Home » , » Cara Mencari Link Posisi Waktu di Video Youtube

Cara Mencari Link Posisi Waktu di Video Youtube

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Monday, January 26, 2015 | 9:51 AM

Cara Menunjukkan Posisi Waktu Menit dan Detik di Video Youtube - Posting ini saya tulis malam-malam setelah saya baru saja mendapatkan cerita ewuh pakewuh yang dialami Pak Tri Haryanto di grup FB Kawruh Jawa (KJ). Dalam grup yang mempunyai anggota yang beragam strata maupun usianya itu, Pak Tri menyampaikan rasa segan beliau saat harus memanggil (addressing) ke seluruh anggota KJ. Jika dipanggil Pak/Ibu, Pak Tri khawatir jangan-jangan masih muda. Jika dipanggil Mas/Mbak, padahal para anggotanya banyak yang senior. Belum lagi para anggota yang memilih nama dan profile picture samaran, bagaimana harus memanggil mereka dengan pas?

Untuk itulah saya mengusulkan untuk memakai panggilan "Ki" dan "Nyi", sebutan egaliter yang sudah diterapkan oleh pejuang pendidikan Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara di Taman Siswa-nya. Hanya saja, karena usulan saya tidak cukup jelas gara-gara saya tidak pandai berbahasa Jawa krama, Pak Tri menjadi kurang bisa menangkap maksud saya.

Untuk memperjelasnya saya menunjukkan langsung video Arsip Nasional yang ada di Youtube yang berisi pidato Ki Hajar Dewantara tentang latar belakang berdirinya Taman Siswa. Di sanalah Ki Hajar menjelaskan mengapa Taman Siswa memakai "Ki" dan "Nyi", sebutan yang saat ini juga telah dipakai oleh grup Pelajar Kawruh Jiwa. Berikut ini video yang saya maksud: (https://www.youtube.com/watch?v=kojRSFgEdt4)


Masalahnya, video tersebut cukup panjang untuk ditonton. Padahal, poin pembahasan sebutan "Ki" dan "Nyi" yang saya ingin tunjukkan pada Pak Tri ada pada menit tertentu dalam video itu. Untuk itu, saya perlu mencari cara mencari link posisi waktu video tersebut.

Cara Menunjukkan Posisi Waktu Tertentu (Menit dan Detik) di Video Youtube

Sebelumnya saya pernah melihat di komentar-komentar Youtube, kita tinggal mengetikkan menitnya saja. Matt Cutts menjelaskan hal ini dalam blognya: Link to a specific part of a YouTube video. Di ujung format link videonya, ada tambahan “#t=XXmXXs”. Misal jika titik waktu yang saya inginkan pada video Ki Hajar itu ada pada menit 11 lewat 17 detik, maka tautan lengkap pada titik waktu itu adalah:

https://www.youtube.com/watch?v=kojRSFgEdt4#t=11m17s

Saya tinggal meng-copy dan paste tautan tersebut ke forum yang saya inginkan. Jika Anda ingin memulai memutar file Youtube yang diembed di Blogger seperti video di atas dimulai dari titik waktu tertentu, maka Anda harus mengubah tautan source videonya dengan menambahkan "&start=XX" di ujungnya (sumber: noodlegei). Contohnya untuk saya sudah mengubah source link video yang saya embed di atas menjadi:

 src="https://youtube.googleapis.com/v/kojRSFgEdt4&start=11"

Artinya, video diputar pada menit ke-11. Itulah cara menunjukkan titik posisi waktu menit dan detik di video Youtube, baik di komentar, di tautan, maupun di embed blog, yang saya praktikkan malam ini. Selamat mencoba!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into