Home » » Instagram dan Facebook Indonesia Down selama 50 Menit

Instagram dan Facebook Indonesia Down selama 50 Menit

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, January 27, 2015 | 2:30 PM

Facebook dan Instagram, dua situs media sosial yang paling populer, saat ini (Selasa, 27 Januari 2015) sedang down karena menghadapi kendala teknis.  Sekitar pukul 13.40 WIB tadi, saya tidak dapat mengaksesnya. Saya kira saya saja yang mengalaminya sehingga saya coba untuk berulang kali me-refresh peramban Firefox yang saya pakai, namun tetap saja tidak berhasil login. Alih-alih, yang muncul  adalah pemberitahuan seperti nampak pada gambar ini:

 Facebook down
Selasa 27 Januari 2015, pukul 13.40 WIB, Facebook down. Begitu pun Imstagram.
"Sorry, something went wrong. We're working on it and we'll get it fixed as soon as we can."

Akibat Facebook Down

Karena Facebook dan Instagram tidak dapat diakses, pengguna setianya ramai-ramai mengungsi sementara ke raksasa satunya, Twitter, untuk sekadar berkeluh kesah lewat kicauan di sana. Akibatnya, trafik Twitter pun mengalami peningkatan begitu tajam yang disebut spike (mengacu pada spike yang terbentuk pada diagram visitor).

Spike dalam diagram visitor tukarcerita.com
Spike dalam diagram visitor tukarcerita.com

Penyebab Facebook Down

Hingga saat ini, pemantauan saya dari Google dan Twitter belum dapat menemukan apa penyebab terjadinya down yang dialami kedua raksasa dunia maya itu. Setelah sekitar 50 menit down, kini pukul 14.20 Facebook Indonesia dapat diakses kembali. Belum ada pernyataan resmi dari Facebook yang menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

Didirikan tahun 2003 oleh Mark Zuckerberg yang waktu itu adalah Mahasiswa Universitas Harvar, pengguna aktif Facebook kini diperkirakan telah mencapai sekitar 1,39 milyar. Tidak saja menjadi media sosial, megaperusahaan satu ini juga telah menjelma menjadi sumber berita dengan fitur related posts-nya yang sangat presisi menyuguhkan berita terkait posting seseorang di wall-nya. Kini Facebook memiliki kekayaan sekitar 104 milyar dolar Amerika Serikat, dan membuat Mark menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into