Home » » Si Sensi Belajar Ringan dan Menyenangkan melalui Epic Troll

Si Sensi Belajar Ringan dan Menyenangkan melalui Epic Troll

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Friday, November 29, 2013 | 4:01 AM

Belajar nyaman dan menyenangkan? Apa itu? Enjoyfull? Satu kata yang agak susah diterjemahkan karena pada kata enjoy tersirat rasa nyaman, nikmat, dan menyenangkan. Banyak orang bercita-cita meraih enjoyfull learning dengan berbagai cara. Saya di sini hanya berbagi cerita tentang bagaimana saya meraihnya versi saya sendiri.

Dicipta dengan ingatan yang pendek, rasanya mustahil bagi saya untuk memperoleh ingatan ensiklopedik seperti orang-orang jenius. Ya, saya memang mudah lupa dan lambat memahami sesuatu. Untuk belajar, saya biasanya memilih cara langkah per langkah atau sedikit demi sedikit (akumulatif) dari sesuatu yang ringan dan menyenangkan. Salah satu caranya adalah belajar lewat internet khususnya yang saya akan bicarakan di sini melalui Epic Troll

Troll adalah istilah populer untuk fenomena posting di internet yang provokatif, untuk menyulut kemarahan. Susah menangkap arti troll? Jika Anda tahu kasus emosional "Adu Tinju" Farhat Abbas vs El Djalaludin Rumi (El), itu semua berawal dari trolling (provokasi melalui social media). Epic Troll adalah Page di Facebook buatan orang India yang menyajikan gambar-gambar lucu, status-status gokil, dan berbagai hal yang membuat pembacanya berpikir, "Apa-apaan ini?" Namun, alih-alih bersikap emosional Epic Troll menyarankan kita untuk menikmati tren provokasi ini, membuang jauh sensitifitas (sangat membantu saya yang sensitif). Jika orang Jawa punya guyon parikena (menyampaikan maksud yang serius dengan cara yang nampaknya hanya guyon, mencubit tanpa membuat sakit), maka masyarakat maya punya Troll.

Berikut ini saya tunjukkan bagaimana saya belajar ringan dan menyenangkana dari dua posting di Epic Troll.

1. Cara Buat Garis Lurus di Paint


Cara buat Garis Lurus di Paint


Gambar di atas menertawai tindakan konyol yang dilakukan orang yang sedang menggambar pada aplikasi Paint, aplikasi sederhana bawaan Windows untuk menggambar. Orang yang baru belajar komputer (pemula) seperti saya sering melakukan satu hal sederhana di aplikasi ini: membuat garis lurus. Di gambar di atas, digambarkan seseorang membuat garis lurus di Paint dengan bantuan penggaris untuk mouse-nya. Jenius! haha. Senang menertawakan kebodohan diri. Fun. Saking bodohnya, kadang saya tidak paham apa maksud guyonan di gambar itu, dan oleh karenanya, saya harus membaca komentar-komentarnya untuk mencari tahu khususnya dari pertanyaan-pertanyaan orang yang juga bingung memaknai gambar itu. Biasa jawaban atau petunjuk bisa didapat dari komentar yang banyak diberi jempol (saya beri tanda panah). Dari komentar fans "RIP shift key :(" di gambar di atas, saya belajar bahwa untuk membuat garis lurus tegak lurus maupun diagonal di Paint dengan bantuan mouse, adalah dengan bantuan tombol SHIFT, bukan dengan penggaris yang biasa dipakai dengan pensil. Langsung saya coba klik shape Line, menekan SHIFT sembari membuat gerakan mouse ke kanan - kiri, atas - bawah, atau diagonal. Yes, jadi!

garis di Paint

2. Pembohong


Tukang ngibul

Pada gambar selanjutnya, Epic Troll mengajak kita menertawai "a million times", ungkapan dalam bahasa Inggris untuk "tidak terhitung lagi." Secara literal, "a million" berarti satu juta, maka timbullah guyonan ini dalam bahasa Inggris:
Aku pernah bertanya pada seorang teman apakah dia sudah pernah lihat satu film. (frame 1)
"Sudah, sejuta kali," jawabnya. (frame 2)
Pikirku,
Tiap film durasinya 2 jam, (frame 3)
2 jam x sejuta = 2 juta jam (frame 4)
Jadi kira-kira 83333 hari, (frame 5)
Dan itu berarti 228 tahun, (frame 6)
Dan temanku itu baru 20 tahun umurnya, (frame 7)
Dasar dia pembohong! (frame 8)

Menertawai guyonan plesetan, belajar berpikir kritis, dengan hitungan sederhana matematis, saya belajar dari itu. Yuk segera berlangganan Epic Troll. Klik jempol di Page-nya. Hehe.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into