Home » » Arti Status Pengiriman JNE

Arti Status Pengiriman JNE

Diceritakan oleh Unknown pada Wednesday, November 7, 2012 | 7:55 AM

Setelah beberapa kali memanfaatkan jasa JNE (Jalur Nugraha Ekakurir), saya mulai mengenal arti status kiriman barang yang tercantum dalam tracking (pelacakan), yang di antaranya sebagai berikut:

 

Manifest(ed): artinya barang baru atau telah didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman oleh pengirim
On-Process : artinya barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
On-Transit : artinya barang sedang transit di kota tertentu
Received on Destination : artinya barang telah sampai di kota tujuan, berada di gudang JNE tujuan, dan akan dikirim ke alamat tujuan
Delivered: artinya barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut
Criss Cross(ed): artinya barang tertukar
Cnee Unknown: artinya nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
NTH (Not At Home?): artinya penerima tidak ada di rumah (sedang keluar)
AU (Antar Ulang): artinya barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
Redelivery: artinya proses antar ulang
BA (Bad Address): artinya alamat tujuan tidak lengkap/jelas, kurang RT, RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya
MR (misroute): artinya salah antar, salah kirim, atau salah jalur, oleh JNE dikirim ke alamat yang salah.
Closed Once Delivery Attempt: artinya rumah alamat penerima sedang kosong atau tutup pada saat kurir JNE datang melakukan proses pengiriman barang
AU to OPS: artinya serah terima dari bagian Undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah atau tak terkirim) ke bagian operasional JNE untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas


Status JNE ini hanya berlaku jika melakukan pengiriman antar kota. Jika pengiriman di kota yang sama maka tidak ada statusnya, kecuali jika barang sudah di terima di alamat yang dituju dan statusnya langsung berubah menjadi delivered.
Mudah-mudahan membantu!

Sumber:
  1. Kedai Pramuka
  2. Kaskus  
Update tanggal 3 Maret 2014:

Pada seksi komentar ternyata banyak yang bertanya tentang arti HO dan Hand Over pada bagian POD (Process of Delivery) atau Rincian Proses Pengiriman JNE. Mohon maaf saya menjawab sekenanya saja karena saya juga belum pernah melihat yang HO dan Hand Over ini. Saya sebelumnya mengira HO itu Head Office atau Head of Operation. Setelah melihat beberapa teman yang berkomentar pertanyaan itu, saya lihat lagi kemungkinan artinya adalah sebagai berikut:

Ho

  • Ho, atau Hold, artinya barang ditahan, silakan hubungi
Ho Closing Srg, Ho Closing SRG/QCP on process

Hand(ed) Over

Artinya melimpahkan, atau serah terima.

Di antaranya adalah istilah yang mengandung kata tersebut adalah:

Hand Over sortir area: artinya barang diserahkan ke bagian sortir/dalam proses penyortiran


Hand Over (nama seseorang): artinya barang diserahkan ke orang tersebut. Saya duga nama tersebut adalah nama seorang kurir, atau CS subagen/agen yang menerima.

Hand Over (nama agen): artinya barang sedang di salah satu agen (proses pengiriman)

Hand Over (alamat) artinya barang dilimpahkan ke alamat tersebut. Kemungkinan alamat tersebut adalah agen. Misalnya Hand Over KSaleh, ternyata KSaleh adalah alamat JNE Semarang, jadi barang sedang diserahterimakan dari satu subagen ke JNE Semarang. (penuturan CS JNE di Kaskus)
  
Hand Over HVS: artinya barang diserahkan ke bagian pengiriman barang berharga (HVS sendiri adalah singkatan High Value Shipment, artinya barang Agan dikategorikan sebagai barang berharga sehingga dilimpahkan ke pengiriman barang berharga itu). Barang yang dikategorikan HVS ini termasuk yang di atas dua satu  juta dan surat-surat berharga.

Demikian +Tukar Cerita ini, jika Ada salah mohon dikoreksi. Maklum saya pakai ilmu ngawur. Mudah-mudahan ada agen JNE yang mampir. :D
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
28 Komentar
28 Komentar
Komentar

28 Komentar:

  1. Terimakasih informasinya, ijin share sobat

    ReplyDelete
  2. Silahkan Mas Herman. Terima kasih atas kunjungan Mas :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasi atas infonya, saya jd tahu. Smg sukses.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Silakan, Sis. Bisa dengan klik link share FB di atas. Jika direpost di blog, mohon menyertakan link halaman ini. :)

      Delete
  5. nah itu dia mas, saya buyer dan shipment status saya nggak berubah setelah 3 hari (tetap manifested), itu gmn ya. Apakah masih di kantor JNE tempat pengiriman, (masih disana blom di kirim2 entah nunggu apa) atau lg di perjalanan. lama amat ampe 3 hari blom berubah2 stat nya, itu naik kapal nelayan atau pesawat ya. hehehe btw tujuan kiriman jakarta-samarinda, terima kasih

    ReplyDelete
  6. Mas, klo statusny "Ho Ops Sortir" artinya apa ya ??

    ReplyDelete
  7. Status & Arti
    AU (Antar Ulang) Barang anda sudah dibawa untuk dikirim tapi karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya maka akan diulangi kembali hari ini.
    BA (Bad Address) Alamat yang dituju tidak jelas atau salah. Hal ini bisa disebabkan kesalahan pada penulisan alamat, nomor RT/RW, nomor jalan, nomor rumah, kodepos, nomor gang, dan sebagainya.
    MR (Misroute) Pengiriman salah menggunakan jalur atau menggunakan tujuan yang salah. JNE akan segera membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan.
    CC (Criss Cross) Paket yang dikirim tertukar dengan paket lain.
    Redelivery Paket akan dikirimkan kembali, ini bisa disebabkan penerima tidak ada di rumah.
    Closed Once Delivery Attempt Paket telah diantar kurir JNE ke alamat tujuan, tetapi alamat penerima ternyata salah atau kosong. Kalau muncul status ini sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE di kota anda.
    Cnee Unknown (Consignee Unknown) Nama penerima paket tidak dikenali di tempat tujuan pengiriman, atau nama orang tersebut tidak tinggal di alamat tujuan. Ini bisa jadi disebabkan kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.
    NTH (Not at Home / Not Home) Saat paket tersebut diantar ke alamat tujuan tidak ada orang yang menerimanya.
    Box Delay Barang ada di JNE tapi tidak dikirimkan karena alamat salah atau tidak lengkap. Disarankan untuk langsung mengambil di kantor pusat JNE kota setempat. (Tambahan dari mas Adnan)
    Box Undel (Box Undelivered) Paket sudah dikirim ke alamat tujuan tapi tidak orang di tempat dan sudah dihubungi berkali - kali melalui nomor telepon yang tercantum tidak ada respon. (Tambahan dari pertanyaan mbak Icha)
    Status Kosong Ini bisa disebabkan kesalahan input data paket di JNE asal pengiriman, masih belum diupdate oleh agen JNE, barang yang dikirim belum masuk tahap Manifest, atau ada error pada database JNE.
    Invalid Bag Status ini berarti paket anda salah masuk tas (invalid bag) sehingga ikut dikirimkan melalui jalur yang salah. Karena sudah dikenali bahwa barang tersebut tidak seharusnya dimasukkan dalam bag lain maka silahkan tunggu saja sampai ada update status JNE berikutnya. Status JNE yang ini juga baru saya sendiri mengalaminya.
    LBA (Luar Batas Antar) Lokasi tujuan pengantaran paket di luar zona pengiriman JNE, biasa disebabkan alamat yang tertera letaknya di tempat terpencil. Silahkan hubungi kantor cabang JNE setempat untuk mengambil sendiri paketnya.
    AU to OPS Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali.
    Hold Paket sedang ditahan oleh pihak JNE, hubungi kantor JNE di kota anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
    HO (Hand Over) Paket tersebut telah diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan, biasanya adalah agen JNE lain yang lebih dekat dengan lokasi tujuan pengiriman.
    HVS (High Value Shipment) Barang yang dikirimkan termasuk kategori benda berharga atau bernilai tinggi.
    CL Maksudnya saat kiriman diantar ke alamat tujuan tapi keadaannya tutup atau kosong.
    Pending Undel Artinya paket tidak terkirim (Undelivered) dan masih ditunda (Pending) proses berikutnya. Lebih baik anda ambil sendiri di agen JNE kota anda kalau status ini yang muncul.
    FW (Forward) Paket diteruskan ke agen JNE di kota tujuan.
    HO TO HVS Barang yang dikirimkan diserahkan (Hand Over) kepada bagian pengiriman benda berharga (High Value Shipment).
    AU EX UNDEL Paket akan dikirim ulang karena sebelumnya tidak bisa diantar ke alamat tujuan.
    Handover Closing Barang tersebut sedang dalam proses pengiriman ke kota tujuan.
    Bt (Masih spekulasi) Paket batal dikirimkan pada waktu itu, dan sedang menanti proses pengiriman berikutnya. Ini disebabkan terjadinya masalah operasional JNE di lokasi bersangkutan.
    Hold Rusak Status ini menginformasikan bahwa paket anda ditahan karena telah terjadi kerusakan, biasanya akan dituliskan juga dimana lokasi kejadiannya di akhir status.
    Ada Jadwal Antar Paket telah diikutkan pada jadwal antar dan menunggu gilirannya.
    Lain-lain Status ini digunakan kalau paketnya belum diketahui keadaannya atau tidak ada alasan khusus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebesar-besarnya Mas Cipto telah menjawab kebingungan kami mengenai arti status pengiriman JNE di sini. Insya Allah bermanfaat bagi teman-teman. Saya mohon izin untuk saya tambahkan pada posting di atas.

      Delete
  8. gan RK artinya apa ya? mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya K = Kurir, Bang Dedy. Ditunggu saja. :D

      Delete
  9. kalo awal receivernya crisscross terus sorenya berubah jadi R CC artinya apa tuh gan.? mohon penjelasannya donk... tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. berubah lagi gan statusnya jadi AU MXG EX CC 8000030658396

      Delete
    2. CC barang tertukar, AU di-antar ulang. :)

      Delete
  10. mas kalo punya saya deliverynya tulisannya 11 july 2014, receivernya CLOSED .. tapi status masi on proccess padahal uda 1 minggu saya pesan barang itu dan belum nyampe ke tangan saya . jadi saya harus bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksudnya sudah dikirim 11 Juli, tetapi rumah penerimanya dalam keadaan tutup (closed?), sehingga hingga sekarang masih dipending pengirimannya. Jadi statusnya masih on process. Untuk lebih jelasnya hubungi JNE.

      Delete
  11. ini artinya apa mas ya?
    "Au Betro(hvs)"
    saya pake YES tapi sudah 2 hari belum sampai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas +Khoirul Hikam: kemungkinan barang Mas berada di gudang JNE bagian HVS (high value shipment) atau barang2 berharga di daerah Betro, akan diantar ulang. Belum sampai itu sudah biasa, Mas. :D

      Delete
  12. mas kalau statusnya HVS HO BY SHODIQ artinya apa lagi dikirim si Shodiq apa gimana ya?padahal cuma ngirim footstep motor kok masuk kategori HVS ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hold by mungkin maksudnya barang ditahan oleh/sampai saat ini barang masih berada di kurir tersebut. Saya sendiri tak tahu mengapa barang sering masuk HVS. Kalau bukan karena manajemen barangnya kacau, kemungkin karena ada alasan tertentu saat dimasukkan situ, misalnya penanganan di situ lebih cepat dan cermat jika. *ngawur. hehe.

      Delete
  13. maff mau tanya, kalau Au Excc artinya apa ya? kalau AU kan antar ulang,, kalau cc kan barang tertukar, tapi kalau ada EX nya itu apa ya artinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya diantar ulang, barang telah (ex, bekas?) tertukar?

      Delete
  14. Gan ane paket yes dan petugas telepon ke penerima bahwa berkas yg mau diantar diakui hilang danmemohon utk tidak melaporkannya dengan alsan akan dipecat dan anak2nya sedang sakit sedangkan saya cek status pengiriman saya delivered tapi kenyataannya barang belum sampai, nahh langkah apa ya kira2 yg saya harus lakukan, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    Salam

    ReplyDelete
  15. Mas kalau maksud dari pod detail : 24/10 G lb bulus
    itu apa ya?
    tidak ada dipenjelasan diatas.

    Soalnya sudah 2 minggu lebih dari 22 oktober barang belum sampai. mohon bantuannya. trims

    ReplyDelete
  16. Mas klo ho to ops hvs itu maksudnya gmn?
    Ada tahapan setelah itu �(≧∇≦)� тι∂ααααααккккккккк..........!!!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HO to OPS HVS itu artinya Handed Over to High Value Shipment. Maksudnya barang agan dioper ke operasional barang-barang berharga di gudang JNE. Tanyakan langsung ke kantornya saja, Mas. JNE kebanjiran orderan. Haha....

      Delete
  17. bang kalau Hand Over Closing apa tuh gan?

    ReplyDelete

Translate This Page into