Home » » Belajar Bahasa Inggris: Jenis Kata Menurut Bentuk, Fungsi, dan Maknanya

Belajar Bahasa Inggris: Jenis Kata Menurut Bentuk, Fungsi, dan Maknanya

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, April 2, 2013 | 9:33 AM

Kali ini saya akan memperkenalkan dasar Grammar bahasa Inggris. yaitu jenis kata. Sebelum kita bahas mengenai penggolongan kata, perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai konsep kata. Kita harus melihat kata dari sebagai salah satu tataran dalam hierarki gramatikal berikut:
Sentences (kalimat), yang terdiri dari satu atau lebih...
         klauses (klausa), yang terdiri dari satu atau lebih...
               phrases (frase), yang terdiri dari satu atau lebih...
                         words (kata), yang terdiri dari satu atau lebih...
                                morphemes (morfem)

Satuan di atas kata yaitu sentence, clause, dan phrase, dapat berperilaku sebagai word. Kelas kata atau penggolongan kata menurut bentuk, fungsi dan maknanya dalam bahasa Inggris disebut part of speech atau lexical category. Kata bahasa Inggris biasanya digolongkan dalam delapan parts of speech, yaitu:
  • Noun (kata benda atau nomina), yaitu suatu kata yang menunjukkan nama orang (Dea), tempat (rumah), atau suatu benda (boneka), atau segala sesuatu yang dibendakan (kegembiraan). Misalnya dalam kalimat: Dea's happines disappeared when she lost her favorit doll. (Kegembiraan Dea menjadi sirna ketika ia kehilangan boneka kesayangannya.)
  • Pronoun (kata ganti), adalah kata yang dipakai untuk mengganti noun atau noun phrase (frase nominal). Misalnya kata ganti Dea adalah she, kata ganti rumah (benda) atau boneka kesayangan Dea (frase nominal) adalah it.
  • Adjective, merupakan kata yang dipergunakan untuk membatasi (modify) pemakaian noun atau pronoun dengan memberikan sifat pada kata tersebut.Misalnya, angry (marah), good (baik), tiga (three), setengah (a half), pertama (first), beberapa (several), the (sang, yang, itu), another (satunya lagi), her (miliknya perempuan), every (setiap).
  • Verb (kata kerja), ialah kata yang menunjukkan atau menyatakan suatu perbuatan atau pekerjaan (walk, sleep, translate), kejadian (happen, become), atau keadaan (be, exist, stand) yang sudah dilakukan/terjadi, sedang dilakukan/terjadi, atau akan dilakukan/terjadi.
  • Adverb (kata keterangan), yaitu kata yang mengubah atau menerangkan kata lain, misalnya verb, adjective, adverb lain, bahkan frase, klausa, atau kalimat. Biasanya adverb dipergunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai how (bagaimana/apa sebabnya), in what way (dengan cara apa), when (kapan), where (di mana), dan to what extent (sampai seberapa tarafnya).
  • Preposition (kata depan, ialah kata untuk menunjukkan/merangkaikan hubungan dengan bagian kalimat yang lain yang biasanya ditempatkan sebelum noun, pronoun, atau frase.
  • Conjunction (Kata sambung/penghubung), merupakan kata yang memiliki fungsi menghubungkan dua kata, bagian kalimat dengan bagian kalimat (frase atau klausa), atau kalimat dengan kalimat.
  • Interjection (kata seru), adalah kata tambahan pada kalimat yang berfungsi untuk mengungkapkan perasaan.

Penjelasan rincinya bisa dibuka dengan klik link masing-masing jenis kata tersebut. Sementara belum jadi link-nya. Hehehehe. Sekian dulu.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into