang sama. Sekarang ini tiap kali purchase, beliau selalu mendapat pesan error seperti di bawah ini:

Error: your payment could not be processed at this time. You may receive an email asking you to verify your account.

Screenshot oleh balus3u
Beliau sudah mengecek email masuk, termasuk di folder SPAM, dan tidak ada email masuk. Pada kasus lain, yang masuk adalah dua email baru, satu email purchase, satu email refund.

Dan error ini berlaku untuk yang berbayar. Aplikasi yang gratis dapat diunduh tanpa masalah.

Berbagai cara sebagai berikut sudah dilakukan Om Fredy untuk mengatasi error tersebut, namun tetap TIDAK BERHASIL:
  1. Mengecek bahwa data yang dimasukkan pada kartu kredit valid.
  2. Mengecek kemungkinan pembatalan transaksi dari pihak Bank.
  3. Mengganti kartu kredit lain, termasuk menghapus/remove semua CC yang terdaftar kemudian memasukkannya kembali.
  4. Mengecek email verifikasi seperti yang disampaikan di pesan Error dan mengonfirmasi tidak ada pesan masuk, termasuk di SPAM.
  5. Mencoba purchase via Google Wallet (catatan: akun Gmail bisa dipakai untuk Google Wallet)
  6. Mengecek data akun Google account sudah valid.

Mengapa Bisa Terjadi dan Bagaimana Solusinya?

Menurut forum-forum Android di internet, banyak teman-teman yang mengalami permasalahan ini, dan semua mengarah pada satu kesimpulan saya, yaitu Akun kita di-hold alias ditahan sementara oleh Google untuk purchase. Hal ini dilakukan jika Google menganggap suatu transaksi mencurigakan, terutama demi keamanan pelanggan mereka menghadapi masalah peretasan, phishing, dan masalah keamanan lain. Dengan alasan yang sama, bank yang juga akan melakukan hal yang sama, yaitu akan otomatis mengeblok transaksi yang mencurigakan.

Yang dilakukan oleh Om Fredy akhirnya adalah dengan membuat akun baru seperti saran Om Amer untuk purchase. Ini adalah alternatif, oleh karena itulah Om Fredy masih bingung mengapa bisa terjadi. Solusi-solusi yang pernah diberikan adalah sebagai berikut:
    Clear Cache Google Play Services
  1. Pilihan pertama, kita tunggu saja dalam waktu 24 jam apakah hold ini akan kelar diperiksa oleh Google.
  2. Menurut Kris Sandberg di Google Product Forums, cara gampang lain yang bisa kita lakukan adalah menghapus akun Google kemudian menambahkannya lagi, melalui Settings > Accounts and Sync > Pilih akun Google yang akan dihapus, tekan Menu > Remove Account. Setelah itu kita tambahkan kembali akun tadi.
  3. Cara menurut jareds.mudda adalah dengan menambahkan setup PIN pada akun dan pada Setting PIN untuk pembelian dengan cara mencentang Use PIN for purchases di menu Setting Play Store. Seorang teman android mengalami kegagalan memakai cara ini tapi setelah mencoba mengubah PIN-nya akhirnya berhasil.
  4. Cara kelima yang disampaikan csb.bailey merupakan solusi sangat efektif yang membantu banyak orang adalah menghapus data pada Google Services Framework melalui Settings > Apps. Scroll ke bawah untuk mencari Google Service Framework. Pilih Clear Data dan Clear Cache, setelah itu Reboot kemudian perlu menekan aplikasi Play beberapa kali. Saya sendiri tidak menemukan GSF ini. Yang saya temukan hanya Google Play Service. Coba saja dilakukan hal yang sama. DWOR ya. Kalau salah nanti sama-sama kita koreksi.  :)

Tips Berbelanja di Google Play

  • Dari MJKearney, anggota forum AndroidSentral: Lebih baik kita membeli kredit beberapa dolar untuk purchase daripada membeli dari akun kita satu demi satu barang yang kita inginkan, dengan asumsi pembelian kredit semacam itu ada di tempat kita. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa purchase yang berulang-ulang kadang dianggap termasuk sebagai transaksi mencurigakan oleh Google maupun bank, yang mengakibatkan Account Hold itu terjadi. 
  • Tidak perlu panik, namun juga jangan menganggap enteng permasalahan ini. Wudenbar sangat berhati-hati terutama setelah kejadian yang dialaminya, kartu kreditnya kena skim hingga kena account block. Oleh karenanya dia kini cepat paham bila ada permasalahan transaksi tidak bisa diproses.
  • Jika masalah tetap berlanjut, jangan segan menghubungi Google via Play Contact  atau melalui Wallet Contact.
Demikian Cara Mengatasi Error Your Payment Could not Be Processed at This Time di Google Play.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into