Home » » Cara Mencari Posting Lama yang Terhapus di Blog

Cara Mencari Posting Lama yang Terhapus di Blog

Diceritakan oleh Unknown pada Friday, March 22, 2013 | 1:52 PM

Posting blog yang sudah lama kita hapus ternyata kadang pada suatu saat masih kita perlukan lagi. Di saat lain bahkan posting blog tidak sengaja terhapus. Dan begitulah yang terjadi hari ini. Baru saja saya mencoba menggabunngkan dua posting menjadi satu. Posting pertama saya hapus setelah sebelumnya saya salin (copy) dan saya rekatkan (paste) pada editor posting kedua. Tiba-tiba saja koneksi internet mati dan editan tidak terselamatkan.

Kita tidak perlu panik menghadapi hal semacam ini. Seperti yang telah kita ketahui Google menelusuri blog kita setiap saat. Aktivitas itu disebut crawling (saya membayangkan robot Google sedang merangkak-rangkak di halaman blog saya, ehehe). Robot mesin pencari itu bertugas mencari info-info baru di blog kita (mengindeksnya) untuk disimpan menjadi arsip dalam suatu memori. Gudang penyimpan memori itulah yang dinamakan Google's Cache tempat kita bisa mengakses arsip-arsip intenet yang telah terhapus.

Cara Mengembalikan Posting yang Terhapus

  1. Pertama kita buka Google. Di kotak pencariannya silakan Anda ketikkan alamat blog/website Anda dan ditambah dengan kata-kunci (keyword) yang masih dapat kita ingat dari posting kita yang terhapus tadi. Misalnya kata-kunci yang dapat saya ingat dari posting saya yang terhapus adalah: simplicity Reader's Digest. Maka cara penulisan kata-kunci-nya adalah:
    site:tc-a.blogspot.com simplicity reader's digest
    Ganti tulisan merah di atas dengan situs atau blog Anda tanpa http://, sedangkan tulisan biru ganti dengan kata-kunci yang Anda ingat.

  2. Tekan ENTER, sehingga muncul hasil pencarian yang dikenal dengan nama SERP (Search Engine Result Page) seperti di bawah ini:
    Halaman hasil pencarian (SERP)
    Potongan-potongan hasil pencarian seperti di atas dinamakan Snippets. Dari salah satu snippets tersebut kita menjadi tahu alamat posting yang telah terhapus. Alamat pencarian ini tidak dapat kita buka karena yang asli sudah kita hapus. Di contoh itu alamat saya adalah: tc-a.blogspot.com/2007_01_28_archive.html

  3. Salin (copy) alamat pada Snippets tersebut tanpa tanpa http://

  4. Untuk memanggil Google's Cache, pada Address Bar browser ketik:
    http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:tc-a.blogspot.com/2007_01_28_archive.html
  5. Memanggil Cache Google
     Ganti tulisan merahnya dengan alamat yang telah Anda salin - tinggal rekatkan (paste) yang sudah kita salin tadi di situ.

  6. Tekan ENTER hingga muncul hasil Google Cache seperti di bawah ini:
Snapshot dari Cache-nya Google
Inilah cache yang disimpan di memori Google. Nampak di sana data yang tersimpan adalah blog saya dengan template lama. Dari pemberitahuannya dapat kita ketahui kapan Google menyimpannya:
Ini merupakan cache-nya Google dari halaman http://tc-a.blogspot.com/2007_01_28_archive.html. Ini adalah snapshot ("potret") dari halaman web tersebut yang telah diambil pada 4 Feb 2013 pukul 17:15:26. Bisa jadi halaman web tersebut sekarang telah berubah. Tips: Untuk mencari artikel yang Anda cari di halaman ini, tekan Ctrl+F atau ⌘-F (untuk pengguna OS Mac) dan ketik kata-kunci di sana. Untuk menampilkan halaman ini berupa teks saja (text-only), klik tulisan Text-only version
 Sekarang kita tertolong berkat pengarsipan Google. Demikian. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into