Home » » Cara Alternatif Optimasi Blog: Kerja Sama Co-Author Artikel

Cara Alternatif Optimasi Blog: Kerja Sama Co-Author Artikel

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, January 17, 2014 | 3:18 PM

Saya memutuskan untuk membuka lowongan atau lebih tepatnya penawaran co-author penulisan artikel untuk +Tukar Cerita karena saya ingin blog saya bisa selalu meng-update cerita yang mungkin bisa bermanfaat buat pembacanya. Seperti kita ketahui, update blog juga merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan SERP di Google. Di tengah tawaran optimasi lain yang sekarang sangat bervariasi, saya memilih langkah mencari co-author ini.



Saya menyadari kemampuan untuk berbagi hasil ini tidak banyak, dan untuk itu saya sebelumnya minta maaf pada peminat yang merasa tawaran ini terlalu rendah. Tawaran ini bukan berarti merendahkan dan tidak menghargai pekerjaan menulis tetapi semata lebih pada ketidakmampuan saya dalam membayar artikel dengan harga yang sepadan.

Tawaran Co-Author
Co-Author +Tukar Cerita 

Tawaran ini sudah saya posting di grup Diskusi Blogger Pemula kemarin sebagai berikut:

[WTB] Penawaran Kerja Sama Jasa Penulisan Artikel (Co-Author)

Kontrak pertama 50 Artikel 400 kata, diutamakan satu hari satu artikel
Per artikel saya hanya bisa membeli [sebutkan harga kualitas artikel Anda] rupiah (pembayaran prabayar per minggu.)

Syarat:
  1. Artikel apasaja kecuali yang dilarang Adsense (diutamakan yang sesuai dgn isi blog saya yaitu: travelling, olah rasa, bahasa, pengetahuan trivial, teknologi, gadget, info publik, dan tips.)
  2. Artikel orisinil
  3. Artikel rewrite hanya yang bersifat info-info publik
  4. Artikel rewrite diutamakan dari terjemahan yang sudah diolah, ditambahi dengan pembuka dan penutup yang menarik/tidak monoton, dan sebutkan sumbernya.
  5. Jika diterima, nantinya penulis akan menggunakan email asli untuk saya undang sebagai penulis dan menerbitkan karyanya sendiri (blog co-author)
Jika Anda bersedia memenuhi kriteria dan berminat, tolong PM saya:
Sebutkan website/blog yang menunjukkan kualitas artikel Anda agar saya bisa menilainya berdasarkan persyaratan di atas.

Jika ada yang merasa penawaran saya ini berlebihan, mohon tidak perlu tersinggung karena ini semata keterbatasan kemampuan saya membayar Anda. Untuk sementara saya colek mas Gilang J. Pramana yang sudah saya lihat sebagai kandidat.

Terima kasih untuk admin yang telah memberikan tempat.

Sampai saat ini belum ada yang bersedia bekerja sama untuk mengisi blog ini, kemungkinan besar karena rendahnya harga yang saya tawarkan. Mungkin ke depannya bisa saya naikkan jika traffic dan earning blog ini memang terbukti meningkat. Bahkan ke depan saya juga berencana untuk bagi hasil Tapi untuk sekarang saya masih belum bisa berbuat lebih dari ini.

Frequently Asked Questions

Q : Apa yang seharusnya saya tulis?
A : Apasaja, lihat kembali syarat di atas. Karena bebas, mungkin sebaiknya menuliskan apa yang Anda kuasai sehingga pembaca akan tertarik karena pemahaman mendalam Anda.



Q : Apa pengalaman menulis diperlukan?
A : Jika Anda punya tulisan di blog/website, otomatis Anda punya pengalaman menulis. Sekali saya review website Anda dan saya setujui, tidak perlu syarat lain.



Q : Mengapa saya begitu cepat diterima seakan tidak ada pertimbangan lain?
A : Seperti di atas, pertimbangan saya adalah dengan melihat/review kualitas artikel di website Anda, identitas yang jelas, dan testimoni jika ada, sebagai indikasi kepercayaan



Q : Bagaimana maksud kriteria sesuai Adsense itu?
A : Kerja sama ini ditawarkan untuk yang paham Adsense Policy (seperti sebagai author Anda tentu tidak diperbolehkan mengeklik iklan sendiri). Sebaiknya Anda pelajari dulu Adsense Policy sebelum menyetujui untuk kerja sama ini.



Q : Apakah saya bebas update artikel berapa saja dan kapan saja?
A : Saya lebih menyukai Anda melakukannya secara rutin saja per hari daripada tidak tentu (sporadis, 1 hari 10 artikel kemudian di hari lain tidak update). Alasan saya karena saya mencari Co-Author ini juga supaya blog saya bisa rutin update harian.





Q : Artikel di blog Anda menggunakan gaya bercerita. Jika saya diterima, apakah saya perlu mengikuti gaya penulisan blog Anda?
A : Setiap orang punya gaya menulis tersendiri. Coba lihat lagi syarat pertama.



Q : Saya lihat trafik blog Anda masih rendah. Walaupun Anda menyewa co-author, Anda tidak akan memperoleh earning maksimal. Mengapa tidak merampingkan ranking Alexa Anda dulu?
A : Sementara saya memang baru akan mencoba optimasi dengan menyewa content writer ini, apakah bisa menaikkan trafiknya. Dan saya masih pemula, tidak tahu (atau tepatnya tidak sempat) cara melakukannya. Jika saya rasa memang butuh optimasi lain, nanti saya juga akan berencana menggunakan jasa SEO optimizer.



Q : Bolehkah saya membantu menaikkan  memajukan blog Anda?
A : Saya sangat berterima kasih jika Anda bersedia melakukannya. Tetapi sekali lagi, saya tidak punya waktu melakukan optimasi tersebut. Tulisan Anda sudah sangat membantu saya memajukan blog ini.



Q : Jika boleh tahu, artikel apa yang Anda sukai untuk saya tulis?
A : Saya menyukai artikel (seperti tips) yang tidak kadaluwarsa (seperti berita). Tapi jika Anda tidak bisa, tulis apasaja yang Anda kuasai.




Jika teman-teman +Tukar Cerita ingin menanyakan atau berkomentar hal lainnya yang belum tercakup pada FAQ di atas, silahkan tulis di kolom komentar bawah. Bagi yang berminat dan saya approve, saya ucapkan selamat datang di +Tukar Cerita!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into