Home » » Pertanyaan PADAMU NEGERI: Mengapa Password Operator Salah atau Ganti?

Pertanyaan PADAMU NEGERI: Mengapa Password Operator Salah atau Ganti?

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Monday, July 1, 2013 | 8:04 AM

Beberapa hal berikut mungkin menyebabkan tergantinya password akun PTK:
  1. PTK atau operator sekolah (OPS) bersangkutan menggunakan 1 laptop dalam melakukan 2 login akun berbeda (Contoh: Login Sekolah, lalu Login PTK). Akibatnya password tumpang tindih. meskipun tidak sekaligus.
  2. PTK/OPS bersangkutan TIDAK melakukan proses penutupan akun melalui power shut down (sebelah kanan atas akun).
  3. Browser yang digunakan PTK/OPS bersangkutan telah banyak menyimpan data History baik User maupun Password secara berganti-ganti. (Biasa terjadi pada operator yang menolong PTK).
SOLUSI
  1. Gunakan 1 laptop  untuk 1 Login akun (lebih aman).
  2. Biasakan menutup akun PTK/Sekolah anda dengan memilih tombol power di sudut kanan atas (Non X doang).hehehe
  3. Bersihkan Cache setiap selesai melakukan 2 login yang berbeda. Salah satu caranya pada Browser Firefox adalah History > Delete History. Jika menggunakan Google Chrome: pada menu pojok kanan atas, History/Riwayat > Hapus Data penjelajahan
Pak Sabir Patampanua
Jika solusi di atas anda lakukan dengan sempurna, maka akun anda akan aman dari hacker sesama akun yang pernah digunakan bergantian.

Catatan Penting:

Jika ingin menentukan apakah akun yang anda masuki memang benar adalah akun sesuai keinginan, arahkan mouse anda ke Foto profil yang ada di sudut kiri atas. Diamkan sejenak (TANPA KLIK), lalu perhatikan nama akun yang muncul. Jika sesuai dengan akun yang anda buka, maka silahkan lanjut. (Misalnya: pada fikiran anda adalah sedang membuka akun Sekolah, maka yang tertera di atas adalah Nama OPS. Begitu juga PTK bersangkutan. Namun jika berbeda, maka hentikan Login, silahkan ikuti SOLUSI Point 3 di atas.

Tips ini berasal dari Operator Sekolah Dasar Negeri 184 Batulappa, Pinrang  Pak Sabir Patampanua
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into