Home » , » Cara Mencari Content Writer Blog (Penulis Artikel) yang Bagus

Cara Mencari Content Writer Blog (Penulis Artikel) yang Bagus

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, December 17, 2014 | 7:12 PM

Mencari content writer merupakan alternatif bagi blogger yang tidak mempunyai waktu untuk mengisi blognya. Sayangnya, untuk mencari content writer yang bagus, tidak semudah membalikkan tangan. 

Mengapa konten situs-situs besar memiliki keterbacaan dan ide yang jelas

Jika cermat mengamati proses pembuatan artikel yang ada di situs-situs besar, Anda akan memakluminya. Selain mempunyai penulis, mereka juga menyewa jasa editor profesional. Penulis berkewajiban membuat kontent atau artikel dengan ide-ide yang jelas, sementara editor akan memperbaiki susunan bahasa, kohesi, koherensi, dan keruntutan idenya sehingga suatu tulisan akan memiliki keterbacaan yang baik. Tandem itulah yang jarang dimiliki oleh blogger seperti kita.

(Foto: J. Money)

Cara Mendapatkan Artikel untuk Blog

Setidaknya ada tiga cara yang dapat kita lakukan untuk mencari tulisan untuk  blog kita:

#1 Memakai Jasa Update Blog


Jasa ini melayani update blog. Maksud update blog di sini adalah si penjual jasa akan mengisi blog kita secara rutin dengan artikel-artikel yang dibuatnya sesuai permintaan pemilik blog. Pemilik blog tinggal memesan niche atau topik khusus apa yang ia butuhkan. Bahkan kita juga bisa memesan khusus keyword atau kata kunci yang kita bidik.

Ada kelebihan jika kita memilih alternatif satu ini. Pertama, kita tidak perlu login ke blog untuk mengepos artikel. Kita tinggal duduk, diam menunggu setiap hari satu artikel akan diterbitkan di blog Anda oleh penyedia jasa. Kelebihan lain adalah kita dapat melakukan complaint atau bahkan menghentikan jasa sewaktu-waktu kualitas layanan berkurang.

#2 Membeli Bulk Artikel

Anda dapat membeli artikel in bulk atau secara borongan. Artinya, Anda akan langsung mendapatkan beberapa artikel sekaligus alih-alih satu per satu seperti pada jasa update blog. Kelebihan dari cara ini adalah Anda dalam sekali waktu mendapatkan banyak stok artikel sehingga tidak perlu pusing lagi menunggu update seperti pada jasa update blog di atas. Anda dapat menerbitkannya kapanpun, entah satu per satu, lima per lima, atau sekaligus. Namun, Anda harus siap menghadapi kemungkinan buruknya, yaitu mendapatkan sejumlah banyak artikel kualitas rendah yang tidak sesuai harapan.

#3 Memakai Jasa Penerjemah

Ini alternatif yang relatif mahal, namun cukup bisa dihandalkan. Anda dapat mencari artikel-artikel berkualitas berbahasa asing, kemudian mencari jasa penerjemah untuk mengalihkan bahasanya ke dalam bahasa Indonesia.

Jangan Terkecoh dengan Larisnya  Content Writer

Semakin laris suatu jasa content writer berarti semakin berat beban yang harus ia tanggung. Oleh karena itu, seorang penulis artikel yang bagus harus dapat menghitung dengan tepat kemampuan produksinya, yaitu jumlah artikel yang ia dapat buat dalam sehari. Jika tidak, ini bisa menjadi bumerang bagi kualitas layanannya kepada pelanggan. Demikian juga halnya dengan kita sebagai pelanggan. Mempertimbangkan beban kerja yang bisa terjadi itu, kita tidak perlu kepincut dengan larisnya suatu jasa. 

Jangan Menggunakan Standar Berikut Ini:

  1. Hitungan Kata
  2. Kata Kunci
  3. Lolos Plagiat
Ini kesalahan sebagian besar para pembeli artikel. Memang, membeli artikel yang lolos plagiat akan membuat Anda aman dari duplicate content. Artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak juga mendapatkan nilai plus tersendiri, khususnya berkaitan dengan kata kunci. Masalahnya, saya menemukan banyak artikel semacam itu yang keterbacaannya sangat rendah. Teman-teman menyebutnya artikel sampah. Berikut ini saya buatkan dua paragraf lolos plagiat yang termasuk dalam kategori tersebut.

Kesalahan #1 Membolak-balik letak kata

Contoh tulisan ini saya karang sendiri menggunakan salah satu paragraf di sini:
Kesalahan ini adalah besar sebagian artikel pembeli . Memang, artikel sangat aman dari yang dinamakan duplicate untuk membeli artikel yang akan lolos. Namun demikian, artikel menemukan keterbacaan banyak lolos yang plagiat sangat begitu rendah sekali. Teman artikel ide apa menyebut disampaikan sebenarnya memiliki.

Kesalahan #2 Memainkan kata sambung yang tidak perlu

Berikut ini contoh artikel yang menggunakan kata-kata termasuk kata sambung yang tidak perlu semata hanya untuk memperbanyak jumlah kata saja.
Apabila kita mau berdiskusi mengenai suatu hal mengenai kambing, sudah barang tentu banyak orang mengatakan dengan gembira bahwa mereka akan lebih menyukai suatu bentuk badan seekor kambing yang gemuk. Akan tetapi walaupun demikian, tidak sedikit pula orang yang lebih senang dengan suatu bentuk tubuh kambing yang kurus, karena terlihat jauh lebih langsing sekali dan lebih gesit. Memang dari kedua pendapat tersebut, tak ada satupun yang salah, karena memang kesenangan setiap orang itu berbeda-beda, tergantung juga dari perbedaan cara pandang serta kebutuhan orang tersebut, berbeda sudut pandang, berbeda kebutuhan, maka jenis tubuh kambing yang disukai pun akan berbeda.
Kata yang saya garisbawahi adalah kata-kata yang tidak perlu dan justru berpotensi membuat artikel terasa dangkal dan membosankan saat dibaca. Dalam kadar tertentu, permainan kata sambung yang dilakukan content writer masih dapat kita maklumi. Namun, permainan kata sambung yang berlebihan tidak memiliki nilai di mata pengunjung. Yang pengunjung inginkan adalah hal yang bermanfaat, ringkas, jelas, dan bernas. Pemakaian kata sambung yang tidak perlu justru akan menurunkan kualitas suatu artikel.

Kesalahan #3 Tidak memiliki ide apa sebenarnya akan disampaikan 

Ini yang dimaksud dengan bernas di atas. Artinya artikel harus memiliki isi informasi yang penulis artikel ingin sampaikan, dapat dipahami, dan bermanfaat. Jika kesalahan nomor 2 (menggunakan kata-kata tidak perlu) di atas diperparah dengan kesalahan ketiga ini, sebaiknya Anda tidak menerbitkannya di blog Anda, kecuali blog Anda berjenis wallpaper yang lebih banyak memanfaatkan daya tarik gambar daripada tulisan, dan lebih berorientasi profit daripada kualitas. 
Tips: Jangan terburu-buru membeli artikel yang memerlukan kualifikasi khusus untuk menulisnya, misalnya desain rumah dan kesehatan.

Lalu Apa yang Harus Saya Pakai untuk Standar

Gunakan standar kualitas. Jika Anda lebih mementingkan kualitas, artikel blog tidak perlu harus panjang. Yang penting informatif, tidak terlalu berbelit-belit (jika sedikit dimaklumi deh) sehingga tidak membosankan saat dibaca, memiliki ide yang jelas di dalamnya yang pada akhirnya akan memberikan suatu manfaat bagi pembacanya. Jika Anda membeli artikel, belilah berdasarkan standar kualitasnya. Untuk itu, ingat selalu tiga prinsip yang harus Anda pegang dalam mencari (penulis) artikel yang berkualitas berikut ini:

Murah, Cepat, Bagus

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan ketiga jasa di atas, saya hanya bisa memastikan ada prinsip yang tidak dapat tidak harus kita terima, yaitu:
  1. Jika Anda ingin yang MURAH dan CEPAT, jangan minta BAGUS.
  2. Jika Anda ingin yang BAGUS dan MURAH, jangan minta CEPAT.
  3. Jika Anda ingin yang CEPAT dan BAGUS, jangan minta MURAH.
Murah, cepat, dan bagus
Murah, cepat, dan bagus. Anda pilih mana?
Hargai mahal artikel yang berkualitas bagus. Pilihan ada di tangan Anda.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into